Thursday, December 8, 2016

Usir Rasa Takutmu dengan Tips Aman Belanja Online


Kini, untuk membeli kebutuhan sehari – hari maupun keperluan lainnya sangatlah mudah. Hadirnya gadget yang disempurnakan dengan adanya jaringan internet menjadikan kegiatan belanja menjadi mudah dan menyenangkan. Ya, dengan gadget yang Anda miliki tersebut, Anda bisa berbelanja secara online.

Belanja online semakin memanjakan pembeli, sebab saat ini telah banyak Online Shop yang menyediakan berbagai macam produk. Baik itu produk untuk kebutuhan sehari – hari, kebutuhan pribadi dan lainnya. Belanja via online memang mudah, namun, yang perlu digaris bawahi disini adalah, tidak semua Online Shop yang ada di dunia maya tersebut terpercaya.

Dengan demikian, penting bagi Anda untuk mengetahui tips aman belanja online yang akan kami ulas berikut ini.



Kumpulkan Informasi Toko Online
Hal yang harus Anda lakukan pertama kali sebelum belanja online adalah mencari toko online yang menyediakan barang yang sedang dicari. Ketika Anda mengetikkan kata kunci produk yang Anda cari, pasti mesin pencari akan menampilkan banyak sekali toko online. Tugas Anda disini adalah memilih dan memilah beberapa toko online. Setelah memilih beberapa toko online, selanjutnya buatlah perbandingan mengenai toko online tersebut.

Jatuhkan pilihan pada satu toko online yang menurut Anda benar – benar menyediakan produk yang Anda cari dan tentunya yang terpercaya.

Cari Tahu Reputasi Toko Online
Tips aman belanja online selanjutnya adalah dengan mencari tahu reputasi toko online yang Anda pilih. Pada poin ini, Anda bisa membaca testimoni – testimoni dari pembeli. Atau Anda juga bisa bertanya dengan teman atau kolega Anda yang sudah sering berbelanja online. Mungkin saja toko online yang Anda lirik adalah langganan teman Anda.

Jangan Tergiur Dengan Harga Murah
Sebagai pembeli online, Anda harus jadi pembeli yang cerdas, dimana Anda tidak boleh mudah tergiur dengan harga murah. Pastikan Anda memilih toko online yang menawarkan harga yang masuk akal. Tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Pada poin ini, Anda juga harus mencari referensi tentang harga produk yang akan Anda beli.



Namun, di sisi lain Anda juga harus peka terhadap perkembangan yang ada. Sebab kini banyak sekali cara penjual untuk menarik minat pembeli, salah satunya adalah dengan mengadakan promo. Promo 1212 misalnya, sungguh sayang jika Anda lewatkan begitu saja bukan? Jadi carilah informasi tentang event – event promo yang sedang atau akan diadakan ya.

Periksa Nomor Telepon
Agar Anda lebih yakin dengan toko online yang Anda pilih tersebut, tidak ada salahnya jika Anda menelepon kontak yang tersedia. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa nomor kontak yang ada bisa dihubungi dan memastikan apakah pemilik toko online tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Cermati Keterangan Produk
Sebelum memutuskan untuk berbelanja, cermati keterangan produk adalah hal yang harus Anda lakukan. Tujuannya apa sih? Tentu saja agar nantinya Anda tidak mendapatkan produk kualitas abal – abal. Dari keterangan produk, Anda bisa menyimpulkan, apakah produk ini berkualitas baik atau sebaliknya. Selain itu, pastikan bahwa nantinya harga yang ditawarkan dan harga yang harus dibayar itu sama.
Sebab terkadang ada toko online yang bermain curang, dimana harga yang harus dibayar berbeda dengan harga yang ditawarkan sebelumnya.

Ketahui Sistem Pembayaran
Tips aman belanja online lainnya adalah dengan mencari tahu sistem pembayaran yang digunakan di toko online tersebut. Apakah via transfer atau bisa dengan COD (Cash on Destination atau sistem bayar di tempat ketika barang sudah di antar). Jika sudah, pilihlah sistem pembayaran yang menurut Anda paling aman. Namun jika Anda memilih pembayaran via transfer, jangan lupa untuk menyimpan bukti transfernya ya.
Demikian tadi beberapa tips aman belanja online yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika akan berbelanja secara online. Banyak toko online terpercaya, namun juga tidak sedikit yang bermain curang, jadi tetap hati – hati ya.
Semoga informasi ini bermanfaat.


Post a Comment