Tips Menyiapkan MPASI Untuk Anak Kesayangan Anda

 Selamat atas kelahiran malaikat kecilmu! Jika Anda seorang ibu untuk pertama kalinya, pengalaman menjadi seorang ibu bukanlah perjalanan yang mudah, dan itu akan menjadi sesuatu yang anda hargai selamanya.  Sebagai ibu baru, Anda mungkin merasa sulit untuk menyulap pekerjaan rumah tangga (atau pekerjaan kantor dalam hal ini) dan merawat bayi Anda. Seringkali, Anda mungkin bingung mengenai beberapa hal dan tidak tahu apa yang harus dikonsumsi bayi Anda. Cara terbaik untuk mengetahui apa yang baik dan apa yang tidak untuk bayi Anda adalah dengan mengunjungi dokter anak Anda secara berkala - mungkin tidak ada yang lebih dapat diandalkan daripada saran yang dokter berikan kepada Anda. Dan sekarang setelah bayi kecil Anda tumbuh menjadi balita yang lucu dan menggemaskan, sekarang saatnya untuk mulai menyapihnya dari ASI dan memperkenalkannya pada makanan padat. Jika Anda khawatir tentang dasar-dasar menyapih bayi dan mencari beberapa tips dan trik keren untuk menyiapkan resep mpasi yang mudah dan cepat untuk anak Anda dibawah ini:

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Menyapih?

Hal ini mungkin adalah pertanyaan terbesar yang mungkin muncul dalam benak seorang ibu baru — selama bertahun-tahun, telah ada perubahan luar biasa dalam pedoman yang diajukan oleh para ahli yang dapat membantu Anda menentukan waktu yang tepat bagi bayi Anda untuk memulai dengan makanan sehat. Secara umum, disarankan untuk mulai menyapih bayi Anda dari ASI begitu ia mencapai antara 4 hingga 6 bulan. Bayi yang lahir sebelum waktunya harus diberi ASI sampai mereka berusia 6 bulan. Sistem pencernaan bayi Anda mungkin sering memberi Anda petunjuk tentang kapan ia siap untuk memulai dengan beberapa makanan padat. Berikut adalah beberapa tanda dan gejala khas yang menandakan sekarang saatnya untuk mulai menyapih bayi Anda dari ASI.

  • Bayi Anda sekarang bisa duduk tegak dan menahan kepalanya dengan lurus.

  • Bayi Anda telah mengembangkan koordinasi tangan, mata, dan mulutnya - ia sekarang dapat melihat makanan, mengambilnya, dan mencoba memakannya.

  • Bayi Anda dapat menelan makanan - Anda akan menemukan bahwa bayi Anda tidak membuat sedikit kekacauan dan membuang makanan keluar dari mulutnya ketika ia mencoba untuk makan.

Mempertimbangkan Penyapihan Dini

Resep MPASI untuk anak kesayangan

Jika Anda mencoba menyapih bayi Anda lebih awal, apa pun alasannya, ingatlah - ini menimbulkan beberapa masalah kesehatan untuk bayi Anda. Berikut adalah beberapa tips dan trik penting yang perlu Anda ketahui.

  • Jangan pernah mencoba menambahkan makanan padat (seperti nasi) ke botol susu bayi Anda.

  • Jika bayi Anda lahir prematur, dan Anda berusaha menyapihnya lebih awal, ia mungkin berisiko terkena alergi, infeksi, dan komplikasi lainnya, terutama eksim dan asma.

  • Periksa apakah ada alergi di dalam keluarga Anda - terutama sebelum Anda mulai memperkenalkan produk susu, telur, makanan yang mengandung gluten dan ikan. Jangan pernah mencoba menyapih bayi Anda sebelum akhir bulan ke-4 (17 minggu).

Ada baiknya untuk memulai MPASI menggunakan buah-buahan, ini cara yang bagus untuk membuat bayi Anda memulai makanan padat. Buah dikemas dengan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi Anda sekarang karena dia tidak mendapatkan ASI lagi. Terlebih lagi, buah-buahan manis dengan cara yang baik-mereka dikemas dengan gula alami yang pasti akan disukai bayi Anda.


Comments