Thursday, April 27, 2017

Tips Sehat dan Bugar Selama Menjalankan Ibadah Puasa


Saat bulan Ramadhan tiba, maka pola makan umat muslim bisa dibilang berubah drastis. Pada hari biasa umumnya Anda akan makan tiga kali sehari. Akan tetapi ketika bulan Ramadhan Anda harus makan setidaknya dua kali sehari. Yakni saat sahur dan berbuka puasa. Karena perubahan inilah dikhawatirkan akan berpengaruh pada kesehatan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan memperhatikan bagaimana menyiapkan makanan sehat dengan resep – resep makanan dari Royco.

Bagi Anda yang sudah terbiasa puasa sunnah di selain bulan Ramadhan tentulah tidak kesulitan untuk beradaptasi, namun bagi yang belum terbiasa bisa jadi diperlukan waktu dan juga kiat – kiat tertentu agar kondisi tubuh tetap bugar meskipun sedang berpuasa. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa?



Tips Sehat dan Bugar Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Konsumsi Makanan Berserat dan Berprotein Saat Sahur

Rutinitas sekaligus sunnah bagi orang yang akan berpuasa adalah makan sahur. Pada waktu ini pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya protein, seperti; keju, yogurt, telur dan kacang – kacangan. Lengkapi pula dengan makanan yang berserat, misalnya; sayuran, buah – buahan dan biji – bijian.
Walaupun setelah sahur Anda harus berpuasa seharian, tapi jangan sampai Anda makan berlebihan ya. Makanlah secukupnya saja agar Anda tidak kekenyangan yang akhirnya membuat badan terasa lemas karena perut terasa tidak nyaman.

Jangan Makan Camilan atau Kue yang Berkalori Tinggi

Salah satu hal yang menyengangkan saat ramadhan adalah banyaknya varian kue yang tersedia di meja makan saat berbuka atau sahur. Tapi tahukah Anda bahwa makanan dengan jenis ini justru membawa pengaruh negatif pada kesehatan. Terlebih pada kasus kegemukan.

Agar berat badan Anda selama bulan puasa tetap ideal, usahakan untuk menghindari camilan dan kue yang tinggi kalori. Sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi almond atau kurma, yang notabene memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat tiba waktu sahur, pastikan Anda juga mengonsumsi buah – buahan. Kandungan air yang dimiliki buah – buahan tersebut bisa membantu dalam menjaga tubuh dari dehidrasi. Oia, walaupun tujuannya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh, lantas jangan sampai Anda berlebihan dalam minum air putih ya. Tetap gunakan pola 2 gelas ketika sahur, 2 gelas ketika berbuka dan empat gelas di malam hari dengan jeda waktu tiap satu jam.

Agar tidak cepat merasa haus saat menjalani puasa, sebaiknya Anda tidak minum kopi atau teh saat sahur. Sebagai gantinya Anda bisa minum jus buah atau smoothies.

Jangan Makan Berlebih Saat Buka Puasa

Inilah yang paling sulit dihindari, sebab biasanya kebanyakan orang akan balas dendam saat waktu berbuka puasa tiba. Benar jika resep – resep makanan dari Royco sangatlah lezat untuk disantap, namun jangan sampai Anda kalap lalu makan berlebihan ya. Jika ingin makan lagi, Anda bisa makan setelah sholat tarawih.


Tapi perlu diperhatikan juga, dimana sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan berkalori tinggi ketika buka puasa. Sebagai pembuka, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan, baik dalam bentuk salad atau soup. Agar kondisi tubuh tetap bugar, pastikan juga bahwa makanan yang Anda konsumsi mencakup makanan – makanan yang bergizi tinggi.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Bagaimana, tidak sulit untuk dilakukan kan? Bulan Ramadhan hanya datang satu kali dalam setahun, jadi pastikan Anda menjalankan ibadah puasa dengan lancar ya agar ramadhan Anda lebih berkesan dan penuh berkah.


Semoga informasi di atas bermanfaat ya.
Post a Comment