Cegah Alergi dengan Obat Dari Toko SehatQ

Saat menyiapkan makanan, memotong ayam di talenan yang sama dengan yang Anda gunakan untuk memotong udang bukanlah masalah besar. Tetapi bagi seseorang yang alergi kerang, maka tindakan itu bisa saja mengancam nyawa. Satu kesalahan sederhana dapat dengan mudah memberikan reaksi alergi kepada seseorang. Perhatian terhadap setiap detail memang penting untuk mencegah reaksi alergi.

Satu hal yang sering diabaikan orang untuk mencegah alergi adalah kontak silang. Kontak silang menyebabkan perpindahan alergen ke makanan yang biasanya aman untuk dikonsumsi, tetapi menimbulkan risiko bagi orang yang alergi. Talenan, pisau, panci, wajan, dan banyak lagi dapat menyebabkan kontak silang dengan makanan lain dan menyebarkan alergen.

Apa yang Menyebabkan Reaksi Alergi?



Alergi terjadi ketika tubuh Anda memutuskan bahwa suatu zat (alergen) tidak boleh masuk ke dalam tubuh Anda. Ketika alergen itu dimasukkan ke dalam tubuh, sistem kekebalan Anda melepaskan antibodi.

Antibodi ini adalah protein yang bertindak sebagai pembawa pesan bagi sel Anda yang memberi tahu mereka bahwa zat tersebut harus dihentikan. Sel-sel melepaskan histamin, menyebabkan pembuluh darah membesar, memicu reaksi alergi. Antibodi hanya menargetkan satu jenis alergen. Inilah sebabnya mengapa orang bisa alergi pada satu hal tetapi tidak pada yang lain.

Reaksi alergi bervariasi dalam tingkat keparahan yang dimilikinya, tetapi selalu disertai dengan risiko kematian. Gejala alergi dapat berupa diare, muntah, gangguan pencernaan, gatal-gatal, ruam, bibir kesemutan, kesulitan menelan, dan kesulitan bernapas.

 Selalu pahami dan tanggapi orang yang mengaku memiliki alergi makanan dengan serius. Beberapa macam alergi bisa Anda pelajari detailnya lebih lengkap di https://www.sehatq.com/penyakit. Mulai dari alergi alergi obat, alergi makanan, alergi susu, alergi lingkungan, semua dibahas dengan mendetail di situs https://www.sehatq.com/penyakit.

Anda juga bisa mencari obat untuk atasi alergi di Toko SehatQ dan melakukan konsultasi dengan dokter. Wah, seru sekali bukan?

Alergen Makanan Umum



Ada 8 alergen makanan utama yang harus dipehatikan. Jika Anda memiliki bisnis makanan, maka penting bagi Anda untuk mengenali alergen untuk memastikan pelanggan Anda aman mengkonsumsi makanan Anda. Sebenarnya ada banyak jenis alergi, namum inilah delapan alergen utama adalah:

1.      Kacang kacangan

2.      Telur

3.      Produk susu

4.      Gandum

5.      Kerang

6.      Ikan

7.      Kedelai

8.      Kacang pohon

Beberapa penyakit dan kepekaan terhadap makanan juga dapat mengharuskan makanan disiapkan dengan cara yang sama seperti makanan bebas alergi. Salah satu contohnya adalah seseorang dengan penyakit Celiac yang memesan makanan bebas gluten.

Seseorang dengan penyakit ini dapat terkena dampak jika sedikit gandum atau produk biji-bijian ada dalam makanan mereka. Siapkan makanan mereka dengan perhatian yang sama seperti saat Anda menyiapkan makanan bebas alergen.

3 Metode untuk Mencegah Reaksi Alergi

Saat menyiapkan makanan dengan salah satu dari delapan alergen utama, menerapkan ketiga metode ini dapat secara drastis mengurangi kejadian yang memicu alergi, di antaranya adalah :

1.      Periksa Bahan-bahan

Selalu periksa bahan-bahan makanan untuk memastikannya bebas dari alergen yang dimaksud. Bersedialah untuk memeriksa label bahan. Jika Anda tidak yakin apakah item tertentu mengandung alergen dalam jumlah tertentu, maka tanyakan apakah sekiranya item makanan itu akan membahayakan keselamatan mereka.

2.      Gunakan Peralatan Makan Khusus

Jika memungkinkan, gunakan penggorengan khusus, talenan, perkakas, dll untuk mencegah alergen masuk ke makanan lain. Menggunakan penggorengan, talenan, dan peralatan saji dapat menyebabkan kontak silang alergen dengan makanan yang biasanya tidak berbahaya. Berhati-hatilah saat menangani alergen yang umum, perhatikan apa yang menyentuh permukaan.

3.      Ganti Sarung Tangan

Setelah menangani makanan yang mengandung alergen, ganti sarung tangan dan cuci tangan Anda untuk mencegah kontak silang dengan makanan lain.

Untuk tahu lebih lanjut tentang obat yang bisa menyembuhkan alergen makanan, kunjungi situs https://www.sehatq.com/. Di situs SehatQ, Anda bisa dapatkan berbagai macam jenis informasi tentang kesehatan dan fitur-fitur penting lainnya.

Comments