Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kucing Tidur, Simak Penyebabnya!

 Tidur tidak hanya karena lelah atau kebiasan kucing untuk berleha-leha, tetapi memang ada kalanya kucing itu tidur karena suatu hal. Terdapat beberapa penyebab, kenapa kucing suka tidur, dimulai dari sakit, dan lain sebagainya. Pintar-pintarnya kita sebagai majikan harus tahu mengenai ini!

Ketahui, kucing memiliki waktu tidur, dalam sehari 12 hingga 16 jam. Jika usianya bertambah, maka ia akan tidur selama 20 jam, jadi bertambah. Ingat, kucing yang tidur terus, juga bisa diindikasikan memiliki penyakit.

Berikut, beberapa alasan yang bisa dipahami:

1. Jenis Kucing Nokturnal

Ternyata, ada jenis kucing yang lama dalam waktu tidurnya, yaitu jenis nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Kucing jenis ini, lebih senang beraktivitas pada malam hari. Jika memiliki kucing ini, maka siap-siap malam hari ia beraksi. 

2. Ingin Hemat Energi

Jadi, kucing pasti juga ingin hemat energinya dengan tidur (istirahat). Karena sama-sama makhluk yang beraktivitas, jadi hal ini wajar. Karena tidak ada buruan, jadi mereke memilih tidur daripada membuang-buang energi yang tidak berguna. 

3. Tidur Siang

alasan kucing tidur siang


Memang sudah hakikatnya, kodratnya, bahwa makhluk hidup harus tidur. Kalau tidak tidur, maka sakit. Siklus tidur kucing, memang lama daripada manusia, sehingga bagi yang tidak tahu, mungkin kaget, walaupun ukuran tubuh kucing kecil. 

4. Bosan

Kucing, jika sudah merasa bosan, maka tidur adalah salah satu pilihannya. Hampir semua makhluk, jika tidak ada yang dilakukan, maka kegiatannya adalah tidur. Jika tidak ingin kucing peliharaan kita terbiasa tidur lama, maka coba cari cara agar ia tidak gampang terpulas. Bisa diberi aktivitas, dan lain sebagainya. 

5. Stres

Ternyata, kucing juga bisa stres, dimana jika sudah terbebani sesuatu, maka ia akan tidur dengan cepat dan lama. Jika stres, kucing juga tidak aktif seperti biasanya, dan selalu bersembunyi dari aktivitas keluarganya. Tanyakan kepada dokter, jika kucing sudah stres terlalu lama. 

6. Sakit

Pasti yah, jika kucing sakit, maka bisa diindikasikan dengan tidur yang lama, dan hal itu yang nampak. Selain itu, juga bisa karena kurang nyaman, sehingga kurang bergerak, dan malas beraktivitas. Jika banyak di tempat tidur, atau di pohon, kemungkinan sakit. 

7. Faktor Usia

Faktor usia, juga mempengaruhi waktu istirahat si kucing. Seperti penjelasan di atas, jika sudah bertambah umurnya, maka waktu istirahat diperlukan, agar tenaga tidak cepat habis. Perlu diingat, bahwa semakin bertambah usia, tidak sefit dulu lagi. Ingat itu. 

8. Adanya Infeksi Bakteri

Adanya infeksi bakteri, juga mempengaruhi kinerja si kucing. Bakteri dan virus, bisa berasal dari makanan yang terkontaminasi, luka gigitan, dan interaksi dengan hewan. Virus tersebut, biasanya feline immunodeficiency virus, feline herpes, feline leukemia, dan lain-lain.

9. Faktor Cuaca

Faktor cuaca yang tidak mendukung, juga menjadi penyebab kucing malas dan lebih baik tidur. Seperti musim hujan, maupun musim kemarau sekaligus. Perilaku ini, tergantung pada ras kucing, usia, kesehatan kucing. Temperature suhu, juga mempengaruhi si kucing berada pada suatu ruangan. 

10. Bersifat Krepuskular

Maksudnya apa? Krepuskular, adalah sifat yang dimiliki kucing, dimana paling aktifnya pas jam-jam fajar dan senja. Mereka cenderung tidur di waktu siang dan malam hari, dimana di saat itu, predator lainnya berkeliaran di luar. 

Itulah, penjelasan mengenai kenapa kucing suka tidur, dan alasannya apa saja. Dari sini, kita tidak akan bingung lagi atau khawatir, mengenai kenapa kucing begitu tidur lama? atau ada hal-hal aneh lainnya?


Posting Komentar untuk "Alasan Kucing Tidur, Simak Penyebabnya!"