Beberapa Cara Tepat Dan Cepat Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan kondisi dimana meningkatnya tekanan darah pada dinding arteri. Yang menjadi penyebab darah tinggi atau yang dikenal hipertensi adalah faktor gaya hidup ataupun genetika. Jika masalah darah tinggi ini tidak mendapat penangan yang tepat dan cepat, maka kemungkinannya dapat meningkatkan resiko penyakit yang lebih serius lagi seperti serangan jantung dan stroke. Lalu bagaimana cara yang tepat dan cepat untuk menurunkan masalah darah tinggi ini? 

Berikut beberapa cara tepat dan cepat menurunkan darah tinggi diantaranya yaitu : 


Menjaga Berat Badan 


Salah satu faktor penentu terjadinya tekanan darah tinggi adalah berat badan. Dengan menjaga badan untuk selalu tetap sehat dan sesuai dengan tipe tubuh maka akan dapat membantu menjaga tekanan darah. Pada saat kamu memiliki perut buncit dan lingkar pinggang yang berlebihan maka kamu patut untuk memperhatikannya. Pasalnya orang orang yang tidak dapat menjaga berat badannya beresiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi. 

Mengkonsumsi Bawang Putih 

Sudah sejak lama bawang putih digunakan sebagai obat herbal yang cukup terkenal. Salah satu kegunaan dari bawang putih ini adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol secara alami. Kamu cukup mengkonsumsi bawang putih yang telah direbus secara rutin setiap hari. Tetapi pastikan merebusnya tidak terlalu lama karena dikhawatirkan dapat menghancurkan kandungan yang ada didalamnya. Setelah itu blender bawang putih hingga kental, lalu campurkan pada makanan yang akan kamu konsumsi. Tetapi jika kamu tidak bisa membuatnya, bisa membeli yang sudah jadi dalam bentuk bubuk dan tablet. 

Memperhatikan Pola Makan 


Salah satu cara mudah untuk menurunkan darah tinggi adalah dengan menjaga pola makan. Sehingga memilih makanan pun menjadi sangat penting untuk menjaga tubuh selalu tetap sehat. Ibu hamil yang memiliki masalah darah tinggi sebaiknya selalu memperhatikan pola makannya. Asupan makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah yang mengandung tinggi asam lemak esensial, kalsium, magnesium, dan juga vitamin D. 

Berolahraga 


Tekanan darah tinggi juga dapat diturunkan dengan melakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap harinya. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti jogging, bersepeda, dan juga berenang. Selain itu juga dapat menurunnya darah tinggi secara perlahan dengan berjalan dan melakukan tugas tugas di rumah. Dengan melakukan olahraga maka sirkulasi akan meningkat, kapasitas paru paru akan meningkat, dan efisiensi jantung juga akan meningkat dimana hal ini sangat baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi. 

Membatasi Asupan Garam 



Kebanyakan orang yang mengalami tekanan darah tinggi diakibatkan karena mengkonsumsi garam secara berlebihan. Sehingga dengan mengurangi atau membatasi asupan garam dapat dijadikan sebagai cara menurunkan darah tinggi yang tepat dan cepat. 

Berhenti Merokok 

Meningkatnya tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan karena memiliki kebiasaan merokok. Pasalnya kandungan nikotin yang ada didalam tembakau merupakan penyebab adalah penyebab tekanan darah tinggi meningkat. 

Beraktivitas Diluar Ruangan 

Dengan melakukan aktivitas diluar ruangan yang langsung terkena matahari juga dapat menurunkan darah tinggi dengan tepat dan cepat. Pada saat kulit terkena sinar matahari maka akan menyebabkan melebarnya pembuluh darah dan menurunnya tekanan darah. Itulah 7 cara tepat dan cepat menurunkan darah tinggi. Selain itu masih ada cara tepat dan cepat lainnya seperti dengan mengelola stress dan mengkonsumsi cokelat hitam.

Comments