Friday, July 28, 2017

Inilah Cara Merawat Peralatan Memasak Agar Selalu Bersih dan Awet

Setiap ibu rumah tangga mendambakan rumah yang bersih dan rapi. Mungkin sangat mudah untuk memastikan ruangan tamu agar selalu bersih dan rapi. Namun tidak dengan ruangan dapur, sebab ruangan inilah yang paling mudah kotor. Hal ini wajar adanya, karena saat memasak Anda menggunakan peralatan dan perlengkapan dapur. Dan usai digunakan peralatan memasak tersebut sudah pasti kotor.

Beruntung jika Anda punya banyak waktu untuk segera mencucinya. Akan tetapi lain halnya apabila Anda tidak bisa langsung mencucinya. Itu artinya kotoran akan mengering, belum lagi peralatan yang kotor oleh minyak juga akan sulit untuk bisa dihilangkan dalam sekali bilas. Lalu bagaimana cara merawat perlengkapan dan peralatan memasak agar selalu bersih dan awet? Simaklah tips berikut ini.

Panci
Cara yang harus Anda lakukan saat membersihkan panci terbilang sangat mudah. Akan tetapi pastikan Anda rajin mencuci panci setiap selesai digunakan. Perlu diingat pula, sebaiknya hindari menggunakan nyala api besar ketika memasak menggunakan panci agar api tidak meninggalkan kerak atau gosong.
Namun jika terlanjur terdapat gosong atau panci berkerak, Anda bisa menghilangkannya dengan memanfaatkan baking soda dan air. Campurkan keduanya, lalu oleskan pada bagian yang berkerak, sikat sampai kerak itu hilang, kemudian bilas hingga bersih.
Wajan
Untuk wajan yang masih baru, sebaiknya oleskan minyak goreng di bagian bawahnya. Hal ini bertujuan agar wajan tidak rentan berkerak dan warna aslinya tidak hilang. Jangan merendam wajan yang baru digunakan ya. Akan lebih baik Anda mencucinya langsung.
Apabila masih ada sisa minyak atau bumbu yang menempel pada wajan, Anda bisa menyiramnya dengan air mengalir. Agar hasil maksimal, gunakan sabun cuci piring yang mengandung lidah buaya. Dengan fungsi dan manfaat lidah buaya yang ada pada Sunlight ini, maka wajan bisa bersih seperti sedia kala.

Talenan
Jika Anda selesai menggunakan talenan sebagai alas memotong daging, baik itu ayam atau ikan pasti talenan tersebut masih lekat dengan bau amis. Untuk menghilangkan bau amis, Anda bisa mengoleskan jeruk nipis. Dengan begitu sisa lemak dari daging atau ikan bisa terurai. Supaya lebih maksimal, Anda bisa menyiram talenan dengan air panas untuk memastikan tidak ada kuman atau bakteri yang tertinggal.
Demikian tadi beberapa tips yang bisa Anda coba dalam membersihkan dan merawat peralatan memasak. Mengingat peralatan dan perlengkapan memasak tersebut digunakan untuk mengolah makanan, Anda harus benar – benar memastikan kebersihannya.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Post a Comment