Mau Bikin Usaha Apotek? Perhatikan Hal Ini

Kalian mungkin sedang mencari prospek usaha yang bisa tetap tahan banting kapan saja dan dimana saja, peluang usaha apotek merupakan salah satu bidang yang sangat menjanjikan.

Di masa pandemi kemaren, setidaknya mata masyarakat terbuka mengenai bisnis yang bisa tetap evergreen sepanjang masa. Ya bisnis kesehatan seperti buka usaha apotek bisa menjadi salah satu peluang usaha yang punya prospek sangat baik.

Berbeda dengan bidang lain seperti, kuliner, wisata, bahkan pendidikan pun kolaps akibat pandemi. Praktis bidang kesehatan saja seperti rumah sakit, klinik, puskesmas dan apotek yang justru mengalami kenaikan pesat selama dua tahun terakhir. 

Kebutuhan masyarakat mengenai kesehatan tidak pernah terbatas oleh ruang dan waktu, dan selalu ada permintaan sepanjang tahunnya. 

Persiapan Membuat Usaha Apotek

Nah buat kalian yang ingin membuka bisnis apotek, yuk simak beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Mari kita simak satu persatu.

Syarat Administrasi Pendirian Apotek

Mengingat apotek berkaitan dengan kesehatan masyarakat tentunya, syarat pendirian apotek ini lebih kompleks dan ketat dibanding membuat usaha di bidang lain seperti wisata atau kuliner. Adapun syarat izin pendirian apotek adalah sebagai berikut
  1. Fotocopy Surat Izin Kerja (SIK) Apoteker
  2. Fotocopy SK Penempatan untuk apoteker non PNS
  3. Fotocopy KTP Apoteker
  4. Fotocopy KTP asistant apoteker
  5. Fotocopy SIK Asistant apoteker
  6. Surat pernyataan pemilik PSA tidak pernah melanggar UU bidang farmasi
  7. SPK antara apoteker dengan pemilik apotek
  8. Denah apotek
  9. Daftar alat perlengkapan apotek
  10. Fotocopy surat sertifikat tanah baik hak milik, sewa/kontrak
Setelah syarat telah dilengkapi selanjutnya adalah proses pengajuan izin kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

  1. Datang ke kantor Dinkes Kab/Kota lokasi apotek
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Dinas Kesehatan selanjutnya akan mengecek persyaratan administrasi 
  4. Dinkes melakukan peninjauan lokasi
  5. Kadinkes memberikan izin pendirian apotek
  6. Apotek sudah mendapatkan Surat Izin Apotek /SIA

Lokasi Apotek

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi apotek, lokasi ini mulai dari tata letak yang strategis, dan juga perlu mempertimbangkan jarak dengan apotek lain yang sudah ada di wilayah tersebut. Ini dimaksudkan untuk memperluas layanan kefarmasian kepada masyarakat yang mungkin belum memiliki akses dekat dengan lokasi apotek.

Tenaga Kerja

Untuk pendirian apotek, tentunya membutuhkan tenaga ahli di bidang farmasi. Seandainya kita sebagai calon pemilik apotek bukan seorang apoteker, kita perlu melakukan perjanjian kerjasama dengan seorang apoteker. Apoteker ini akan menjadi kepala apoteker di apotek kita berada. Ia yang akan bertanggung jawab mengenai urusan kefarmasian apotek kita. Oh ya, seorang kepala apotek tidak diperkenankan menjadi kepala apotek di lokasi lain. 

Tenaga kerja berikutnya adalah assistant apoteker, tugasnya membantu apoteker untuk meracik obat pasien dan juga melayani pembeli. Untuk awal perjalanan bisnis apotek, kebutuhan karyawan hanya dua yaitu kepala apotek dan asistant apoteker. Jika apotek berkembang pesat kita bisa mempertimbangkan untuk menambah karyawan, bisa berasal dari background farmasi atau sekedar untuk melayani pembeli.

Modal Usaha

Hal berikutnya adalah modal usaha, untuk membuat apotek mini, setidaknya membutuhkan modal sekurang-kurangnya 25 juta rupiah. Untuk keperluan pembelian obat-obatan umum. Namun jika apotek menyediakan fasilitas lain tentunya modal usaha yang dibutuhkan lebih besar lagi.

Software Apotek

Mengingat apotek menyediakan berbagai macam obat tentunya kita membutuhkan software point of sales yang memang didedikasikan untuk kebutuhan farmasi seperti apotek ini agar sesuai dengan kebutuhan kita. 

Pemilihan aplikasi apotek ini cukup krusial untuk memudahkan kita sebagai pemilik bisnis, apoteker maupun stakeholder yang terlibat di apotek. 

Vmedis Aplikasi Apotek Terbaik

Berbicara mengenai pilihan software apotek terbaik yang bisa digunakan, kalian bisa banget mencoba Vmedis. Aplikasi apotek satu ini menawarkan berbagai kemudahan untuk pengguna. Biar gak bertanya-tanya, berikut adalah keunggulan software apotek Vmedis

Dashboard Simple

Tentu tidak ada yang mau menggunakan software apotek yang ribet dan menyusahkan. Vmedis dibuat dengan tampilan yang simpel. Tampilannya intuitif dan alur navigasinya sangat mudah dipahami orang awam sekalipun untuk mengecek penjualan obat, omset maupun stok yang ada. 

Flexibel dan Synchronizable

software apotek terbaik vmedis


Vmedis sangat flexible, bisa diinstal di laptop, komputer, tablet maupun smartphone. Setiap datanya bisa tersinkronisasi karena menggunakan sistem cloud. Jadi tidak perlu repot melakukan sinkronisasi otomatis. 

Kartu Stok Otomatis dan Akurat

Kebutuhan stok obat dan perlengkapan kesehatan lain bisa dengan mudah dipantau menggunakan Vmedis. Barang keluar masuk bisa langsung terupdate secara otomatis, dan jangan kuatir karena disini ada fitur stok opname untuk memungkinkan sistem memberitahu kita obat apa yang stoknya menipis. Selain tampilannya yang intuitif, Vmedis sangat concern terhadap stok obat yang expired dan tentunya, item apa yang paling laris.

Sistem Vmedis juga bisa mencatat kebutuhan individual pasien, siapa pasiennya, racikannya apa, tentunya akan sangat memudahkan apoteker menyiapkan obat untuk pelanggan. Vmedis juga menyediakan fitur untuk menyimpan data supplier mulai dari nama obat, nama perusahaan, alamat, contact person sehingga karyawan kita bisa menghubungi suplier saat stok obat menipis.

Fitur Laporan Smart Forecasting Realtime

vmedis aplikasi apotek gratis maintenance


Laporan keuangan tersedia secara realtime, bisa diakses pemilik apotek kapan saja dimana saja, sistem menyajikan laporan keuangan yang cukup komplit, selain penjualan dan pembelian obat, kita juga bisa memantau obat jenis apa yang paling laris dan perlu segera diorderkan ke supplier

Gratis Printer Bluetooth

Vmedis juga menyediakan printer bluetooth untuk kebutuhan operasional apotek kita untuk pembelian paket Vmedis unlimted. Tentunya ini akan lebih menghemat kebutuhan operasional kita ya.

Aplikasi Apotek Gratis Lifetime Maintenance

Vmedis menyediakan layanan after sales yang paripurna untuk sebuah software apotek. Apalagi kalau bukan garansi service lifetime, yes, semua permasalahan seputar penggunaan produk Vmedis akan dilayani 24 jam oleh tim support Vmedis. Tak hanya itu, maintenance produk Vmedis ini gratis selama apotek kita masih menggunakan software apotek terbaik ini. 

Nah penasaran seperti apa kerennya Vmedis? jangan kuatir kita bisa mencoba demo aplikasi untuk mengenal Vmedis sebelum memutuskan untuk menggunakannya di apotek kita nantinya



Posting Komentar

0 Komentar