Tetap Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Menjaga daya tahan tubuh selama masa pandemi ini wajib kita lakukan selain mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap stay at home dan menerapkan menjaga jarak selama beraktifitas maupun berinteraksi dengan orang lain. Berhubung saat ini kita telah melewati bulan puasa, tentunya kita sudah bisa kembali makan dan minum di pagi, siang dan sore hari. Pun demikian kita harus tetap memastikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita tetap dijaga dengan baik.


Untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi ini, bisa dilakukan dengan metode yang disebut NEW START. Nah apa itu NEW START? NEW START adalah akronim dari delapan cara menjaga daya tahan tubuh yang diungkapkan oleh praktisi gaya hidup sehat Hendri Pardede yaitu


  1. Nutrition
  2. Exercise
  3. Water
  4. Sun
  5. Temprament
  6. Air
  7. Rest
  8. Trust

Nutrition

Yang pertama dari NEW START adalah menjaga nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Nutrisi sehat bisa didapatkan dari makan makanan sehat dan berimbang, terutama yang mengandung makronutrisi seperti karbohidrat, protein dan lemak, maupun mikronutrisi seperti vitamin dan mineral.



Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi makanan sehat juga perlu diperhatikan, untuk makanan olahan sebaiknya diolah dengan cara direbus, dikukus atau ditumis, alih-alih digoreng untuk mengurangi kadar minyak. Selain itu untuk konsumsi buah-buahan lebih disarankan mengkonsumsi buah asli dibanding membeli jus dalam kemasan

Exercise

Terus berada di dalam rumah tidak berarti kita harus gabut dan bermalas-malasan di sofa dan ranjang, berolahraga tetaplah penting bagi tubuh kita. Kita bisa melakukan olahraga ringan dalam kurun waktu 30-45 menit, bisa dengan melakukan senam ringan untuk meregangkan otot tubuh serta membakar kalori

Water


Di bulan puasa kemarin mungkin kita sering merasa kehausan di siang hari yang terik, namun sekarang kita bisa memenuhi kebutuhan air kita di siang hari. Setidaknya kita membutuhkan 8 gelas air putih dalam kurun waktu 24 jam. Air memiliki banyak fungsi dalam tubuh kita, menjaga kebersihan kulit, melancarkan fungsi ginjal serta menjaga metabolisme tubuh. Dengan kebutuhan air yang terpenuhi, tubuh memiliki daya tahan yang lebih maksimal

Sun

Sinar matahari tak hanya baik untuk bayi agar tidak terkena penyakit kuning, sinar matahari merupakan sumber yang kaya akan vitamin D yang dibutuhkan untuk menguatkan tubuh kita. Berjemur di bawah sinar matahari selama 15 hingga 20 menit bisa kita lakukan sembari membersihkan maupun menyirami tanaman di halaman rumah


Temperament

Banyak melihat pemberitaan merupakan salah satu cara kita tetap terhubung dengan dunia meski berada di dalam rumah, namun demikian, adakalanya pemberitaan yang kita lihat justru menyulut emosi kita. Jika kita melihat berita semacam itu sebaiknya hindari untuk melihatnya lebih lanjut, segera berganti channel atau cari berita lain yang lebih ringan dan rileks untuk dibaca. Kesehatan emosi juga merupakan hal yang perlu dijaga agar kita bisa terhindar dari penyakit seperti serangan jantung.

Air

Air dalam bahasa inggris atau udara dalam bahasa kita. Udara memegang peranan penting dalam kehidupan makhluk hidup, karena makhluk hidup memerlukan udara untuk bernafas. Meski berada di dalam rumah, pastikan sirkulasi udara dalam rumah terjaga, sangat disarankan terhubung dengan udara yang berasal dari luar alih-alih dengan AC, meskipun mungkin hal ini sulit untuk apartemen, tapi setidaknya biarkan terjadi pergantian udara dari dalam dan luar ruang. Ini diperlukan agar terjadi pertukaran oksigen ke dalam rumah.

Rest

Tidak kalah penting adalah pola istirahat selama pandemi. Ya istirahat memegang peranan penting dalam hidup kita, seperti ponsel yang harus dicharge, kita memerlukan waktu istirahat yang cukup agar stamina kita mencapai level maksimal dan bisa digunakan untuk beraktifitas sehari-hari. Seringkali di masa work from home ini, orang cenderung melonggarkan masa istirahatnya dengan banyak-banyak begadang karena tidak perlu bangun pagi untuk berangkat ke kantor.



Saat kita tertidur, tubuh kita akan melakukan detoksifikasi terhadap racun yang berada dalam tubuh, sehingga terkadang saat bangun pagi kita sering merasa ingin ke toilet dan membuang racun yang telah dikumpulkan tubuh selama beristirahat. 

Trust

Hal terakhir adalah kepercayaan, ini bisa berkaitan dengan kepercayaan terhadap Tuhan, dan kepercayaan bahwa semua ini akan segera berakhir, iman pada Tuhan menjaga kita terus berprasangka baik dan berharap kebaikan. Sementara faktor kepercayaan diri dan berpikir positif akan membantu daya tahan tubuh kita agar terus terjaga.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk dapat terus menjaga daya tahan tubuh kita selama masa pandemi corona.

Comments