Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Mengajar

Abis baca jurnalnya mbak feb terutama kalimat

saat kita membagi ilmu yang kita punyai kepada orang lain, maka diri kita akan kosong kembali dan akan siap tuk belajar hal yang lain.

Jadi inget bagaimana dulu rasanya pertama kali terjun sebagai mahasiswa PPL. Dari mahasiswa yang dapet nilai C di praktikum jaringan malah dapet jatah ngajar kelas jaringan. Itupun beruntung karena jatahku harusnya ngajar kelas 3 yang kebetulan sedang melaksanakan praktik industri jadinya dialihkan ke kelas 2.

Aku sadar klo aku sama sekali ga punya pengalaman di bidang jaringan, dulu waktu kuliah aja malah lebih sibuk mainan internet, jadinya ya bloon2 aja. Tapi mengingat tugas mengajar ga mungkin kan klo kita ngajar sesuatu yang kita sendiri tidak tahu mau ga mau aku harus belajar masalah jaringan, nyari2 artikel di internet, trus mencoba trial n error sendiri ilmu yang didapat, dan menyusun rencana pembelajaran. Beruntung juga dapet mata kuliah Mikro Teaching, disana sering dilatih cara2 mengajar di depan kelas, mengorganisir kelas termasuk mempersiapkan materi ajar.

Belajar dengan cara mengajar ternyata memberikan pressure yang lebih besar dibanding belajar sebagai pelajar, kenapa? karena ga mungkin orang lain bisa menangkap penjelasan yang kita sendiri tidak kuasai? bisa2 kondisi kelas malah mati kutu dan mempermalukan diri sendiri.

Jadinya keinginan buat belajar itu lebih terpacu, lebih bersemangat, mempelajari lebih dalam dan lebih luas. Ibarat kita ingin mengajak anak2 melakukan camping outdoor, selain kita sudah mempersiapkan rundown acaranya, kita harus sudah tahu medannya, tahu juga kondisi areal sekitarnya, ini biar pelaksanaan lebih lancar dan menjaga kemungkinan2 yang bisa terjadi. Sama halnya kita cuma mo pergi beli koran di kota paling ga bawa duit jaga2 klo motor dijalan bocor/ keabisan bensin.

Selain itu mengajar juga melatih kita mentransfer pola pikir kita, menerjemahkan pengetahuan kita agar bisa diterima orang lain. Baik dari segi materi ataupun cara penyampaian, dan buat aku mengajar adalah bagian dari belajar, untuk terus menjaga ilmu yang sudah dimiliki dan menggalinya lebih dalam.

gbr dari sini

Posting Komentar untuk "Belajar Mengajar"