100% Ampuh, Cara Membersihkan Mesin Cuci

 Banyak orang punya dan bisa beli mesin cuci. Namun sedikit dari kita yang tahu bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang benar. Mesin cuci adalah salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki fungsi untuk membantu Anda dalam mencuci pakaian. 

Dengan menggunakan mesin cuci, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga besar. Namun, jika mesin cuci tersebut terus menerus digunakan tanpa adanya perawatan rutin, hal ini akan membuat mesin cuci perlahan rusak dan tidak bisa digunakan. Nah untuk itu, Anda wajib untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang baik.

Membersihkan mesin cuci secara rutin akan membuat kinerja mesin tetap maksimal, tampilannya pun akan tetap terlihat baru karena sering dibersihkan, dan tentunya ketahanan fungsi dari mesin cucinya pun akan bertahan lama. Mesin cuci juga kadang menjadi sarang jamur yang jika menempel pada baju cucian Anda akan mengancam kesehatan.

5 Cara Membersihkan Mesin Cuci yang Baik

Jika Anda masih kebingungan tentang bagaimana merawat mesin cuci dengan baik, yuk simak beberapa informasi berikut ini yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

  1. Selalu Pastikan Tidak Ada Sisa Deterjen yang Menempel Saat Selesai Mencuci

Cara membersihkan mesin cuci tanpa dibongkar ini cukup sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu rutin untuk memastikan bahwa tidak ada sisa deterjen yang menempel saat sudah mencuci. Sebisa mungkin Anda harus menggunakan deterjen dengan takaran pas, karena jika menggunakan terlalu banyak deterjen hal ini akan membuat sisa busa menempel di tabung. Jika busa tersebut terus menumpuk akan menyebabkan kerak dan juga karat.


  1. Rajinlah Merendam Laci Deterjen

Laci deterjen adalah bagian yang mudah dijangkau, dan bisa dibersihkan dengan mudah. Untuk membersihkan laci deterjen, Anda bisa merendam laci dengan air panas dan bisa juga menambahkan karbol jika kotoran yang ada sulit dihilangkan. Pastikan Anda juga membersihkan sela-sela laci secara menyeluruh dan bersihkan saluran antara laci dengan tabung mesin cuci dengan benar dan rutin.

  1. Bersihkan Ventilasi pada Pengering

Ventilasi pengering ini harus Anda perhatikan kebersihannya karena rawan tersumbat. Cara membersihkan mesin cuci Samsung ini bisa dengan mengelap bagian ventilasi setiap selesai melakukan pengeringan. Tujuan membersihkan bagian ini adalah agar tidak lembab dan agar sisa uap air bisa keluar. Dengan membersihkan bagian pengering ini juga bermanfaat agar pengering bisa bekerja dengan maksimal.

  1. Bersihkan Kantung Filter

Kantung filter juga wajib untuk dibersihkan secara rutin, Anda bisa melepasnya lalu bersihkan di bawah air mengalir agar mempermudah proses pengangkatan kotoran. Bisa juga dicuci dengan sabun dan bilas hingga bersih. Jika kantung filter jarang dibersihkan bisa memicu timbulnya jamur, jadi usahakan untuk menggantinya minimalnya sekali dalam dua bulan.

  1. Bersihkan Luar Mesin Cuci

Bagian luar mesin cuci juga tidak kalah wajibnya untuk dibersihkan dengan rutin. Cara membersihkan mesin cuci bagian luar ini sangat mudah, Anda bisa menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air hangat dan lap semua bagian luar mesin cuci. Pastikan Anda mengelap bagian penutup hingga karet yang terdapat di bagian mesin cuci. 

  1. Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Cara membersihkan mesin cuci yang terakhir adalah dengan rutin membersihkan semua perangkat mesin cuci. Hal ini akan membuat mesin cuci Anda terawat dengan baik, dan kinerjanya pun akan bertahan lama. Anda harus membersihkan mesin cuci minimal satu kali dalam satu bulan untuk menghindari adanya penyumbatan, karat, hingga jamur.

Nah, itulah 5 cara membersihkan mesin cuci yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui bagaimana cara membersihkan mesin cuci dengan baik seperti diatas akan membantu Anda untuk selalu rutin merawat mesin cuci Anda.



Posting Komentar

0 Komentar