Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Abaikan Niat Mandi Wajib Haid! Inilah Bacaannya

 Dalam Islam, haid merupakan hadast besar. Hadast menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah keadaan tidak suci pada seorang muslim yang menyebabkan dia tidak boleh shalat, tawaf dan lain sebagainya. Begitu pula menurut sya'ra Islam hadast adalah keadaan badan yang tidak suci atau kotor dan dapat dihilangkan dengan cara berwudhu, mandi wajib dan tayamum. Oleh sebab itu wanita yang sedang haid tidak boleh atau dilarang melaksanakan ibadah wajib seperti shalat, puasa, tawaf (mengelilingi Ka'bah), membaca atau memegang Al- Qur'an. 

Setelah haid selesai seorang wanita diwajibkan untuk bersuci dengan mandi junub atau mandi wajib setelah haid, agar dapat melaksanakan ibadah kembali. Mandi junub atau mandi wajib adalah mengalirkan air ke seluruh tubuh tanpa terkecuali. Sebagai ibadah tentunya dalam melakukan mandi wajib ada kefardluan atau rukun tertentu yang mesti dipenuhi. Tidak terpenuhinya rukun tersebut secara sempurna, menjadikan mandi wajib yang dilakukan tidak sah dan orang tersebut masih dianggap berhadast sehingga dilarang melakukan aktivitas tertentu.

Niat Mandi Wajib

tata cara mandi wajib untuk wanita haid


Dalam mazhdab Imam Safi'i rukun mandi junub atau mandi wajib adalah berniat mandi junub atau mandi wajib yang dilakukan bersamaan dengan saat air pertama kali disiramkan ke tubuh. Dikutif dari NU Online, Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami dalam kitabnya Safinatun Naja, menyebutkan ada 2 (dua) hal yang menjadi rukunnya mandi wajib, yakni niat dan meratakan air keseluruh tubuh. Dalam kitab tersebut beliau menuliskan 

فر وض الغسل اثنا ن النية وتعميم البدن بالملء

Artinya : "fardlu atau rukunnya mandi ada dua, yakni niat dan meratakan air keseluruh tubuh."

Sementara untuk niat mandi junub atau niat mandi wajib haid adalah

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلا كْبَرِِمِنَ الْحَيْضِ فرضاٌ لله تعالى

Latin : Nawaitul gusla lirof'il hadastil akbari minal haidhi fardlon lillahi ta'ala

Artinya :" Aku niat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar karena haid fardlu karena Allah Ta'ala."

Tata Cara Mandi Wajib

Apa yang Syekh Salim sebutkan di atas kemudian dijabarkan penjelasannya oleh Syekh Muhammad Nawawi Al-Jawi dalam kitabnya Kaasyifatus Sajaa sekaligus menerangkan tata cara melaksanakan mandi wajib.

  1. Niat mandi wajib haid mesti dilakukan bersamaan dengan saat pertama kali menyiramkan air ke anggota tubuh.

  2. Meratakan air keseluruh bagian luar tubuh. Bila ada sedikit saja bagian yang tidak terkena air, maka mandi wajib tersebut belum dianggap sah. Untuk bagian tubuh yang berbulu, air harus mengalir sampai ke kulit dalam dan pangkal rambut atau bulu. Tubuh diasumsikan sudah tidak mengandung najis.

Selain hal-hal yang wajib itu ada pula hal- hal kesunnahan dalam mandi junub atau mandi wajib. Imam Al-Ghazali dalam Bidayatul Hidayah secara teknis menjelaskan adab mandi junub atau mandi wajib dengan cukup rinci mulai dari masuk kamar mandi sampai keluar kamar mandi.

  1. Saat masuk kamar mandi ambillah air lalu basuhlah tangan terlebih dahulu sebanyak 3 kali

  2. Bersihkan kotoran atau najis yang masih menempel di badana

  3. Berwudlu sebagaimana saat wudlu hendak sholat termasuk do'a-do'anya. Akhiri dengan menyiram kedua kaki

  4. Mulailah mandi wajib dengan mengguyur kepala sampai 3 kali bersamaan dengan itu berniatlah menghilangkan dari hadast besar

  5. Guyur bagian badan sebelah kanan sebanyak 3 kali. Kemudian bagian kiri 3 kali juga. Gosoklah tubuh depan dan belakang sebanyak 3 kali. Sela rambut atau jenggot(jika ada). Pastikan air mengalir ke lipatan-lipatan kulit dan pangkal rambut. Sebaiknya hindari tangan menyentuh kemaluan. Jika menyentuh kemaluan hendaklah berwudlu lagi.

Diantara semua praktik tersebut yang wajib hanyalah niat, membersihkan najis( bila ada), dan menyiramkan air ke seluruh bagian badan.

Selebihnya adalah Sunnah muakkadah dengan keutamaan- keutamaan yang tidak boleh diremehkan. Imam Al-Ghazali mengatakan jika mengabaikan kesunahan ini akan merugi, karena sejatinya amalan- amalan Sunnah tersebut menambal kekurangan pada amalan fardlu. Wallahu a'lam.




Posting Komentar untuk "Jangan Abaikan Niat Mandi Wajib Haid! Inilah Bacaannya"