8 Fakta Menarik Fungsi Keringat bagi Tubuh

 Berkeringat saat olahraga atau sedang beraktivitas sangat mengganggu bagi sebagian orang. Apalagi disertai dengan bau yang kurang sedap. Terkadang, kita berusaha untuk tidak melakukan aktivitas tersebut. Takut merusak penampilan. Namun, tahukah ada 7 fakta menarik fungsi keringat bagi tubuh yang jarang orang ketahui. 

Fungsi Keringat Bagi Tubuh

Apa saja 8 fakta menarik tersebut, yuk simak!  Agar tidak takut lagi bergerak dan berkeringat.

  1. Membuang Racun di dalam Tubuh

Fungsi kelenjar kulit adalah mengeluarkan keringat, ada zat seperti alkohol, kolesterol dan garam yang ikut terbuang keluar dari dalam tubuh. Idealnya semakin banyak keringat yang keluar, maka semakin banyak racun yang ikut terbuang. Jadi tidak ada salahnya berolahraga secara teratur dan berkeringat. Sebab badan terasa fit, bisa jadi karena semakin banyak racun yang berkurang dari tubuh lewat proses berkeringat.

  1. Menjaga Suhu Tubuh Tetap stabil

Tujuan tubuh mengeluarkan keringat adalah menjaga temperatur tubuh agar tetap dingin. Wajar saja ketika berolahraga, suhu badan akan panas. Lalu, keringat akan keluar sebagai tanda mekanisme tubuh dalam kondisi baik.



Begitu juga ketika dalam kondisi sakit. Badan terasa panas,  akan terasa enak ketika badan mulai berkeringat. Nah, keringat membawa panas keluar dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, badan terasa mulai fit kembali.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Selanjutnya fakta menarik fungsi keringat bagi tubuh adalah dapat menyehatkan kulit. Selain berolahraga, dengan tujuan tertentu orang melakukan sauna. Agar keringat keluar. Keringat yang keluar lewat pori-pori kulit akan membawa kotoran-kotoran keluar pula, sehingga pori-pori menjadi bersih dan bebas dari jerawat dan kotoran.

  1. Sirkulasi Darah Menjadi Lancar

Ketika sedang melakukan aktivitas dan berkeringat, jantung lebih cepat memompa darah sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah. Darah yang kaya oksigen pun mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Itu artinya metabolisme dalam tubuh juga berjalan dengan baik pula. 

  1. Menciptakan Hormon Bahagia bagi Tubuh

Selanjutnya berkeringat saat berolahraga ternyata dapat mengeluarkan hormon endorfin atau lebih dikenal dengan hormon bahagia. Fungsinya bagi tubuh, dapat membuat perasaan lebih tenang, lebih senang, tidak tertekan. Kemudian, membuat tubuh menjadi sehat karena rasa stress berkurang. Awal kesehatan itu berawal dari pikiran yang bahagia.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Batu Ginjal


Resiko Penyakit batu ginjal dapat dikurangi dengan rajin berolahraga dan menghasilkan keringat. Perasaan haus ketika berkeringat memungkinkan seseorang konsumsi banyak air. Otomatis, ginjal pun akan bersih karena mengeluarkan banyak cairan. 

Selain itu, berkeringat dapat mengurangi penimbunan garam dan kalsium di ginjal dan urine. Penimbunan tersebut merupakan penyebab utama penyakit batu ginjal. 

  1. Mendorong Tidur yang Berkualitas

Menjadi fakta yang menarik, kalau berolahraga dan mengeluarkan keringat dapat mendorong tidur yang berkualitas. Jika memiliki kesulitan untuk tidur, bisa dicoba sering berolahraga dan mengeluarkan keringat. Dipastikan memperoleh tidur yang nyenyak dan berkualitas.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berkeringat bisa menurunkan berat badan. Faktanya, tubuh yang bergerak aktif saat olahraga dapat membakar kalori hingga 300 kalori per jam. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, jangan takut berkeringat. Sebab, lemak dalam tubuh bisa jadi larut dalam keringat yang dikeluarkan.

Nah, itulah 8 fakta menarik fungsi keringat bagi tubuh. Selalu ada sisi baik dari sesuatu yang kita anggap mengganggu, yang sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh. Mulai sekarang, berusahalah untuk tidak menghindari aktivitas yang menyebabkan berkeringat. Mengingat manfaatnya begitu besar, berani berkeringat? 





Posting Komentar

0 Komentar