Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangun Kedekatan Antar Anggota Keluarga Besar dengan Hal ini

Saat ini untuk sekedar berkumpul dengan keluarga saja cukup sulit untuk dilakukan. Dengan berbagai alasan kesibukan, pada akhirnya banyak anggota keluarga yang tidak saling mengenal. Terutama anggota keluarga yang masih muda – muda. Kalau hal seperti ini dibiarkan terus bisa jadi nanti tidak ada generasi keluarga yang paham akan silsilah keluarga. Duh, sayang banget kan jadinya. Masa kita tidak mengenal keluarga sendiri.
Selain bisa saling mengenal, acara kumpul keluarga juga dapat mempererat silaturahim satu dengan lainnya. Meski setiap lebaran ada acara berkumpul dengan keluarga, namun tidak semua bisa hadir. Bahkan setelah acara tersebut selesai, semua kembali pada kesibukkan masing – masing dan lagi – lagi tidak ada komunikasi berarti. Untuk itulah kita perlu mengagendakan acara lain yang bisa mempertemukan seluruh anggota keluarga besar. Ya, karena satu tahun sekali tidak cukup untuk bisa mengenal dengan dekat.

Berikut adalah beberapa acara yang bisa membangun kedekatan antar anggota keluarga.

Buat Grup di Media Sosial
Untuk bisa menjalin silaturahim tidak harus dengan bertemu secara langsung. Kini sudah ada media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk membuat grup keluarga. Apabila anggota keluarga cukup banyak pun kita tidak perlu khawatir karena ada aplikasi yang bisa memuat anggota grup hingga 1000 orang. Inilah salah satu peran penting teknologi yang akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga. Bahkan yang tinggal di luar negeri pun masih bisa keep in contact dengan kita.
Walaupun anggota keluarga sudah banyak yang sepuh (red: tua) dimana mereka umumnya tidak terlalu aktif di media sosial. Setidaknya kita masih dapat menjaga komunikasi dengan baik meski harus diperantarai melalui keluarga yang masih muda. Fleksibel saja, yang penting masih bisa saling bertukar kabar.
Menginap
Menginap sepertinya menjadi momen kumpul keluarga yang paling seru ya. Kita bisa bercerita satu sama lain tanpa kehabisan waktu karena tidak perlu memikirkan jam pulang. Akan lebih seru lagi apabila kita melengkapi agenda menginap dengan acara memasak bersama. Apalagi ini adalah acara keluarga besar yang pastinya banyak ide menu – menu yang bisa dieksekusi.

Memasak bersama dengan memanfaatkan aneka produk bumbu kaldu tentu akan menghasilkan olahan masakan yang lezat. Karena tersedia banyak aneka produk bumbu kaldu, tidak ada salahnya jika kita memasak berbagai menu agar lebih variatif. Pasti seluruh anggota keluarga akan sangat bahagia dan menikmati momen berkumpul dan makan bersama ini.
Pengajian
Untuk bisa berkumpul dengan keluarga bisa juga dilakukan dengan mengadakan acara pengajian. Momen ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahim sekaligus belajar bersama. Apalagi anak – anak juga harus dikenalkan dengan agama sejak dini. Dan mereka akan sangat menikmati acara ini karena bisa bertemu dengan keluarga yang lain.
Untuk lokasi pengajian sebaiknya dibuat bergilir, kadang di rumah A, esok bisa di rumah B dan seterusnya secara bergantian. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa saling silaturahim dengan berkunjung ke rumah kerabat lain.
Demikian tadi beberapa acara yang bisa diagendakan agar kedekatan antar anggota keluarga besar semakin erat. Keluarga adalah tempat kembali. Jadi jagalah komunikasi dan hubungan yang baik antar keluarga besar ya. Dengan terus menjalin silaturahim ini, diharapkan generasi muda bisa saling mengenal dan tumbuh solidaritas yang kuat. Solidaritas ini bisa dalam bentuk saling menolong, saling peduli dan saling membutuhkan.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


Posting Komentar untuk "Bangun Kedekatan Antar Anggota Keluarga Besar dengan Hal ini"