Faktor Penyebab Usus Buntu

4 Hal yang Harus Terpenuhi Dalam Penyelenggaraan Acara Olahraga Internasional


Belum lama euforia ASIAN Games berakhir, Indonesia kembali berencana menjadi tuan rumah acara olahraga internasional lagi. Dilansir oleh CNN Indonesia, Indonesia telah mengajukan diri menjadi calon tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032 nanti. Selain itu, kepastian menjadi salah satu tuan rumah gelaran MotoGP di tahun 2021 kian mempertegas keinginan Indonesia untuk menjadi salah satu penyelenggara acara olahraga internasional setiap tahunnya.
Lalu, apa keuntungan yang didapat Indonesia saat menjadi penyelenggara acara olahraga internasional? Secara tidak langsung, event olahraga yang diselenggarakan di Indonesia memberikan banyak keuntungan seperti tambahan devisa yang didapat dari hadirnya banyak wisatawan ke Indonesia, branding pariwisata Indonesia yang meningkat hingga pemasukan lainnya dari sponsorship dan ticketing. Pada gelaran ASIAN Games tahun 2018 lalu, Indonesia bahkan mendulang keuntungan secara finansial sampai 15 Triliun Rupiah.


Di sisi lain, menyelenggarakan event olahraga Internasional juga bukanlah hal yang mudah. Pemerintah perlu mempersiapkan banyak hal agar pencalonan sebagai tuan rumah event olahraga internasional diterima dan berhasil menyelenggarakan event dengan sukses. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan? Inilah 4 hal diantaranya.

Infrastruktur


Persiapan infrastruktur jelas menjadi hal utama yang perlu dipenuhi untuk menyelenggarakan event olahraga internasional. Pada gelaran Asian Games tahun 2018, Indonesia telah menghabiskan biaya total 10 Triliun Rupiah untuk perbaikan sarana olahraga dan 17 juta Rupiah untuk perbaikan infrastruktur jangka panjang di Jakarta dan Palembang. Nilai uang yang besar tersebut perlu dikeluarkan agar Indonesia memiliki fasilitas skala internasional yang bisa meningkatkan citra Indonesia di mata dunia.



Manajemen yang profesional


Penyelenggaraan event olahraga internasional tidak akan sukses apabila tidak ada manajemen yang profesional. Ketika manajemen mampu melaksanakan event sesuai rencana, maka kesan baik akan diterima oleh para wisatawan asing yang datang. Hal ini dapat menjadi investasi jangka panjang di bidang pariwisata yang akan menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi wisata nomor 1 di dunia.

Strategi pemasaran yang jitu


Agar event berjalan sukses, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Penyelenggara perlu mengatur kapan waktu terbaik untuk mulai melakukan pemasaran dengan budget yang ada. Ketika pemasaran berjalan sesuai rencana, maka event tersebut akan mendatangkan sponsor dan penonton yang sesuai harapan dan mendatangkan keuntungan secara finansial.

Manajemen risiko


Dana besar yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan event olahraga internasional bukanlah tanpa risiko. Pihak penyelenggara perlu melakukan manajemen risiko yang tepat untuk meminimalisir potensi kerugian secara finansial. Salah satu cara untuk meminimalisir risiko yakni dengan menggunakan jasa broker asuransi profesional.

Broker asuransi akan membantu penyelenggara event olahraga internasional dan juga acara-acara bertaraf besar lainnya untuk melakukan proses identifikasi risiko, menentukan paket asuransi yang dibutuhkan sampai memberikan konsultasi saat proses klaim terjadi. Hal ini akan sangat membantu pihak penyelenggara sebagai salah satu cara meminimalisir kerugian secara financial terhadap risiko yang mungkin terjadi. Sehingga, penyelenggaraan event dapat dilaksanakan dengan tenang sesuai rencana tanpa perlu khawatir dengan berbagai potensi risiko yang ada.

Comments