Monday, December 4, 2017

Artikel Kehamilan Ini Dia Beberapa Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Masa kehamilan untuk seorang wanita adalah masa yang sangat dinantikan. Tentu ketika wanita sedang hamil atau ibu hamil harus selalu menjaga kesehatannya sekaligus kesehatan janinnya. Maka dari itu gizi dari ibu hamil haruslah tercukupi agar janin yang ada dalam kandungan juga tetap sehat. Ibu hamil juga tidak dibolehkan mengonsumsi makanan secara sembarangan. Ada makanan yang dibolehkan dan dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil.
Anjuran dari dokter mengenai makanan dan segala sesuatunya patut didengarkan dan dilakukan oleh ibu hamil. Jika Anda sebagai seorang ibu hamil masih belum mengetahui beberapa hal mengenai kehamilan, bisa membaca beberapa artikel kehamilan yang banyak tersedia di website ataupun majalah.

Menjadi ibu hamil memang menuntut Anda untuk banyak belajar, terlebih jika kali ini merupakan kehamilan pertama dimana belum berpengalaman tentang kehamilan. Beruntungnya hari ini sudah ada internet yang memudahkan Anda untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Kendati demikian, Anda juga bisa bertanya atau sharing dengan orang tua maupun teman yang sudah berpengalaman.

Kandungan harus dijaga dengan baik, selain harus senantiasa berhati-hati ketika beraktivitas, Anda juga perlu memastikan bahwa janin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Lalu kira–kira apa saja asupan gizi yang dibutuhkan ibu hamil? Berikut beberapa diantaranya:
Asam Folat
Gizi pertama yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat. Janin membutuhkan asam folat yang tinggi untuk membentuk sel dan sistem syaraf. Jika gizi pada ibu hamil belum tercukupi dengan jumlah tinggi, pembentukan sel dan sistem syaraf janin tidak akan berlangsung sempurna dan dapat menyebabkan bayi lahir dengan kelainan.
Contoh makanan yang memiliki kandungan asam folat dan dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah beras merah, buah–buahan, dan sayuran hijau. Usahakan untuk memasukkan jenis bahan-bahan ini pada daftar makanan harian Anda.
Kalsium
Selanjutnya yaitu kalsium. Kandungan gizi ini sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi pada janin. Jika ibu hamil mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kalsium dengan jumlah pas atau malah lebih, ibu akan terhindar dari penyakit osteoporosis. Karena jika janin kekurangan asupan kalsium, maka ia akan mengambil kalsium yang ada pada tulang ibu.
Inilah alasan ibu hamil yang kurang mengonsumsi asupan kalsium sangat rentan terkena penyakit osteoporosis.  Contoh makanan yang mengandung kalsium diantaranya sayuran hijau, susu, dan kacang–kacangan. Bahan-bahan ini pun mudah didapatkan, jadi tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak memenuhi kebutuhan kalsium selama hamil.
Protein
Ibu hamil juga perlu mendapat asupan protein yang tinggi. Hal ini karena protein memiliki fungsi untuk membentuk sel dan darah. Protein juga menjadi sumber kalori dan zat pembangun. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi diantaranya tempe, tahu, daging, dan kacang–kacangan.
Zat Besi
Zat besi sangat penting sebagai asupan gizi untuk para ibu hamil. Karena zat besi bisa membantu pembentukan darah, terutama untuk sel darah merah hemoglobin. Selain itu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi juga akan membuat ibu hamil terhindar dari penyakit anemia. Makanan yang mengandung zat besi tinggi diantaranya ikan, daging, dan hati.

Demikianlah artikel kehamilan yang memuat beberapa nutrisi dan gizi penting untuk ibu hamil. Bagaimana kondisi janin tergantung pada apa-apa yang dikonsumsi oleh sang ibu. Oleh karena itu pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan atau minuman yang di dalamnya terkandung banyak nutrisi yang baik bagi perkembangan janin.
Post a Comment