Tips Strategi Backlink Blogger

Bagi seorang blogger, backlink adalah hal yang cukup penting untuk mendukung performa blognya. Terlebih dengan adanya parameter seperti DA/PA Moz atau DR/UR dari aHrefs. Banyak klien atau agensi mengukur kualitas sebuah blog dengan menggunakan DA/DR. 

Nah, backlink sendiri adalah salah satu indikator dalam pemberian nilai DA/DR. Biasanya para blogger mencari backlink dari rekan-rekan sesama blogger dengan melakukan blogwalking. Cara ini sebenarnya cukup efektif, namun biasanya backlink dalam bentuk komentar tidak cukup memberikan informasi yang menarik minat seorang pengunjung untuk mengklik url tersebut.

Strategi Backlink Blogger

Bagi seorang blogger, backlink bukan sekedar URL saja, tetapi sebisa mungkin untuk mendrive traffik. Dan inilah fungsi dari SEO. Itulah sebabnya backlink yang kita taruh di dalam website/ blog lain sebisa mungkin bermakna dan menarik minat pengunjung untuk mengunjunginya.

Di Internet sendiri kita mengenal berbagai platform yang menyediakan sarana jual beli backlink. Tapi tentunya, mengingat platform tersebut berbayar kita tidak bisa menggunakannya secara gratis. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang blogger untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Guest Posting

Guest posting adalah salah satu cara mendapatkan backlink secara gratis, tentunya jika kamu menggunakan jasa guest post gratis. Di Indonesia, cukup banyak rekan blogger yang menyediakan jasa publikasi secara gratis. Salah satunya Ekopriantoblog.id

Namun rekan blogger perlu ingat bahwa jika melakukan guest posting sebisa mungkin artikel tersebut tidak mempromosikan jasa milik klien, tetapi fokus untuk meningkatkan backlink konstektual rekan-rekan

Gunakan Forum

Forum internet seperti Kaskus, atau Detik memiliki nilai domain yang tinggi, yang bisa berperan sebagai pengkatrol DA dan DR, rekan blog bisa membuat sebuah post disana dengan memberikan tautan ke blog kita.

Agar tautan tersebut bermakna dan memancing pembaca forum untuk melakukan klik, tentunya backlink tersebut sebisa mungkin memberikan informasi yang membuat pembaca penasaran.

Melakukan Blogwalking

Jika tujuan kita adalah sekedar menaikkan DA/PA, maka blogwalking bisa digunakan sebagai strategi backlink, cara ini masih disarankan, tetapi jika tujuannya lain seperti untuk SEO, jujur saja blogwalking bukan media yang tepat, salah satu alasan utamanya adalah, rata-rata rekan blogger di Indonesia sangat antipati dengan anchor text dan link yang menuju artikel. 

Biasanya mereka akan menghapus link yang menuju artikel dibanding yang menuju halaman homepage website kita. 

Menggunakan Fasilitas Web Profiler

tips strategi backlink blogger 2022


Beberapa situs memiliki fitur untuk membuat akun yang memuat backlink menuju website kita, nah di website profiler ini kebanyakan yang menggunakannya hanya fokus pada adanya backlink tanpa memperbaiki tampilan website profiler itu sebagai salah satu sumber trafik ke website kita. 

Ada cukup banyak web profiler dari layanan internasional yang bisa kita gunakan.

Menggunakan Layanan Blog Gratisan

Meski hanya blog gratisan, tetapi jika kita mengetahui lokasi blog gratisan yang ramai, kita bisa mendrive traffic yang cukup lumayan. Salah satu yang saat ini banyak digunakan adalah platform Retizen dari Republika. Dimana kita bisa menitipkan artikel disana dan mengarahkan backlink ke website kita.


Yang Perlu Diingat

Ada satu hal yang perlu diingat rekan blogger. Backlink adalah optimasi secara offpage saja, mungkin kita bisa mendrive traffic dari situs-situs di atas ke website kita, tetapi jika kita tidak memiliki landing page yang baik, artikel yang memang tertarget dari traffik yang kita dapatkan tersebut maka semuanya hanya sia-sia saja.

Pengunjung hanya akan datang sekali dan kemudian memilih pergi dari blog kita. So, setelah mengetaui tips strategi backlink untuk blogger ini, pastikan bahwa kita telah melakukan optimasi onpage yang menjawab kebutuhan para pengunjung blog kita.

Nah dari berbagai strategi rekan blogger dalam membangun backlink. Kira-kira rekan blogger sudah mengerjakan tips strategi backlink blogger yang mana saja?







Posting Komentar

0 Komentar