Posts

Kenapa aku harus Atheis?

Hari ini sekali lagi aku pengin ngeluarin uneg - unegku, yup hanya sekedar untuk mengurangi apa yang tersimpan di otak. Beberapa minggu kemarin aku mendapati sebuah tulisan yang cukup aneh, yaitu tentang keTuhanan, dalam postingan tersebut penulisnya memposisikan diri sebagai seorang Atheis yang meyakini bahwa Tuhan tidak ada, plus di dukung dengan argumentasi2nya, baginya seandainya argumennya salah maka dia tetap menganggap Tuhan yang kita kenal merupakan Tuhan yang pasif, yang cuma bisa menonton roda kehidupan di dunia tanpa memberikan komentar atau tanggapan terhadap peristiwa yang terjadi. Apa yang terjadi di dunia ini murni akibat sebab akibat bukan karena campur tangan Zat Pencipta.

Sebagai orang yang tidak mempercayai Tuhan maka agama tentu bukanlah sesuatu yang sakral dan pantas dijadikan pegangan, karena agama yang jumlahnya memang banyak, bermacam2 dan semua mengklaim sebagai satu2nya jalan menuju Tuhan. Dari munculnya bermacam2 agama maka dapat disimpulkan bahwa agama tidak lain hanya sekedar manifestasi peradaban manusia yang tidak berbeda dengan kebudayaan. Agama merupakan panduan norma2 untuk ditaati oleh kelompoknya, agama merupakan inisiatif dari pribadi/sekelompok orang untuk menentukan siapa Tuhan mereka dan bagaimana seharusnya manusia tunduk terhadap "Tuhan" sebagai representasi kesakralan yang harus ditaati. Karena itu posisi Tuhan adalah sebagai ciptaan kehendak manusia, dengan kata lain Tuhan adalah Makhluk yang diciptakan manusia untuk disembah. Dengan begitu maka praktis dia tidak mengakui adanya nabi2, orang2 suci maupun mukjizat2 yang dipercaya oleh pemeluk2 agama sebagai bagian dari keimanan, hanya sebagai mitos2 sebagai daya pikat untuk menarik khalayak kepada aturan main agamanya, tidak ada alasan logis sebab akibat dalam mukjizat2 yang dikisahkan dalam kitab suci. Alasan2 tersebut bagi orang atheis mungkin cukup masuk akal tapi bagiku cara pemikirannya terlalu dangkal, dan buatku cukup aneh jika orang2 memilih menjadi atheis karena alasan2 tersebut di atas.

Bagiku Tuhan itu ada, dan sebagai umat muslim aku meyakini Tuhan adalah Dzat Agung yang tidak bisa tergambarkan oleh panca indera manusia. Tapi eksistensi Tuhan bisa kita temukan dari eksistensi makhluk2 ciptaanNya, manusia, hewan, tanaman, bumi, tata surya dsb. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna tentu tidak sekedar memenuhi siklus lahir-hidup-mati, makan-minum-tidur, tapi tentu ada sebuah Maha Rencana terhadap siklus dan regenerasi manusia sejak zaman Nabi Adam di dunia ini. Apakah Maha Rencana itu?apapun yang Tuhan rencanakan dengan Maha Rencana tersebut tentu itu adalah sesuatu yang begitu besar lingkupnya, begitu agung. Kita tidak akan membahas grand planning Tuhan tersebut tapi membahas tentang diri kita sendiri. Manusia disebut makhluk paling sempurna karena memiliki Cipta, Rasa dan Karsa, sesuatu yang tidak dimiliki makhluk2 Tuhan yang lain bahkan Malaikat dan Iblis sekalipun. Cipta yaitu manusia mampu menciptakan sesuatu yang baru, memiliki kreativitas dan inovasi, Rasa dimana manusia memiliki perasaan, memiliki nurani untuk membedakan mana baik mana yang buruk, dan Karsa manusia memiliki kemampuan untuk berkehendak, berkeinginan dan berhawa nafsu.

Jika kita mengikuti pola eksistensi Tuhan di atas, tentu kita bisa menemukan pola eksistensi manusia berdasarkan hasil peradaban manusia, anak kecil tentu bisa tahu jika sepeda tidak mungkin ada dengan sendirinya, ayam goreng tidak mungkin tersaji begitu saja, ada faktor subjek, objek dan proses dalam hasil penciptaan2 tersebut. Dengan begitu tidak mungkin kita menisbikan adanya Pencipta Manusia/Pencipta Semesta pada proses terjadinya kita. Berbeda dengan manusia Tuhan adalah kreator sebenarnya dari unsur2 di dunia ini. Sedangkan manusia hanya mampu "menciptakan" dalam bentuk manipulasi saja, manusia mampu mengubah logam menjadi sepeda, ayam menjadi ayam goreng, semikonduktor menjadi komponen2 komputer, manusia hanya mampu memanfaatkan dari resource yang ada menjadi bentuk baru dan fungsi yang baru.

Dari penjelasan di atas tentu dapat kita yakini bahwa Alam semesta tidak muncul dengan sendirinya, ada beberapa teori tentang terciptanya alam semesta namun kebanyakan fisikawan sendiri cenderung meyakini bahwa Alam semesta tercipta dari sebuah ledakan Big-Bang, dalam teori Big-bang alam semesta terjadi karena adanya unsur2 yang memadat jadi satu dan kemudian meledak, sisa2 ledakan itulah yang kemudian menjadi ratusan sistem galaksi. jika kita merunut logika sebab akibat, dan menisbikan campur tangan subjek pelaku maka harus ada kejelasan mengapa ada unsur2 yang menjadi sebab musabab Big-Bang, harus ada kejelasan apakah ada pengaruh gaya gravitasi yang membuat unsur2 tersebut memadat dan meledak, sedangkan sampai hari ini setahuku ilmuwan belum bisa menyimpulkan secara pasti faktor2 yang mempengaruhi penciptaan alam semesta dengan pendekatan Big-Bang, jika big-bang terjadi tanpa campur tangan Tuhan maka sesuatu yang nol seharusnya tidak akan mengalami proses apapun apalagi sampai mengakibatkan ledakan Maha Dasyat yang membentuk tatanan alam semesta. Jadi ada subjek pelaku dan objek unsur2 pra semesta sebelum terjadinya ledakan Big Bang tersebut. Tentu penjelasan ini seharusnya direnungkan juga oleh para evolusionis yang meyakini makhluk hidup berasal dari hewan bersel satu yang antah berantah tiba2 nongol di muka bumi lalu berubah menjadi manusia dan monyet.

Kedua dalam faktor mukjizat para atheis dengan berdasar logika sebab akibat meyakini hal tersebut palsu dan mengada2, dalam teori sebab akibat ketika ada sebuah extraordinary process maka akan merusak kaidah teori sebab akibat dan merusak tatanan alam semesta, misal manusia tidak mungkin bisa terbang SEBAB tidak memiliki sayap dan bentuk fisik manusia (anatomi, rangka dan berat tubuh) tidak memungkinkan manusia untuk terbang seperti burung. Jika manusia bisa terbang AKIBATNYA akan merusak teori2 kebenaran tentang fisik manusia itu sendiri. Logika di atas ada benarnya tapi tentu saja teori sebab akibat tidak hanya sampai begitu saja, buatku itu adalah teori sempit, aku ambil contoh kesuksesan seseorang dalam mengerjakan UN, dalam teori sempit kita bisa menjelaskan bahwa siswa harus belajar agar mampu mengerjakan soal2 UN dan sukses lulus dari sekolah. Tapi dalam teori sebab akibat yang kompleks masih banyak sebab2 lain yang menjadi faktor kesuksesan tersebut misal; tidak ada gangguan listrik ketika siswa sedang belajar sebelum UN, tidak ada orang/keadaan yang bisa menyebabkan siswa gagal mengikuti UN (kecelakaan, bangun kesiangan) ada juga siswa yang tidak lulus karena kurang teliti membaca nomor soal; soal no 10 dijawab di no 11 akibatnya jawaban berikutnya salah semua. Jadi jika merunut teori sebab akibat mengenai Mukjizat, maka orang bisa saja terbang tanpa sayap dengan adanya faktor2 lain yang mempengaruhinya, yaitu di ruang hampa udara/gravitasi nol atau memang karena ada campur tangan ke-Ilahian.

Hal terakhir yang lumayan konyol bagiku adalah Jika benar Tuhan itu Esa kenapa semua agama yang ada tidak bisa duduk bersama sejajar dan berfusi menjadi satu sebagai agama keTuhanan saja, bukan agama A, B, C dan seterusnya, atau memang Tuhan hanyalah makhluk khayalan yang diciptakan manusia untuk menakut2i manusia lain untuk tetap tunduk pada norma yang ada sehingga setiap Tuhan memiliki bentuk berbeda sesuai peradaban yang ada. Bagiku selaku umat Islam, Tuhan itu Esa hanya Allah SWT semata, logikaku begini seandainya benar Tuhan diciptakan oleh manusia, bagaimana mungkin umat Islam menciptakan "Tuhan" sebagai sesembahan dan menentukan cara peribadatan padaNya? bagaimana mungkin umat Islam mau2nya percaya pada Tuhan yang bentuk dan wujudnya saja tidak pernah mereka rasakan dengan panca indera?? apalagi kalo Nabi Muhammad sampai menciptakan Tuhan??? Ya Ora Mungkin Banget Lah!!!!Atheis ya atheis tapi mbok ya aja bodo2 banget

Sesaat Sebelum Terlelap

Malam yang semakin larut
Dan menyeret tubuh2 kalian ke atas tempat tidur
Merebahkan diri diantara tumpukan bantal dan selimut

Sesaat sebelum terlelap
Adalah saat yang begitu menenangkan
Saat ketika jiwa kita terlepas sejenak
Terbang menyusuri dunia memori dan mimpi
Menyelam ke dalam alam lain yang tak bisa kita tembus dengan mata telanjang

Sesaat sebelum terlelap
Adalah saat dimana kita membawa mimpi dan kenangan masa lalu
Mengemasnya dalam benang2 nafas yang begitu tenang
Hingga ketika kita terlelap dan terbangun
Tidak ada satupun dari kita mampu mengingat detik terakhir jiwa kita terjaga

Sesaat sebelum terlelap
Ketika kita termenung dan meratapi kesalahan kita
Tersenyum pada kenangan2 indah yang pernah ada
Dan berharap pada mentari pagi yang membawa kita pada kenyataan

Maukah kalian berbagi apa yang kalian pikirkan sesaat sebelum kalian terlelap?
Tentang Cinta, Kenangan, Penyesalan dan Harapan
Untuk kujadikan untaian kehidupan ketika pagi menjelang

Laki-laki Sejati


Hari ini sebenernya ga pengen nulis apa2 selain mbuka inbox2 di MP email FB de es be, kebetulan ada teman di FB yang nge Tag aku di catatannya, dan setelah aku baca aku suka dengan isinya, mungkin temen2 udah pernah baca kisah ini sebelumnya tapi gapapa yah buat yang belum pernah mungkin bisa jadi inspirasi,

Ini kisah nyata. Benar-benar terjadi di atas muka bumi. Telah ditulis dengan tinta emas oleh banyak sejarahwan dalam buku-buku mereka. Sebuah kisah nyata tentang lelaki-lelaki sejati di masa Umar bin Khattab ra.

Dimasa Kekhalifahan Umar bin Khattab, ada seorang pemuda yang mengarungi padang pasir untuk menunaikan umrah di Tanah Suci. Pemuda itu tiba di sebuah oasis di pinggir sebuah permukiman penduduk. Ia berhenti dan istirahat. Karena kelelahan pemuda itu tertidur.

Ketika pemuda itu tidur , tali pengikat untanya lepas. Dan unta itu, tanpa sepengetahuan pemuda berjalan mencari makan, karena kelaparan. Unta itu masuk kesebuah kebun yang suburtak jauh dari tempat itu. Penjaga kebun itu adalah seorang kakek. Unta itu tak ayal lagi. Karena kelaparan, memakan dan merusak tanaman kebun itu.

Sang kakek berusaha mengusir unta itu. Tapi sang unta itu tidak mau beranjak dari tempatnya. Karena panik dan takut dimarahi tuannya, sang kakek memukul unta itu.Dan atas kehendak Allah, unta itu mati. Sang kakek semakin panik dan cemas, apalagi pemuda pemilik unta itu terbangun dan mendapati untanya telah mati.

Karena tidak ada orang lain selain kakek itu di dekat bangkai unta, pemuda itu berprasangka bahwa kakek tua itulah yang membunuh untanya. Dan kakek itu mengakuinya setelah sang pemuda mengintrogasinya. Seketika itu sang pemuda marah besar dan gelap mata. Ia memukul kakek itu dengan pemukul yang digunakan untuk memukuli untanya. Dan kakek itu tewas.

Pemuda itu sangat panik dan menyesal ketika mengetahui kekhilafannya. Ia tidak berniat membunuh kakek itu, hanya marah besar.Tiba-tiba datanglah dua pemuda yang tak lain anak sikakek . Mereka terkejut melihat ayahnya mati dan ditempat itu hanya ada si pemuda. Akhirnya tahulah kedua anak kakek itu,bahwa ayahnya dibunuh oleh sipemuda itu.
Mereka lalu menangkap si pemuda dan menyeretnya kehadapan Umar bin Khattab untuk diadili.

Sang pemuda mengakui perbuatannya dan Umar pun menjatuhi hukuman mati ( Qishash) untuk pemuda itu. Namun, sang pemuda minta penangguhan eksekusi hukuman, karena ia harus memberi tahu keluarganya dan menyelesaikan utangnya yang belum tuntas dikampungnya. Umar pun bersedia mengabulkan permintaaan pemuda itu dengan syarat ada yang bersedia menjadi penjamin pemuda itu.


Pemuda itu cemas dan bingung. Siapa yang mau jadi penjaminnya?ia tidak punya kenalan dan kerabat didaerah itu. Bagaimana mungkin akan ada orang yang bersedia mempertaruhkan nyawanya untuk menjadi penjaminnya. Tiba-tiba ada orang lelaki maju dan berkata kepada Umar, " Wahai Amirul Mu'minin, saya bersedia menjamin pemuda ini." Umar kaget, Ia menatap tajam lelaki itu yang tak lain adalah Abu Dzar Al Ghiffari ra. Umar berkata dengan nada serius, " Abu Dzar, sadarkah kamu dengan resiko kesediaan mu menjadi penjamin pemuda ini?"

Dengan tegas Abu Dzar menjawab,' Ya saya sadar. Saya siap menanggung resikonya."

Umar lalu berkata kepada pemuda itu," Hai anak muda kau telah memiliki penjamin. Sekarang Pulanglah. Selesaikan urusanmu dan segera kembalilah kesini untuk mempertanggung jawabkan perbuatanmu."

Pada hari yang telah ditentukan, masyarakat sudah berkumpul di lokasi pelaksanaan eksekusi hukuman Qishash, Abu Dzar. Hari semakin panas, siang semakin terik, dan pemuda itu belum juga ada tanda-tand datang. Ketika hari memasuki sore, dan pemuda itu belum juga datang., Masyarakat riuh membicarakan kebodohan Abu Dzar yang bersedia menjadi penjamin orang asing yang tidak dikenal. Masyarakat juga cemas, jika sampai matahari tenggelam dan pemuda itu belum juga datang, maka Abu Dzar harus menggantikan pemuda itu untuk dipancung.

Namun, Abu Dzar tetap tenang. Dengan rasa tawakal yang tinggi kepada Allah ia menunggu detik2 matahari semakin dekat keperaduannya. Dan matahari tenggelam, pemuda itu belum datang. Maka eksekusi harus dijalankan. Dengan tenang Abu Dzar maju ketempat eksekusi. Algojo disiapkan. Banyak yang menangis melihata Abu Dzar siap dihukum mati untuk dosa yang tidak dilakukannya.

Dan, ketika algojo sudah mengangkat tangannya dengan pedang terhunus siap ditebaskan ke leher Abu Dzar, seorang penduduk berteriak. Ia melihat di kejahuan ada bayangan dan kepulan debu. Ada yang datang. Ia meminta ditunggu sebentar sampai jelas siapa yang datang. Semua menoleh kebayangan itu termasuk Umar bin Khatab ra. Umar minta agar yang datang ditunggu dulu.

Bayangan itu semakin dekat. Dan ternyata yang datang adalah pemuda itu untuk memenuhi tanggung jawabnya. Semua orang berdecak takjub dan haru. Bisa saja pemuda itumelarikan diri dari hukuman mati. Tapi ia tetap datang. Dengan napas terengah-engah pemuda itu minta maaf atas keterlambatannya karena ada halangan dijalan. Karena kagum pada kejujuran pemuda itu, Umar bertanya," Wahai pemuda, aku kagum padamu. Kenapa engkau memilih datang padahal kau bisa saja lari dari hukuman mati?'

Pemuda itu menjawab,: Wahai amirul Mu'min, alasanya sederhana saja. Aku tidak mau ada yang mengatakan bahwa tidak ada lagi lelaki-lelaki sejati dikalangan umat muslim yang dengan ksatria berani mempertanggung jawabkan perbuatannya. Ia juga bagaimana mungkin saya tega membiarkan orang lain tidak bersalah yang rela menjadi penjaminku mati karena perbuatanku."

Lalu umar menoleh kepada Abu Dzar dan bertanya,"Dan kamu Abu Dzar, apa yang membuatmu yakin untuk menjadi penjamin pemuda asing ini dan kamu siap menggantikan dirinya untuk dihukum mati jika dia tidak datang?"

Abu Dzar menjawab," aku melakukan ini agar tidak ada yang mengatakan bahwa tidak ada lelaki sejati dikalangan umat islam yang bersedia menolong saudaranya yang membutuhkan pertolongan. AKu tidak merasa rugi di hadapan Allah. Kalau pemuda itu tidak datang dan aku harus mati menggantikannya, kematianku syahid di jalan Allah, karena aku memang tidak bersalah."

Umar bin Khatab ra diliputi rasa kagum dan haru. Dia lalu memutuskan untuk segera mengeksekusi pemuda itu sebelum waktu salat mahgrib habis. Tiba-tiba ada yang berteriak" Tunggu wahai amirul mu'min, bolehkan kami minta agar pemuda ini dibebskan dari hukuman mati?! yang berteriak itu adalah dua pemuda anak kakek yang tebunuh itu. Umar menjawab," Apa yang membuat kalian minta pembatalan hukuman ini?"

Mereka menjawab," sungguh kami kagum dengan dua lelaki sejati ini izinkan kami memafkan pemuda yang saleh yang jujur ini. kami tidak ingin ada yang mengatakan bahwa dikalangan umat islam tiada lelaki sejati yang memaafkan kesalahan. Bukankah Al'quran membolehkan bagi ahli waris untuk memberi maaf dan membatalkan Qishash pada seorang yang melakukan pembunuhan? kami rasa pemuda saleh ini pantas untuk kami maafkan."

Seketika gemuruh takbir dan tahmid berkumandang. Seluruh masyarakat yang menyaksikan peristiwa itu takjub dengan mata berkaca-kaca. Mereka terharu menyaksikan tingginya ahlak dalam jiwa lelaki-lelaki sejati yang berjiwa ksatria itu.

Setiap kali teringat kisah nyata ini, saya sering bertanya-tanya masih adakah lelaki-lelaki sejati berjiwa ksatria di negeri ini? Semoga masih ada, sebab sejarah menulis bahwa besar adalah bangsa yang dihuni oleh lelaki-lelaki sejati bukan para pecundang dan pengecut.

Besarnya suatu bangsa tidak dilihat dari jumlah penduduknya tapi dilihat dari jumlah manusia-manusia berjiwa ksatria dan berahlak mulia. Manusia-manusia berkarakter dan berjiwa besar. Semoga mereka masih ada di indonesia. AMin
(sumber asli; tidak diketahui)


Fenomena Crop Circles

Crop Circles siapa yang ga kenal? yah klo mungkin temen2 belum tahu apa yang dimaksud Circle Crop aku yakin temen2 udah bisa ngartiin sendiri dari gambar disamping ini.

Yup fenomena yang banyak di jumpai di Wiltshire (daerah yang dekat dengan lokasi batu Stonehenge) ini cukup menarik untuk disimak, ada begitu banyak pola Crop Circle yang diabadikan para fotografer, jika dilihat Crop Circle tersebut berbentuk sangat besar, banyak orang yang mengkait2kan Crop Circles dengan UFO yang ingin menyampaikan suatu pesan pada manusia. Ada juga yang mengkaitkan dengan mitologi Sumeria mengenai ras Dewa pencipta manusia bernama Annunaki, dimana konon mereka membuat manusia dalam percobaan di lab Eden.

Sementara para ilmuwan lebih fokus untuk meneliti kemungkinan adanya gelombang listrik atau elektromagnet bumi dalam mempengaruhi pola Crop Circle seperti pada kemunculan pijaran2 pelangi Aurora di kutub utara.

Salah satu Crop Circle yang cukup fenomenal mungkin yang berbentuk spiral yang diketemukan di dekat lokasi Stonehenge tahun 1996, yang disebut2 merupakan pola yang sesuai dengan teori matematika Fraktal Julia Set. Teori Fraktal ini dikemukakan pada tahun 1915 oleh Gaston Julia meskipun teori ini ditemukan di awal abad 20 namun keindahan teori fraktal baru bisa digambarkan ketika komputer pertama kali ditemukan.

Beberapa orang mengaku bertanggung jawab dalam pembuatan pola2 Crop Circle yang rumit, namun hal ini cukup susah untuk dibuktikan, dalam Crop Circle yang asli tanaman gandumnya hanya menunduk bukan dibabat habis namun dari jauh terlihat seperti habis dibabat dan selalu terdapat semacam pola lubang angin pada batang2 tanaman yang merunduk. Sampai pada akhirnya muncullah gambar familiar ini di ladang gandum

Nah klo logo si rubah firefox ini emang bener buatan manusia ( bersumber dari website http://lug.oregonstate.edu/events/firefox/crop-circle) sedangkan untuk Crop Circle yang lebih kompleks para ilmuwan belum berani gegabah untuk menyebutkan secara pasti bagaimana pola2 tersebut dapat terbentuk.

Terlepas dari desas desus misteri siapakah yang menciptakannya, yang pasti pola2 Crop Circle ini selalu menarik, unik dan cantik

Fenomena Crop Circles

Crop Circles siapa yang ga kenal? yah klo mungkin temen2 belum tahu apa yang dimaksud Circle Crop aku yakin temen2 udah bisa ngartiin sendiri dari gambar disamping ini.

Yup fenomena yang banyak di jumpai di Wiltshire (daerah yang dekat dengan lokasi batu Stonehenge) ini cukup menarik untuk disimak, ada begitu banyak pola Crop Circle yang diabadikan para fotografer, jika dilihat Crop Circle tersebut berbentuk sangat besar, banyak orang yang mengkait2kan Crop Circles dengan UFO yang ingin menyampaikan suatu pesan pada manusia. Ada juga yang mengkaitkan dengan mitologi Sumeria mengenai ras Dewa pencipta manusia bernama Annunaki, dimana konon mereka membuat manusia dalam percobaan di lab Eden.

Sementara para ilmuwan lebih fokus untuk meneliti kemungkinan adanya gelombang listrik atau elektromagnet bumi dalam mempengaruhi pola Crop Circle seperti pada kemunculan pijaran2 pelangi Aurora di kutub utara.

Salah satu Crop Circle yang cukup fenomenal mungkin yang berbentuk spiral yang diketemukan di dekat lokasi Stonehenge tahun 1996, yang disebut2 merupakan pola yang sesuai dengan teori matematika Fraktal Julia Set. Teori Fraktal ini dikemukakan pada tahun 1915 oleh Gaston Julia meskipun teori ini ditemukan di awal abad 20 namun keindahan teori fraktal baru bisa digambarkan ketika komputer pertama kali ditemukan.

Beberapa orang mengaku bertanggung jawab dalam pembuatan pola2 Crop Circle yang rumit, namun hal ini cukup susah untuk dibuktikan, dalam Crop Circle yang asli tanaman gandumnya hanya menunduk bukan dibabat habis namun dari jauh terlihat seperti habis dibabat dan selalu terdapat semacam pola lubang angin pada batang2 tanaman yang merunduk. Sampai pada akhirnya muncullah gambar familiar ini di ladang gandum

Nah klo logo si rubah firefox ini emang bener buatan manusia ( bersumber dari website http://lug.oregonstate.edu/events/firefox/crop-circle) sedangkan untuk Crop Circle yang lebih kompleks para ilmuwan belum berani gegabah untuk menyebutkan secara pasti bagaimana pola2 tersebut dapat terbentuk.

Terlepas dari desas desus misteri siapakah yang menciptakannya, yang pasti pola2 Crop Circle ini selalu menarik, unik dan cantik

Fenomena Crop Circles

Crop Circles siapa yang ga kenal? yah klo mungkin temen2 belum tahu apa yang dimaksud Circle Crop aku yakin temen2 udah bisa ngartiin sendiri dari gambar disamping ini.

Yup fenomena yang banyak di jumpai di Wiltshire (daerah yang dekat dengan lokasi batu Stonehenge) ini cukup menarik untuk disimak, ada begitu banyak pola Crop Circle yang diabadikan para fotografer, jika dilihat Crop Circle tersebut berbentuk sangat besar, banyak orang yang mengkait2kan Crop Circles dengan UFO yang ingin menyampaikan suatu pesan pada manusia. Ada juga yang mengkaitkan dengan mitologi Sumeria mengenai ras Dewa pencipta manusia bernama Annunaki, dimana konon mereka membuat manusia dalam percobaan di lab Eden.

Sementara para ilmuwan lebih fokus untuk meneliti kemungkinan adanya gelombang listrik atau elektromagnet bumi dalam mempengaruhi pola Crop Circle seperti pada kemunculan pijaran2 pelangi Aurora di kutub utara.

Salah satu Crop Circle yang cukup fenomenal mungkin yang berbentuk spiral yang diketemukan di dekat lokasi Stonehenge tahun 1996, yang disebut2 merupakan pola yang sesuai dengan teori matematika Fraktal Julia Set. Teori Fraktal ini dikemukakan pada tahun 1915 oleh Gaston Julia meskipun teori ini ditemukan di awal abad 20 namun keindahan teori fraktal baru bisa digambarkan ketika komputer pertama kali ditemukan.

Beberapa orang mengaku bertanggung jawab dalam pembuatan pola2 Crop Circle yang rumit, namun hal ini cukup susah untuk dibuktikan, dalam Crop Circle yang asli tanaman gandumnya hanya menunduk bukan dibabat habis namun dari jauh terlihat seperti habis dibabat dan selalu terdapat semacam pola lubang angin pada batang2 tanaman yang merunduk. Sampai pada akhirnya muncullah gambar familiar ini di ladang gandum

Nah klo logo si rubah firefox ini emang bener buatan manusia ( bersumber dari website http://lug.oregonstate.edu/events/firefox/crop-circle) sedangkan untuk Crop Circle yang lebih kompleks para ilmuwan belum berani gegabah untuk menyebutkan secara pasti bagaimana pola2 tersebut dapat terbentuk.

Terlepas dari desas desus misteri siapakah yang menciptakannya, yang pasti pola2 Crop Circle ini selalu menarik, unik dan cantik

Pepesan Kosong

Seperti anak2 kecil lainnya aku paling seneng didongengin dongeng2 rakyat, biasanya sebelum tidur almarhumah ibuku harus ndongeng minimal 2 judul buat pengantarku tidur. Dulu waktu di desa yang namanya majalah anak2 tuh ga ada, praktis klo udah bosen sama dongeng2 itu2 mulu biasanya aku nyari buku cerita di perpus SD. Itupun bukunya terbatas, jarang yang bergambar, rata2 novel kayak siti nurbaya atau pun kisah 5 sekawannya Enid Blyton, klopun yang bergambar paling koleksi koran Bahari di rumah budeku, or majalah kuncung sama majalah satu lagi yang udah lupa namanya. kadang aku juga mampir ke tetanggaku buat baca komik mandarinnya Tiger Wong. Tapi yang paling the best buatku adalah komik Mahabarata nya R A Kosasih yang terdiri dari 4 buah buku gede2 dan super tebel.

Dulu waktu kecil aku paling suka sama pelajaran sejarah, klopun aku dah bosen sama dongeng kancil nyolong timun, atau keong mas aku minta ibuku buat ndongengin kisah Diponegoro atau Hasannudin, sejarah kan ada tokohnya, ada musuhnya ada ceritanya jadi seru ga kayak IPA or matematika yang engga ada tokohnya kagak ada musuhnya apalagi ceritanya... hehehe

Buat anak kecil seumuranku buku cerita bergambar adalah sesuatu yang keren apalagi klo full color, karena di desaku ga ada penjual koran, alhasil keinginanku untuk punya buku cerita bergambar sering kepentok keadaan, parahnya kadang bapakku ngajak muter2 ke rumah temen2 guru2 SD lain tadinya sih buat ngeneng-nengke aku klo lagi ngebet pengen dapet buku cerita baru, eh hasilnya malah dapet LKS-LKS dari beberapa penerbit n disuruh ngerjain tuh LKS sampe selese...peeeh

Ibuku paling benci sama yang namanya komik dan Ebeg (seni kuda2an tradisional kayak
jathilan atau kuda kepang) aku dilarang nonton pertunjukan ebeg karena itu tradisi yang penuh aroma kesirikan, sedangkan komik ibuku benci karena cuma ada komik Pepesan Kosongnya Tatang Suhenra yang dijual penjual2 mainan di tempat2 hajatan yang isinya cuman kisah Petruk Gareng klo ga lagi ketemu janda ya pasti ketemu demit.

Berhubung aku hobby baca komik n ga ada toko yang menjual buku cerita anak2 praktis aku akhirnya berburu komik Pepesan Kosongnya Tatang S tiap ada acara hajatan di desa. Terus terang aku ga pengen ketahuan sama ibuku jadi komiknya selalu aku sembunyiin di bawah kasur, lemari atau tempat2 lain. Konyolnya juga aku paling takut sama cerita hantu, padahal di Pepesan Kosong pasti ada crita hantunya hihihi

Setelah ibuku meninggal tahun 1996, Alhamdulillah Bu Lik ku bersedia menggantikan posisi ibuku di keluargaku, dan mulai saat itu aku berkenalan dengan majalah2 anak2 yang lebih bermutu semacam Bobo dan Aku Anak Saleh. Kadang aku juga diajak mencari komik2 lain yang lebih bermutu. Dan berhentilah aku mengkoleksi Pepesan Kosong yang baru aku tahu arti nama komik itu bertahun2 berikutnya.

Sampe hari ini aku masih meneruskan kegemaranku membaca, buat aku komik masih tetap punya banyak kelebihan terutama untuk memancing anak2 kecil gemar membaca, masih banyak komik yang lebih bermutu tidak seperti Pepesan Kosong, yah seandainya ibuku masih hidup tentu ibu bisa memahami alasanku tetap menyukai buku cerita bergambar yang bernama komik.

Double Degree Wisudawan; Sarjana dan Pengangguran

Indonesia memiliki ratusan ribu Universitas, Sekolah Tinggi, maupun Akademi yang tersebar di semua wilayah, tiap tiap perguruan tinggi setiap tahun rutin menggelar acara hajatan kelulusan mahasiswa yang tak pernah kalah meriah dari pameran komputer bulanan. Kampusku sendiri rata2 melaksanakan 4 kali wisuda dalam setahun, para wisudawan dan tamu undangan tampak sangat menikmati acaranya, selalu mengumbar senyum lebar dan menampakkan kebahagiaan atas selesainya tugas studi mereka, atau keluarganya.Mungkin sedikit orang ketika itu yang tampak pusing memikirkan kelanjutan masa depan mereka pasca pesta kelulusan ini.

Yah Universitas selalu getol mengeluarkan ratusan mahasiswa setiap kali wisuda, para rektor selalu berbangga hati dalam pidato kelulusan anak2 didiknya, namun sayangnya hanya sedikit dari mereka yang mendapat kesempatan bekerja di dunia nyata.Para rektor bisa berbangga karena Universitasnya mampu meluluskan ratusan mahasiswanya kembali ke masyarakat untuk memulai babak baru pengabdian mereka sebagai sarjana2 dan agent of change di masyarakat, namun sayang bagi masyarakat title sarjana tidak lebih dari embel2 tambahan dari title pengangguran di lingkungan mereka, dari hari kehari semakin banyak anak muda yang menyandang doble degree antara sarjana dan pengangguran sekaligus.Bagi sebagian lulusan yang sudah bekerja mereka rata2 menganggap pendidikan yang mereka dapatkan di perguruan maupun sekolah2 selama mereka mengenyam pendidikan kurang berperan dalam profesi mereka sehari2, mereka menganggap banyak mata kuliah yang mereka pelajari sama sekali tidak dibutuhkan oleh lingkungan kerja mereka.

Sistem pendidikan kita masih banyak mementingkan aspek teoritis dan pemasukan mata2 pelajaran non produktif, sehingga siswa dijejali mata pelajaran dan mata kuliah yang kurang berguna di masa depan, yang penting tahu semua masalah pendalaman ga terlalu dipikirkan sehingga memboroskan waktu para pelajar untuk mempelajari hal2 yang tidak berkaitan dengan cita2 mereka.Setidaknya itulah gambaran dari setiap acara Job Fair maupun Career Days yang dilaksanakan di berbagai universitas, hampir semua kompetensi yang dibutuhkan oleh industri sebagian besar tidak terdaftar dalam daftar mata kuliah yang diambil.

Pun demikian stigma di masyarakat bahwa bekerja berarti menghamba pada suatu instansi atau perusahaan adalah peran besar yang harus dikritisi bersama2, orang dianggap memiliki pekerjaan dan bekerja hanya jika telah menjadi karyawan atau PNS, bukan ketika orang menjadi freelancer, part timer, tentor kursus, atau berwirausaha kecil2an. Stigma ini menjadi nyata ketika para sarjana hanya berharap untuk bisa dipekerjakan bukan mempekerjakan dirinya sendiri dan orang lain.

Dunia pengangguran kini tak hanya didominasi kalangan marjinal yang tidak mampu mengenyam pendiikan tapi juga mulai dikuasai oleh pengangguran bertitel. Permasalahan ini adalah permasalahan kita bersama sebagai sebuah keluarga besar bangsa Indonesia, bukan semata permasalahan pemerintah atau individu2 yang terpaksa menganggur, kita dituntut berperan aktif untuk meminimalisir angka pengangguran ini. Entah sebagai produsen pendidikan, akademisi maupun konsumen dari pendidikan itu sendiri.