Thursday, June 30, 2016

Tips Mudik Keluarga Yang Punya Anak Kecil


 Lebaran tiba libur panjang pun menyapa. Lebaran merupakan hari raya Islam yang dinanti-nanti oleh umat Muslim. Dimana mereka bisa berkumpul bersama keluarga dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan hari-hari sebelumnya. Lebaran sangat identik dengan mudik atau pulang kampung. Jelang hari raya Idul Fitri ramai para khalayak berbondong-bondong menuju kampung halaman masing-masing untuk merayakan lebaran bersama keluarga besar.


Mudik tidak hanya untuk mereka yang bekerja di pulau seberang, tapi juga untuk mereka yang menuntut ilmu di kota orang. Bagi perantau, mudik merupakan tantangan tersendiri karena harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Terlebih jika mereka tinggal di lain provinsi. Apalagi jika harus mudik dengan membawa anak yang masih kecil.



Mengingat anak kecil sangat rentan terhadap kondisi jalanan yang berdebu dan berpolusi. Bagi anda yang ingin mudik dengan mengajak anak anda yang masih kecil, pastikan anda benar-benar mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan bagi anak anda.. Jangan sampai anak anda justru sakit karena selama perjalanan jauh tidak dijaga dengan baik. Nah, berikut ini beberapa tips mudik keluarga yang punya anak kecil yang dapat anda terapkan saat akan mudik atau ketika perjalanan mudik.


Pastikan fisik anda dan keluarga dalam kondisi prima

Mengingat anda dan keluarga akan menempuh perjalanan yang cukup jauh, penting bagi anda untuk memastikan kondisi fisik anda dan keluarga dalam keadaan yang fit. Terutama kondisi anak anda. Untuk persiapan, anda juga bisa mengajak keluarga untuk berolahraga rutin pada beberapa hari sebelum perjalanan mudik dimulai. Meskipun demikian, jangan lupa untuk membawa kotak P3K saat mudik untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan. Tempatkan keperluan si kecil pada tas khusus agar saat dibutuhkan tidak kesulitan untuk mengambilnya.

Bawa uang lebih

Meskipun hal ini sedikit rawan saat dibawa dalam perjalanan jauh, akan tetapi hal ini akan lebih memudahkan anda ketika ada kebutuhan yang mendesak. Anda tidak perlu sibuk mencari ATM apabila sewaktu-waktu membutuhkan uang lebih. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan anda menyimpan uang di tempat yang aman.

Bawa barang secukupnya

Perjalanan mudik tentu sangat melelahkan, terlebih jika anda dan keluarga melakukan perjalanan mudik ketika arus mudik sedang padat. Anda harus siap berdesak-desakkan dengan pemudik lainnya. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila anda membawa barang yang tidak terlalu banyak agar anda tidak ribet dalam membawa dan menjaga barang bawaan. Apalagi anda harus menjaga si kecil. Barang bawaan yang terlalu banyak membuat anda terlalu sibuk mengurus barang bawaan daripada memprioritaskan kenyamanan si kecil. Tentu anda tidak tega apabila anak harus ikut berjubelan dengan barang bawaan yang ada dalam tentengan tangan anda bukan?

Bekal makanan ringan

Si kecil sangat menyukai makanan ringan, oleh sebab itu jangan lupa membawa makanan ringan kesukaan anak agar ia tidak rewel saat perjalanan. Selain itu anda tidak perlu kesulitan membelikan makanan ringan ketika tiba-tiba si kecil merengek minta jajan karena anda sudah menyiapkan sebelumnya.


Bawa mainan

Perjalanan jauh tentu sangat menjenuhkan, apalagi bagi si kecil, jadi jangan lupa untuk membawa beberapa mainan anak agar anak bisa bermain selama perjalanan. Anda juga bisa mengajak anak untuk berbicara, agar si kecil tetap bisa menikmati perjalanan mudik tersebut.


Nah itu tadi beberapa tips mudik keluarga yang punya anak kecil yang dapat anda terapkan saat akan mudik atau ketika perjalanan mudik. Tetap utamakan kenyamanan dan keamanan si kecil dan semoga perjalanan mudik anda dan keluarga menyenangkan ya!
Post a Comment