Mengenal Contoh Iklan Media Cetak yang Efektif sebagai Media Promosi

Iklan media cetak menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif dan bisa membantu meningkatkan angka penjualan dengan baik. Di zaman sekarang media iklan juga semakin beragam. Meskipun begitu penggunaan media cetak tetap menjadi salah satu pilihan yang sangat menguntungkan. Kali ini Anda akan diajak untuk mengenal beberapa contoh iklan media cetak yang bisa secara efektif digunakan untuk promosi.

Contoh Iklan Media Cetak

Media cetak sudah lama digunakan sebagai media untuk promosi atau iklan. Media ini memang sangat efektif meskipun terkesan konvensional. Hingga saat ini, di tengah kemajuan zaman dan digitalisasi yang pesat, media cetak juga tetap memiliki efektivitas yang tinggi. Mari cari tahu apa saja contoh iklan di media cetak yang bisa dipakai untuk promosi!

contoh iklan media cetak membuat brosur

  1. Iklan Kolom Surat Kabar

Pilihan pertama yakni iklan di kolom media surat kabar. Jenis iklan ini sudah sangat populer sejak zaman dahulu. Iklan ini biasanya akan diletakkan di kolom-kolom surat kabar dan ditampilkan dalam cetakan warna hitam putih sama seperti warna berita dalam koran. Agar bisa menarik perhatian, maka pembuat iklan harus bisa membuat gambar yang semenarik mungkin.


Perlu diketahui bahwa penempatan jenis iklan seperti ini harus dipersiapkan secara efektif. Pilihan posisi iklan harus tepat dan strategis agar mudah dilihat oleh pembaca surat kabar. Semakin besar ukuran iklan juga semakin strategis posisinya maka biaya yang dibutuhkan akan semakin bertambah besar.

  1. Iklan Baris

Jika tadi adalah iklan kolom maka kali ini ada iklan baris. Iklan baris itu sendiri merupakan jenis iklan yang biasanya kita temui di koran-koran dan jumlahnya sangat banyak. Biasanya koran akan menyediakan satu lembar kertas khusus untuk menampung iklan baris. Iklan tidak menggunakan gambar apapun dan hanya berupa teks saja. Selain itu teks juga disingkat agar bisa muat dalam baris yang kecil. 

  1. Spanduk

Contoh iklan media cetak lainnya adalah iklan yang dicetak di atas spanduk. Iklan spanduk memang terkesan kuno namun pada kenyataannya jenis iklan ini justru bisa sangat efektif untuk menarik perhatian masyarakat. Tipe iklan seperti ini juga sangat fleksibel untuk dipasang di berbagai tempat. Oleh sebab itu terbilang efektif menjangkau berbagai kalangan masyarakat. 

  1. Iklan Brosur

Kemudian ada juga contoh iklan media cetak yang dicetak di media brosur. Iklan brosur ini biasanya menggunakan kertas berukuran A3 sampai A6 tinggal disesuaikan saja ukurannya dengan kebutuhan. Selain itu pembuat iklan juga bebas berkreasi dengan bentuk iklan itu sendiri tanpa terbatas tempat seperti jenis iklan baris maupun iklan kolom pada koran. 

contoh iklan media cetak brosur



Namun jika ingin beriklan lewat media brosur maka pembuat iklan harus aktif menyebarkan brosur tersebut ke berbagai tempat. Pembuat iklan harus tahu tempat-tempat potensial yang ramai dan layak untuk dibagikan brosur tersebut. Lain halnya dengan koran dimana pembuat iklan tinggal menunggu saja koran terbit agar dibaca oleh orang lain. 

  1. Flyer

Media cetak berikutnya yang juga bisa dipakai untuk beriklan adalah flyer. Flyer itu sendiri hampir sama dengan brosur hanya saja ada perbedaan pada jumlah halamannya. Jika brosur bisa dibuat beberapa halaman maka flyer hanya satu halaman. Sama halnya seperti poster yang dibagikan luas ke masyarakat sebagai media iklan.

contoh iklan media cetak flyer



Itulah beberapa contoh iklan media cetak yang efektif. Apapun jenis medianya, materi iklan harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Pastikan iklan memuat informasi yang akurat dan benar-benar bisa menarik perhatian masyarakat luas sehingga tujuan dari iklan bisa didapatkan. 







Posting Komentar

0 Komentar