Tuesday, September 27, 2016

Perlengkapan Bayi Yang Harus Anda Siapkan Jelang Kelahiran Buah Hati

Perlengkapan bayi adalah sepaket kebutuhan bayi yang harus Anda siapkan beberapa waktu jelang kelahiran buah hati tercinta. Namun karena banyaknya varian perlengkapan bayi tersebut tidak jarang membuat para calon orang tua salah dalam memilah dan membelinya. Terlebih apabila kehamilan saat ini adalah kehamilan pertama, dimana Anda dan pasangan belum mengetahui apa saja keperluan bayi yang harus dipersiapkan.

Akan tetapi kini Anda dan pasangan bisa memanfaatkan gadget yang dimiliki untuk mencari bahan bacaan yang bisa membantu Anda dalam menyiapkan seluruh keperluan calon bayi Anda. Walaupun demikian, tidak ada salahnya apabila Anda meminta bantuan pada orang tua atau mertua untuk menyumbang saran dan ide terkait perlengkapan bayi yang harus Anda beli.


Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diulas mengenai apa saja perlengkapan bayi yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir.


Pakaian Bayi
Yup, tentu saja pakaian bayi menempati urutan pertama dalam pembahasan kita kali ini. Meskipun sesaat setelah dilahirkan tidak langsung dipakaikan pakaian melainkan dibedong menggunakan kain atau selimut. Namun proses tersebut tidaklah lama, selang beberapa hari bayi Anda harus mulai dipakaikan pakaian untuk melindungi tubuh mungil bayi yang mana kulitnya sendiri masih sangat sensitif.


Untuk pembeliannya, setidaknya Anda membeli minimal 8 potong pakaian dan 8 potong celana bayi. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila Anda membeli lebih banyak. Karena bayi masih sering mengompol jadi harus sering berganti pakaian atau celana.



Aksesoris Bayi
Mengingat bayi masih sangat sensitif terhadap apa – apa yang ada di sekitarnya. Sangat tidak cukup apabila Anda hanya membelikannya pakaian bayi saja tanpa membelikannya topi, kaos tangan maupun kaos kaki.

Agar bayi selalu nyaman dan merasa hangat dalam kondisi cuaca apapun, pastikan Anda membelikan aksesoris pendukung supaya keamanan dan kenyamanan bayi senantiasa terjaga.

Belilah Popok Bayi
Karena saat ini adalah kehamilan pertama bagi Anda, mungkin Anda belum mengetahui jika dalam satu hari saja, bayi bisa menghabiskan 10 bahkan 12 popok dalam satu hari. Perlengkapan bayi yang satu ini memang cukup penting untuk dibeli. Akan tetapi selektiflah dalam membeli popok bayi agar bayi merasa nyaman saat mengenakannya. Pilihlah popok bayi yang berbahan aman dan pastinya tidak akan membuat kulit pantat bayi mengalami iritasi.

Nanti, saat menggunakannya, usahakan untuk sering mengganti popok bayi yang telah penuh. Tetap jaga kebersihan popok dengan rutin menggantinya. Dengan demikian bayi juga akan selalu merasa nyaman karena kebersihan dirinya senantiasa dijaga oleh Anda, orangtuanya.

Selimut Bayi
Untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap pada kondisi normal, pastikan Anda benar – benar memperhatikan kehangatan bayi. Dalam hal ini Anda harus menyiapkan selimut bayi. Anda bisa memilih selimut bayi yang berbahan katun. Tidak perlu bingung mau membelinya dimana, sebab saat ini sudah banyak toko yang jual perlengkapan bayi.

Untuk persiapan awal, setidaknya Anda disarankan untuk membeli 5 helai selimut. Hal ini bertujuan agar selimut yang dikenakan bayi bisa diganti secara teratur. Dengan demikian kebersihan pun bisa terjaga. Selain itu Anda akan sangat terbantu ketika musim hujan tiba, dimana selimut yang dicuci akan kering dalam waktu yang lebih lama dari biasanya dan itu artinya Anda membutuhkan selimut cadangan.

Siapkan Botol Susu
Bagi Anda yang berencana untuk memberikan ASI ekslusif mungkin merasa tidak membutuhkan botol susu. Namun sebenarnya itu adalah pemikiran yang tidak sepenuhnya benar. Sebab pada saat – saat tertentu mungkin saja Anda membutuhkan botol susu tersebut. Misalnya saat ingin mengajak buah hati bepergian dimana Anda kesulitan untuk memberikan ASI secara langsung, jadi Anda bisa memanfaatkan botol susu tersebut sebagai wadah untuk menampun ASI.

Perlengkapan Mandi
Karena postur tubuh bayi yang masih mungil, usahakanlah untuk memandikan bayi menggunakan perlengkapan mandi yang sesuai dengan posturnya tersebut. Sebab nantinya Anda harus memandikan bayi dengan air hangat, sehingga akan membuang – buang air ketika Anda memandikan bayi di bak mandi orang dewasa yang ukurannya pun besar.

Pilihlah sabun dan shampoo yang memang aman untuk kulit bayi agar bayi terhindar dari resiko iritasi kulit.

Nah itu tadi beberapa perlengkapan bayi yang harus Anda persiapkan sebelum akhirnya Anda fokus pada persiapan persalinan. Berdiskusilah dengan pasangan agar bisa saling bertukar pikiran mengenai apa – apa saja yang diperlukan untuk menyambut kehadiran buah hati. Dengan demikian, kondisi mental Anda pun bisa tetap stabil karena Anda tidak menyiapkan segala sesuatunya sendirian. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


Post a Comment