Featured Post

Pengertian dan Seluk Beluk IPSI. Apa itu?

 Banyak sudah Pencak Silat di Indonesia yang terus berkembang di Indonesia. Dengan banyaknya Pencak Silat di Indonesia, maka perlu tempat atau wadah dalam mewadahi secara universal, baik dari peraturan, dan lain-lain. Di Indonesia, untuk semua aliran Pencak Silat di Indonesia yang sudah legal, harus daftar. 

Ini dalam maksud, agar tahu aliran Pencak Silat yang tidak membahayakan bagi warga dan nusa bangsa. Kemudian, tetap termonitor gerakan-gerakan atau tujuan didirikannya Pencak Silat tersebut benar. Adanya IPSI menjadi wadah akan hal itu.

Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak berikut ini!

Pengertian

Ketahui, IPSI singkatan dari, Ikatan Pencak Silat Indonesia, yang mana menjadi sebuah induk organisasi resmi dari Pencak Silat di Indonesia. IPSI sendiri, bernaung di bawah KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Pendirian IPSI pada tanggal 18 Mei 1948 di Jawa Tengah, tepatnya Surakarta. 

ikatan pencak silat indonesia


Ketahui, bahwa IPSI dipimpin oleh Pak Prabowo Subianto, menjabatan sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia. IPSI sendiri, memiliki lambang yang berbentuk segilima, dengan dasar warna putih. Lambang IPSI, disahkan oleh Munas IPSI pada tahun 1977.  

Ketahui, bahwa anggota IPSI mengutamakan budi pekerti dan kesejahteraan lahir batin dalam menuju kejayaan nusa dan bangsa. Bentuk perisai segilima IPSI berasaskan landasan idiil Pancasila, serta bertujuan dalam membentuk manusia Pancasila sejati. 

Logo IPSI

Banyak yang belum tahu, akan logo IPSI, yang banyak diketahui hanya lambang KONI saja sebagai pusat naungan semua cabang olahraga di Indonesia. Kantor pusat IPSI juka ada di ibukota, jadi setidaknya cukup terkenal untuk diketahui, sekitar Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

logo ipsi ikatan pencak silat indonesia


IPSI sendiri mempunyai 9 warna di dalam logonya, yang setiap warna menggambarkan atau memberikan makna tertentu. Berikut penjelasannya!

1. Warna Merah

Warna merah di logo IPSI, memiliki makna tentang keberanian dalam membela (usaha) kebenaran. 

2. Warna Hijau

Warna hijau, berada di bagian bagian logo yang bertuliskan "IPSI" dan "Ikatan Pencak Silat Indonesia" itu. Warna hijau sendiri, mengartikan ketenangan dalam menghadapi sesuatu dan kemantapan jiwa.

3. Warna Kuning

Warna kuning pada logo, berada di dalam sayap, yang mana mempunyai makna lebih mengutamakan keluhuran budi pekerti dan kesejahteraan menuju kejayaan NKRI.

4. Bentuk Perisai

Perisai dalam logo IPSI, mengartikan bahwa IPSI, berlandaskan Pancasila dan mempunyai tujuan dalam membentuk manusia yang Pancasilais.

5. Sayap Burung Garuda 

Sayap burung Garuda yang ada, mengartikan bahwa kekuatan bangsa Indonesia berada atau bertumpu pada kemurnian, keluhuran, dan keseimbangan.

6. Lima Lingkaran yang saling terhubung

Maksud dari lima lingkaran yang ada, adalah lebih memberikan makna sebagai pemersatu semua elemen, aliran, dan memegang teguh akan persaudaraan melalui olahraga Pencak Silat.

7. Pita Warna Merah Putih yang terikat

Pita merah putih yang saling terikat, menandakan bahwa IPSI sebagai pemersatu bangsa dan setanah air melalui Pencak Silat, hasil karya nenek moyang Indonesia. Ini sama maknanya dengan untaian 5 lingkaran yang ada, hanya saja sifatnya lebih luas. 

8. Tangan Bersilang

Dengan adanya tangan bersilang di logo, menandakan bahwa IPSI ikut andil dalam membantu negara di bidang pertahanan nasional dan keamanan. Caranya, dengan melakukan pembinaan kader-kader IPSI dengan latihan fisik dan mental.

9. Senjata Trisula

Senjata Trisula, yang ada di logo, menandakan bahwa IPSI, siap siaga dalam berpartisipasi membantu negara dengan tiga poin pokok, selalu. Tiga pokok tersebut, diantaranya mengusahakan keluhuran budi pekerti, memelihara dan merawat kebudayaan, dan melestarikan, menjalankan olahraga Pencak Silat. 

Logo IPSI sendiri, ditetapkan pada tanggal 28 oktober 1975. Dan itulah penjelasan mengenai seluk beluk dari IPSI, mulai dari pengertian, hingga makna dari logo IPSI itu sendiri.


Komentar