Featured Post

Kenali 8 Penyebab Haid Tidak Lancar

 Bagi wanita usia produktif, datang bulan menjadi rutinitas bulanan yang harus mereka jalani, terkadang haid yang dialami pun tidak lancar. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan masalah ini? Yuk kita kenali lebih jauh

Penyebab Haid Tidak Lancar

Penyebab haid tidak lancar adalah hormon dalam tubuh yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon ini dapat memicu siklus datang bulan menjadi tidak teratur. Terkadang kurang dari 30 hari terkadang bisa mencapai 40 hari.

Seringkali telat datang bulan membuat wanita merasa cemas, takut hamil padahal hal tersebut adalah hal yang biasa. Berikut ini beberapa penyebab haid tidak lancar

Terganggunya Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang berfungsi menjaga metabolisme tubuh. Saat terjadi gangguan pada kelenjar tiroid, maka dampak yang dihasilkan bisa beragam, mulai dari merasa mudah lelah, emosi naik turun secara drastis, mengalami kerontokan rambut bahkan pendarahan haid lebih banyak dari biasanya.

Untuk mengecek apakah terjadi gangguan hormon tiroid, dapat melakukan tes tiroid guna mengetahui kadar hormon tiroid dalam darah. 

Mengalami Kehamilan

Kehamilan juga dapat menyebabkan haid tidak lancar, apalagi untuk wanita yang terbiasa mengalami haid tidak teratur, kehamilan akan membuat mereka was-was karena sampai empat puluh hari belum mengalami haid. 

Untuk menguji apakah kehamilan yang membuat haidnya tidak kunjung datang gunakan alat tes kehamilan maupun melakukan USG di klinik terdekat

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi dianjurkan digunakan pasangan untuk menunda kehamilan dan mengatur jarak kehamilan anak. Namun tidak semua wanita cocok dengan beberapa pilihan alat kontrasepsi. Terkait dengan siklus haid, penggunaan pil KB dan IUD spiral dapat menjadi pemicu perubahan siklus menstruasi.




Untuk pengguna IUD, biasanya darah yang keluar lebih banyak dan terasa nyeri di bagian perut bagian bawah, sementara pil KB menyebabkan darah menstruasi keluar lebih sedikit bahkan bisa saja berhenti menstruasi sampai 6 bulan.

Gejala Menopause

Untuk wanita yang memasuki usia menopause, hal ini juga dapat memicu haid yang tidak lancar. Hal tersebut berkaitan dengan berkurangnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh sehingga siklus menstruasi menjadi tidak stabil.

Gaya Hidup 

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa berperan mempengaruhi haid menjadi tidak lancar. Stress akibat beban kerja, terlalu banyak berolahraga, diet ketat, bahkan kelebihan berat badan, dapat menyebabkan proses menstruasi menjadi terganggu. Karena berkurangnya hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron yang digunakan dalam aktivitas gaya hidup tersebut.

PCOS Syndrom

Penyebab haid tidak lancar lainnya adalah mengalami sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Pada penderita PCOS, pelepasan sel telur terkadang terjadi secara tidak normal sehingga, ada beberapa penderita PCOS yang tidak mengalami menstruasi atau sebaliknya mengeluarkan banyak darah pada proses menstruasi.

Amenorrhea

Amenorrhea adalah salah satu gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Penyakit satu ini dapat menyebabkan seorang wanita belum pernah mengalami menstruasi meski menginjak usia 16 tahun. Hal itu disebabkan oleh Amenorrhea primer. Sementara itu Amenorrhea sekunder, dapat menyebabkan seseorang tidak mengalami haid 3 bulan setelah masa subur.

Kista dan Kanker Rahim

Kedua jenis penyakit ini juga dapat mengganggu siklus menstruasi wanita. Kista ovarium yang merupakan tumor jinak dapat menyebabkan rasa nyeri berlebihan saat menstruasi, ia juga dapat membuat siklus menjadi terlambat. 

Siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa menjadi salah satu gejala awal kanker rahim. Pada stadium awal biasanya siklus menstruasi terhambat, sementara pada stadium akhir, pendarahan yang terjadi sangat banyak.

Solusi Mengatasi Haid Tidak Lancar

Untuk mengatasi masalah haid tidak lancar ada beberapa tips yang bisa wanita lakukan. 
  1. Mengubah pola hidup menjadi stress-free, kurangi kegiatan yang memforsir tenaga dan pikiran cukup banyak
  2. Ganti alat kontrasepsi jika selama tiga bulan penggunaan mengalami masalah haid
  3. Kunjungi dokter atau klinik kesehatan untuk melakukan checkup jika terjadi keterlambatan siklus menstruasi dan rasa tidak nyaman berlebihan
Semoga beberapa saran diatas dapat membantu mengatasi masalah haid tidak lancar. Untuk informasi lebih lanjut jangan ragu untuk menghubungi dokter dan layanan kesehatan terdekat.

Komentar