Wednesday, November 30, 2016

Perhatikan Hal Ini Untuk Menjaga Perkembangan Janin 7 Bulan Anda

Kehamilan adalah moment yang ditunggu – tunggu oleh pasangan suami istri. Rindu akan kehadiran sosok tangisan bayi akan segera terbayarkan ketika kabar kehamilan itu terdengar. Tapi, sebelum buah hati lahir ke dunia ini, pasti ada proses yang harus dilalui oleh calon ibu. Yup, kehamilan akan berlangsung selama 9 bulan 10 hari sebelum akhirnya buah hati siap untuk lahir.

Apabila kini kandungan Anda sudah memasuki trimester akhir atau sudah memasuki usia ke 7 bulan, tentu perasaan Anda semakin campur aduk. Apalagi jika kehamilan saat ini adalah kehamilan pertama bagi Anda, rasa haru sekaligus deg – deg an pasti sering Anda rasakan. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab Anda hanya perlu mengetahui tentang perkembangan janin 7 bulan agar Anda bisa menjaga kandungan Anda secara maksimal.


Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami ulas mengenai hal apa saja yang harus Anda perhatikan dalam upaya menjaga perkembangan janin 7 bulan yang sedang Anda jalani.
Lebih Rutin Memeriksakan Kandungan
perkembangan janin 7 bulan


Mengingat usia kehamilan 7 bulan adalah trimester akhir dalam periode kehamilan, Anda sangat dianjurkan untuk lebih rutin memeriksakan kandungan Anda. Hal ini bertujuan untuk selalu memantau perkembangan janin 7 bulan yang sedang Anda kandung. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk periksa kandungan setidaknya 2 minggu sekali.

Pada usia kehamilan 7 bulan ini Anda juga harus mulai memastikan apakah nantinya akan melakukan persalinan secara normal maupun Caesar.

Perbaiki Posisi Tidur

Pada usia ke 7 bulan, tentu perut Anda sudah semakin besar oleh karena itu perhatikan juga posisi tidur Anda. Agar perkembangan janin 7 bulan selalu dalam kondisi baik, ada baiknya Anda tidur dengan posisi miring ke kanan atau kiri. Namun pastikan Anda tetap memberikan penopang pada tubuh sebelah kiri agar peredaran darah Anda lancar. Gunakan pula bantal khusus ibu hamil agar istirahat Anda semakin nyaman.

Konsumsi Makanan Yang Sehat

Agar perkembangan janin 7 bulan senantiasa dalam keadaan yang sehat, pastikan Anda menjaga asupan nutrisi bagi tubuh Anda. Sebab apa yang Anda konsumsi adalah makanan utama bagi janin. Jadi lebih berhati – hatilah dalam memilah makanan yang akan dikonsumsi.
Hindari makanan – makanan yang mengandung zat – zat kimia, atau makanan yang masih mentah, seperti shusi misalnya. Sebaiknya Anda fokus pada makanan yang kandungannya mendukung perkembangan janin, seperti makanan yang mengandung DHA, zat besi, asam folat, kalsium, magnesium dan lainnya.

Lakukan Sejumlah Persiapan Persalinan

Memasuki usia kandungan ke 7 bulan, tentu Anda sudah mengetahui jenis kelamin bayi Anda. Untuk itu, mulailah menyiapkan segala keperluan bayi. Mulai dari pakaian bayi, selimut bayi, popok bayi dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar saat memasuki tahap akhir jelang persalinan, Anda dapat fokus menyiapkan mental dan fisik Anda untuk menghadapi persalinan tanpa perlu memikirkan perlengkapan bayi.

Jangan Paksa Diri Anda Untuk Terus Bekerja

Ketika kandungan sudah memasuki bulan ke 7, itu artinya 2 bulan lagi Anda akan melakukan persalinan. Oleh karena itu jangan memaksakan diri Anda untuk selalu bekerja keras. Fokuslah pada persiapan psikologis serta fisik Anda agar persalinan Anda berjalan dengan lancar. Usahakan untuk selalu menjaga psikologis Anda dalam kondisi bahagia dan gembira karena pola pikir Anda sangat berpengaruh pada perkembangan janin 7 bulan Anda.

Agar Anda tidak bosan karena sementara waktu harus cuti bekerja, Anda bisa mulai menyiapkan segala pernak - pernik kamar bayi Anda. Lakukan kegiatan sederhana di rumah supaya fisik juga terlatih.

Nah demikian tadi beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam upaya menjaga perkembangan janin 7 bulan. Berdiskusilah dengan pasangan agar Anda bisa bekerja sama dalam menjaga kandungan hingga menyiapkan persalinan nanti.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!




Post a Comment