Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Nyeri Ulu Hati

Ulu hati atau epigastrium terletak di bawah tulang dada dan di atas pusar atau bagian tengah perut atas. Sering kali kita mendengar atau bahkan pernah merasakan sakit di area ulu hati ini.

Sakit atau disertai nyeri biasanya disertai rasa panas dibagian tengah perut atas tepat dibagian bawah tulang rusuk, atau rasa terbakar sampai dada.


Penyebab sakit ulu hati umumnya karena faktor makanan yang masuk pada tubuh atau konsumsi obat- obatan tertentu secara bebas ataupun berlebihan tanpa resep dokter.


Sakit ulu hati ( heartburn) juga reaksi panas hingga menusuk ke tulang dada bagian belakang loh! Sedahsyat itu efeknya.Ketika posisi berbaring atau sedang membungkuk, akan menimbulkan asam dan rasa pahit pada mulut.

Penyebab Sakit Ulu hati

penyebab dan cara atasi rasa nyeri di ulu hati


Beberapa penyebab umum Sakit pada Ulu Hati adalah sebagai berikut :

Makanan terlalu Pedas

Siapa disini yang gak suka sama makanan pedas? Emm tentunya kebanyakan orang pecinta makanan pedas tidak bisa hidup tanpa sensasi huhah dalam makanan. Namun perlu diperhatikan makanan yang pedas atau cenderung asam kerap menjadi sumber atau pemicu masalah nyeri pada bagian ulu hati.


Ketika mengkonsumsi makanan extra pedas secara terus menerus, harus hati- hati nih tidak semua lambung kita kuat. Biasanya asam lambung akan mulai naik produksi asam lambung meningkat karena saluran cerna mengalami peradangan yang berarti.


Apabila tidak segera dihentikan atau tidak dikurangi ketika tubuh sudah mengeluarkan reaksi perih di ulu hati makanan yang pedas berpotensi menyebabkan tukak usus hingga konstipasi atau sembelit.


Stress

Siapa sangka terlalu stres menimbulkan heartburn loh! Biasanya disertai rasa mual, dan nyeri perut secara bersamaan. Ketika merasa tertekan, tubuh akan bekerja lebih keras. Denyut jantung akan semakin kencang, otot tegang, saraf, dan juga tekanan darah yang mulai naik.


Apabila semua organ harus dipaksa bekerja berat dan ekstrem, nantinya akan berpengaruh pada pencernaan sehingga kadar asam lambung mudah meningkat. Jadi, usahakan untuk tetap rileks ya! Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Asam lambung yang naik justru membuat semakin kita tidak nyaman.

Infeksi Bakteri

Ada bakteri yang hidup didalam lambung seperti bakteri helicobacter pylori yang mengalami infeksi.

Bakteri itu biasanya muncul dan hidup berasal dari makanan yang sering kita konsumsi. Penyebabnya adalah ketika makanan atau minuman yang tidak dimasak hingga benar- benar matang.


Jangan dianggap remeh ya, karena tidak hanya menyebabkan sakit pada ulu hati jika dibiarkan begitu saja maka akan menimbulkan masalah baru. 


Infeksi bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit saluran pencernaan hingga gastritis atau maag kronis. Perhatikan kebersihan, tingkat kematangan dan juga menjaga pola makan yang bergizi serta sehat ya! 


Rokok dan Alkohol

Seringkali disepelekan," Halah tidak ada kaitan merokok dengan Nyeri ulu hati" . Sering mengabaikan hal- hal yang penting karena kebiasaan yang dianggap wajar.


Penyebab nyeri ulu hati selanjutnya yaitu Kebiasaan buruk merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Kebiasan merokok dan minum beralkohol yang berlebihan, kandungan nikotin pada rokok dapat terserap oleh tubuh kemudian masuk ke area lambung.


Bahan kimia ketika konsumsi minuman tinggi alkohol dapat mengiritasi kerongkongan. Selain itu ketika Alkohol masuk kedalam tubuh kemudian sampai pada lambung, bisa meningkatkan produksi asam sehingga jaringan disekitarnya melemah memicu gerd.


Obat- obatan anti- inflamasi

Konsumsi obat- obatan yang berlebihan atau tidak sesuai dengan dosis dan juga kondisi tubuh penggunanya. Obat- obatan anti- inflamasi non steroid seperti aspirin cukup efektif mengatasi rasa nyeri serta peradangan.


Jenis obat tersebut jika dikonsumsi berlebih memiliki dampak terhadap produksi asam lambung penyebab refluks asam. Selain itu, aspirin ini akan menghambat sintesis dari prostaglandin yang memicu perdarahan saluran cerna.

Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati

Sakit ulu hati umumnya disebabkan oleh kondisi yang bersifat ringan, namun tidak jarang pula menjadi tanda suatu masalah kesehatan yang cukup serius yang perlu di obati dan di tindaklanjuti.


Jika tidak parah atau cukup terjadi sekali dua kali saja rasa sakit pada ulu hati, Bisa diatasi dengan cepat dan dapat dilakukan dirumah saja secara mandiri. Beberapa cara untuk mengatasi nyeri Ulu hati adalah sebagai berikut :'


Mengkonsumsi Obat

Ketika lambung sudah memberikan sinyal maka kita harus segera melakukan tindakan agar sakit tidak menjadi lebih parah. Mengkonsumsi obat khusus untuk lambung misalkan Obat Antasida mampu menetralkan asam lambung sekaligus mengurangi rasa nyeri.


Konsumsi Obat ini setidaknya 1 jam setelah makan dan sebelum tidur. Disarankan untuk konsumsi jenis obat ini yang bertekstur cair daripada tablet agar cepat larut.


Namun alangkah lebih baik berkonsultasi kepada dokter spesialis terlebih dulu sebelum konsumsi suplemen atau obat- obatan herbal untuk mengatasi nyeri ulu hati.


Karena bagian lambung itu terlalu sensitif, niatnya mau mengobati malah bisa jadi memperparah atau membahayakan kesehatan lambung dengan konsumsi obat- obatan yang salah dan berlebihan. Usahakan tetap sesuai resep dan petunjuk dokter agar lebih Aman.


Mengatur Pola Makan

Tidak lepas dari cara kita mengkonsumsi makanan, entah makanan kurang dimasak setengah matang, konsumsi makan berlebihan, terlalu pedas ataupun cenderung asam.


Ketika kita sudah merasa nyeri pada ulu hati sebaiknya kita konsumsi makanan yang bertekstur lunak, ringan dan sehat. Seperti halnya sayur- sayuran dan buah- buahan itupun yang tidak asam.

Hindari konsumsi minuman dan makanan yang mengandung alkohol, kafein, dan makanan yang mengiritasi perut. 


Atur pola makan serutin mungkin, biasanya penderita ulu hati dianjurkan untuk tetap rutin makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering untuk mencegah peningkatan asam lambung.

Selain itu menjaga pikiran agar tetap positif dan fresh ya! Usahakan selalu tenang ketika memiliki sakit nyeri ulu hati ini, bisa kita atur pola pikir agar lebih tenang dan rileks.


Jika sakit pada ulu hati tidak kunjung sembuh atau membaik setelah lebih dari 2 hari, Kemudian disertai gejala seperti mual hingga muntah, pembengkakan perut, Demam, kesulitan bernapas, hingga pingsan Segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan sesuai dengan penyebab nyeri ulu hati yang Anda alami. 


Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Nyeri Ulu Hati"