Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat LED Matriks sebagai output, pengembangan dari Keypad Matriks(input)

Sebagian dari kita mahasiswa dan praktisi elektronika digital konsep keypad matriks pada mikrokontroller adalah salah satu cara untuk melakukan efisiensi input pada mikroprosesor, Contoh dari penggunaan keypad matriks adalah tombol angka pada telefon yang merupakan keypad matriks 4x3, penggunaan keypad matriks memungkinkan jumlah input sampai 2 x lipat dari input sesungguhnya. Misalkan kita hanya memiliki alokasi 8 port input mikroprosesor maka dengan menggunakan keypad matriks kita bisa mengkombinasikan logika input hingga mencapai 16 input.

Caranya adalah dengan membagi port tersebut menjadi 4 baris dan 4 kolom(4x4) seperti gambar dibawah ini

Penggunaannya adalah sebagai berikut
  1. Jadikan port kolom sebagai sumber input tegangan
  2. Port baris berguna menscan tombol mana saja yang ditekan, gunakan perintah dari mikro untuk melakukan scanning ini
Dengan demikian ketika SW13 ditekan maka arus mengalir dari kolom1 ke baris 4 dengan begitu mikro dapat mengetahui tombol tersebut aktif sedangkan tombol lain mati. Dengan teknik ini memudahkan para praktisi untuk menentukan tombol mana yang ditekan dan prosedur program mana yang akan digunakan sebagai konsekuensi penekanan tombol bersangkutan.

LED MATRIKS, Konsepnya gimana??

Bagaimana dengan konsep pembuatan output LED matriks berdasarkan keypad scanning?? sedangkan kita tahu bahwa LED memiliki ground dan input jika difungsikan seperti tombol dimana input dishort ke ground maka otomatis LED akan mati dan tidak bisa digunakan lagi.

Untuk menghasilkan LED Matriks tentu saja kit tidak akan menshort input ke ground, untuk itu kita membutuhkan bantuan gerbang AND 2kaki, dengan menggunakan gerbang AND kita tempatkan masing2 input AND ke baris dan kolom tersebut, kita bisa membayangkan 2 kaki input and sebagai 2 kaki tombol yang akan ditekan, sedangkan untuk output AND baru kita masukkan sebagai input LED, lalu kaki ground LED kita common-kan ke ground mikro, dengan begitu misalkan untuk menyalakan LED di posisi SW09 maka dimikro kita masukkan program untuk setbit pada kolom2 dan baris3 sehingga LED SW09 saja yang menyala


2 komentar untuk "Membuat LED Matriks sebagai output, pengembangan dari Keypad Matriks(input)"

Anonim 3 Februari 2010 pukul 23.04 Hapus Komentar
PRIYO BARJIYONO,...WOOO RUPAMU LE...
dUWE MODUL ORA LIK ...SAIKI CARANE GOLEK DUWIT WAE PIYE CUK,...
He he Piss dab,...Must Ndroe
Anonim 3 Februari 2010 pukul 23.04 Hapus Komentar
PRIYO BARJIYONO,...WOOO RUPAMU LE...
dUWE MODUL ORA LIK ...SAIKI CARANE GOLEK DUWIT WAE PIYE CUK,...
He he Piss dab,...Must Ndroe