Monday, November 21, 2016

Cara Mengatasi Pegal Dengan Minuman




Cara mengatasi pegal sangat banyak solusinya, dari herbal, medis, terapi, olah gerak dan sebagainya; yang kesemuanya itu memiliki kelebihan dan kecocokan nya masing-masing. Badan yang gampang terserang capek dan pegal-pegal akan membawa hambatan tersendiri dalam aktivitas sehari-hari. Tubuh yang selalu segar dan fit merupakan dambaan bagi banyak orang. Tubuh yang sehat sebenarnya bisa didapatkan dengan melakukan beberapa kebiasaan yang positif, rajin berolahraga, makan makanan bergizi, minum yang cukup serta tidur yang cukup.

Namun selain dengan cara membiasakan diri seperti di atas, terdapat cara mengatasi pegal dengan minum minuman khusus yang berkhasiat untuk mengatasi pegal. Hal ini merupakan cara paling praktis, mudah, dan tentu saja nikmat untuk diminum.




Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita dapat kita gunakan sebagai racikan minuman yang memiliki khasiat untuk mengatasi gejala capek dan pegal. Di bawah ini merupakan jenis-jenis minuman sebagai cara mengatasi pegal pada tubuh.


1.   Minuman buah apel. Kandungan yang terdapat pada buah apel memiliki khasiat sebagai penghilang pegal-pegal, gejala nyeri otot, dan linu pada tubuh. Selain itu buah apel juga bagus untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Cara penggunaannya sesuai selera, bisa langsung dimakan, atau dibuat sebagai jus.


2.   Wedang Jahe. Khasiat jahe sebagai salah satu bahan herbal alami dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Efek hangat yang ditimbulkan dari ekstrak jahe juga sangat nyaman di tenggorokan, untuk menghilangkan peradangan. Selain itu juga berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal dan juga mengembalikan stamina tubuh. Cara membuatnya yaitu dengan menggerus jahe secukupnya, seduh dengan air panas, kemudian beri gula sesuai selera masing-masing. Atau bila ingin variasi, anda cukup mencampurkan jahe pada jenis minuman lain, seperti kopi, teh, susu, dan lain sebagainya.
3.   Wedang Kunyit. Kunyit merupakan jamu tradisional dan juga digunakan sebagai bahan untuk membuat obat-obatan secara modern. Salah satu khasiat kunyit juga berfungsi untuk meredakan pegal-pegal, menambah daya tahan tubuh, serta menambah nafsu makan. Cara membuat wedang kunyit yaitu dengan menggerus sejumlah kunyit secukupnya dengan air panas, tambah gula sesuai selera, kemudian tinggal minum selagi hangat.
4.   Jus Wortel. Wortel mengandung banyak vitamin A, dan juga mengandung zat antioksidan yang sangat besar dosisnya. Dengan minum jus wortel, berarti tubuh mendapatkan zat antioksidan yang cukup sehingga daya tahan tubuh akan bertambah. Hal inilah yang juga menjadi penyebab tidak mudah terserang pegal-pegal. Cara membuatnya yaitu dengan cara mem-blender wortel secukupnya, tambah sedikit air, tambah dengan gula, dan susu. Selain dibuat jus, wortel juga bisa dimakan langsung.
5.   Wedang Lemon.  Wedang lemon banyak mengandung vitamin , Asam sitrat. Dari zat tersebut maka tubuh akan menambah daya tahan. Selain itu vitamin C juga berkhasiat untuk membatu mempercepat proses penyembuhan oleh karena itu gejala pegal-pegal akan cepat hilang ketika mengkonsumsi vitamin C yang cukup. Cara membuat wedang lemon yaitu dengan menyiapkan air panas, diberi gula secukupnya, kemudian ekstrak lemon diperas ke dalam air panas tadi. Silahkan seduh selagi hangat.
6.   Jus Pisang. Pisang mengandung vitamin C, zat antioksidan, dan potasium. Zat potasium berkhasiat untuk menjaga kelenturan otot tubuh sehingga tidak mudah terjadi kram otot. Hal ini otomatis gejala pegal-pegal juga bisa diminimalisir karena otot yang lentur tidak gampang pegal-pegal. Cara membuatnya yaitu ambil beberapa buah pisang, kemudian campur dengan gula, dan beri susu, kemudian di-blender sampai halus. Jus pisang sudah siap dinikmati.

Demikianlah sejumlah minuman yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi pegal. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.





Post a Comment