Interval Training, Solusi Olahraga Di Tengah Kesibukan

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan fisik dan jiwa adalah dengan berolahraga. Sayangnya, kesibukan yang padat seringkali menjadi alasan kenapa Anda tidak berolahraga. Belum lagi jika Anda termasuk orang yang malas berolahraga, yang artinya ketika memiliki waktu luang pun belum tentu Anda akan memanfaatkannya untuk berolahraga. Padahal ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan dan tidak akan menyita banyak waktu, interval training misalnya.

Apa sih interval training? Interval training atau high intenssity interval training merupakan metode olahraga singkat yang membakar kalori banyak diselingi dengan olahraga yang lebih santai dalam waktu yang lebih lama.

Misalnya saat penat dengan kesibukan di depan layar laptop kalian bisa melakukan push up atau squat jump selama 30 detik, kemudian diselingi meregangkan anggota badan selama 2 menit.

Kesadaran akan pentingnya hidup sehat sudah seharusnya ditingkatkan agar Anda memiliki kualitas hidup yang baik. Hal ini sejalan dengan kalimat, “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”. Ini menunjukkan bahwa kesehatan tubuh memiliki peran yang penting terhadap kesehatan jiwa maupun mental seseorang. Terlebih di jaman sekarang, di mana aktivitas kian padat dan banyak hal-hal yang dapat menjadi pemicu stress yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan.

Interval Training Solusi Olahraga Di Tengah Kesibukan

Semua sepakat bahwa olahraga menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan. Namun tidak jarang kesibukan Anda memerlukan perhatian lebih besar dibandingkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat bagi keberlangsungan hidup. Lantas apa yang sebaiknya Anda lakukan ketika kesibukan tersebut mengganggu rutinitas anda berolahraga?

Coba tanyakan pada diri sendiri apa tujuan Anda berolahraga. Apakah agar tubuh lebih bugar, berat badan terjaga, untuk membentuk otot tubuh, maupun alasan lainnya. Tujuan ini sekaligus akan menjadi motivasi Anda untuk bergerak. Tidak mengapa jika Anda olahraga dengan tujuan untuk membentuk otot tubuh, misalnya. Sebab Anda akan tetap mendapatkan manfaat kesehatan lainnya, seperti tubuh lebih bugar, berat badan terjaga dan kualitas hidup meningkat.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Hanya saja, mengingat Anda saat ini masih pada tahap melatih kedisiplinan diri untuk berolahraga, maka akan lebih baik jika memulainya dengan memilih jenis olahraga ringan. Misalnya; jalan-jalan, jogging, squat, naik turun tangga, yoga, interval training dan lainnya.

Olahraga ringan ini tidak mengharuskan Anda punya banyak waktu dan mengeluarkan tenaga ekstra. Jika setelahnya Anda sudah terbiasa dan konsisten, Anda bisa naik level dengan memilih jenis olahraga yang lebih berat. Meski begitu, tetap sesuaikan dengan kondisi tubuh, ya.

Menemukan Olahraga yang ringan dan dapat dilakukan di kantor tidak harus menghabiskan waktu anda yang berharga, sedikit gerakan senam, selang-seling antara jogging dan jalan santai bisa anda lakukan saat menuju ke kantin kantor anda. Anda bisa meregangkan otot anda sembari tetap duduk santai di depan layar laptop anda

2 Metode Interval Training

Tabata

Metode interval training Tabata memiliki empat gerakan yaitu jumping jack, squat, push up dan plank. Anda bisa melakukan salah satu dari keempat gerakan tersebut selama 20 detik dan diselingi 10 detik untuk beristirahat, dilanjutkan gerakan lain dengan interval waktu yang sama.

interval training solusi olahraga di tengah kesibukan


Metode yang diciptakan oleh peneliti Jepang ini diyakini dapat meningkatkan intensitas energi anda.

Burpess

Salah satu metode interval training yang mudah dilakukan, merupakan serangkaian set gerakan yang bisa dilakukan untuk melatih sistem kardiovaskular tubuh anda. Anda mulai dengan berdiri tegak, kemudian jongkok, letakkan tangan anda pada lantai di depan, tarik kaki dengan cepat ke belakang seperti posisi push up, turunkan badan naikkan sekali, balik ke posisi jongkok, tegak kemudian melompat dengan tinggi.  

Anda bisa memilih salah satu atau menggunakan metode lain seperti jalan santai-jogging, naik turun tangga, yang memungkinkan untuk anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Yang menjadi kunci interval training adalah adanya jeda antara intensitas olahraga yang lebih tinggi dengan yang lebih rendah.

Untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup, Anda memang perlu memaksa diri agar lebih disiplin. Jika tujuan olahraga sudah ditentukan dan circle juga sudah terbentuk, Anda juga disarankan untuk menentukan jadwal olahraga. 

Tidak harus melakukannya setiap hari, luangkan waktu setidaknya tiga kali dalam sepekan untuk berolahraga. Bahkan jika belum mampu tiga kali, tidak masalah jika Anda berolahraga seminggu sekali. Jika diperlukan, pasanglah alarm agar Anda tidak melewatkan jadwal olahraga yang sudah dibuat.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesibukan anda yang menghalangi anda untuk berolahraga. Semua akan terasa berat dan susah jika belum terbiasa, namun ketika Anda mau memulai dan konsisten melakukannya, lambat laun olahraga akan menjadi kebutuhan. Jika sudah menjadi kebutuhan, Anda akan merasa tidak lengkap jika belum melakukannya dan interval training bisa menjadi salah satu solusi olahraga untuk kesibukan anda




Posting Komentar

0 Komentar