Perbedaan who, who’s, whom, whose?

 Dalam Bahasa Indonesia, ketika kita ingin bertanya tentang seseorang atau sesuatu yg kita tidak ketahui pemiliknya, kita hanya tinggal menggunakan kata “siapa” diikuti  dengan kalimat pendukung seperti “siapa orang ini?” “milik siapa kah barang ini?”. Tidak ada bentuk lain dari siapa yang digunakan. Namun, dalam bahasa inggris ada beberapa kata yang bermakna sama, tapi juga harus tahu perbedaan who, who’s, whom, whose. Banyak sekali ya? Lalu apakah yang membedakan?

Perbedaan Who, Who's, Whom, Whose

Untuk yang masih belajar Bahasa Inggris untuk pemula mungkin akan sedikit kebingungan dengan perbedaannya, maka dari itu mari kita bahas sedikit. Perbedaannya adalah pada pronoun apa kata siapa ini digunakan. Misalnya, “Who” digunakan ketika kita membuat pertanyaan yang jawabannya adalah “She”, “he” atau “we”. Contohnya adalah who made this cake?” dan akan dijawab dengan “We made this cake together”. Sedangkan who’s merupakan kependekan dari who is atau who has. Sedangkan whom digunakan untuk pronoun seperti “him”, “her” atau “us”. Contohnya adalah “whom are you going to invite?” maka jawabannya bisa “i will invite him”. Whose sendiri secara pengucapan cukup mirip dengan who’s, namun perbedaannya adalah whose digunakan untuk menunjukan kepemilikan. Maka dari itu, whom biasanya digunakan untuk pertanyaan yang jawabnnya menggunakan pronoun “his”, “her” atau “our”. Contohnya, “whose snack is that” maka dapat dijawab dengan “that is our snack”.

 



 Memang hanya ada sedikit perbedaan, namun seperti bahasa inggris pada umumnya, kesalahan penulisan akan merusak makna dan tidak benar secara grammar. Maka dari itu penggunaan who, who’s, whom dan whose harus lah benar agar tidak terjadi pergesaran makna dan kalimat yang kita buat lebih mudah dipahami. Menghafalnya pun mudah, ingat saja pronoun apakah yang akan digunakan untuk jawabannya, lalu tinggal pilih kata manakah yang lebih tepat untuk digunakan.

Comments