Monday, June 12, 2017

Menu Takjil Menyehatkan: Mulai Dari Buah – Buahan Hingga Kue Bolu

Pada bulan Ramadhan seperti ini, momen berbuka puasa menjadi salah satu momen yang paling dinantikan. Buka puasa yang umumnya dilakukan secara bersama – sama tentu menambah kehangatan antara anggota keluarga maupun sahabat. Tak terlewatkan, menu takjil untuk berbuka puasa pun diburu, mulai dari takjil berupa buah – buahan hingga kue bolu menambah lengkapnya saat – saat berbuka puasa.
Berpuasa seharian membuat perut kosong, dan ketika waktu buka puasa tiba biasanya perut akan terasa begah karena perut harus diisi banyak makanan secara tiba – tiba. Bayangkan jika perut harus terasa begah saat Anda tengah menggelar acara buka puasa bersama keluarga besar, pasti rasanya sangat tidak nyaman bukan?
Untuk menghindari perut begah saat berbuka puasa bisa dimulai dari memilih menu berbuka atau takjil buka puasa yang menyehatkan. Lalu apa saja takjil buka puasa yang menyehatkan tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini.

Buah – Buahan Segar

Buah menjadi salah satu menu takjil buka puasa yang ideal. Tak hanya memiliki kandungan air yang banyak, tapi buah juga mempunyai kandungan gula alami yang mampu membantu mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa seharian.
menu takjil buah
Kesalahan yang umumnya terjadi adalah, banyak orang yang beranggapan bahwa sebaiknya mengonsumsi buah usai makan berat. Padahal seharusnya tidak demikian, yang benar adalah sebaiknya buah dikonsumsi sebelum makan berat. Sifat buah yang mudah dicerna tidak akan dicerna dengan baik apabila dikonsumsi setelah makan makanan berat.
Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk berbuka puasa dengan makan buah terlebih dulu (tanpa perlu memberikan pemanis tambahan). Selingi dengan sholat maghrib, setelah itu Anda bisa makan makanan berat.
Yoghurt
Untuk mengimbangi rasa manis dari konsumsi kurma saat buka puasa, umumnya orang Arab akan menambahkan yoghurt sebagai pendamping kurma. Bakteri asam laktat yang dimiliki oleh yoghurt membantu mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa yang mudah dicerna. Sehingga bisa mencegah munculnya rasa begah pada perut. Oleh karena itu hindari mengimbangi kurma dengan jus, susu atau minuman bersoda. Semangkuk yoghurt sebagai menu takjil buka puasa adalah pilihan yang tepat.
menu takjil yoghurt
Kue Bolu

Siapa sangka jika kue bolu ini ternyata menjadi salah satu menu takjil buka puasa yang menyehatkan. Kue yang memiliki rasa manis dan khas dengan tekstur lembutnya ini ternyata menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh loh.

Dalam satu potong kue bolu Anda bisa mendapatkan asupan karbohidrat sebanyak 36,35 gr dan protein sebanyak 4,6 gr. Memilih kue bolu sebagai menu takjil adalah solusi yang tepat guna menghindari munculnya rasa begah pada perut Anda. Tekstur kue yang lembut tidak akan membuat pencernaan merasa “kaget” dan tidak perlu bekerja lebih keras untuk mencernanya.
Demikian tadi beberapa menu takjil buka puasa menyehatkan yang bisa Anda terapkan. Selain praktis dan murah, takjil – takjil di atas juga mudah didapatkan sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkannya. Jadi jangan malas untuk tetap menerapkan pola hidup sehat sekalipun sedang berpuasa ya.
Semoga informasi di atas bermanfaat.
Post a Comment