Sunday, October 2, 2016

Cara Membuat Resep Kue Kukus yang Lezat

Bolu atau kue kukus adalah kudapan yang enak dan lezat. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis dan gurih membuat kue bolu banyak digemari. Kue bolu bisa diolah dengan beragam resep dan cara penyajian. Ada bolu yang diolah dengan cara dipanggang ada pula yang dikukus. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat kue bolu dengan cara di kukus. Berikut cara mengolah resep kue kukus sederhana yang mudah dan menghasilkan citarasa lezat:


Bahan-bahan untuk adonan Bolu:



·         Blue Band Cake & Cookie 100 gr
·         Tepung terigu ayak 100 gr
·         Gula halus 100 gr
·         Baking powder ½ gr
·         Telur 2 butir
·         Perasa pandan

Cara membuat resep kue kukus lezat:


1.       Campurkan Blue Band dengan gula dan kocok hingga bahan tercampur lembut
2.       Tambahkan telur satu persatu dan kocok kembali.
3.       Tambahkan tepung terigu juga baking powder, aduk hingga tercampur sempurna
4.       Terakhir tambahkan perasa pandan, aduk.
5.       Siapkan cetakan plastik. Masukkan adonan bolu diatas cetakan dan kukus selama 15 menit. Bila sudah matang angkat dan dinginkan.


Nah bagaimana, cukup mudah bukan membuat resep bolu kukus. Tetapi perlu diingan, bahwa selama proses pembuatan bolu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar  menghasilkan resep bolu kukus yang lezat dan empuk. Hal yang harus diperhatikan yaitu:


·         Pertama, dalam melakukan prose pematangan lebih baik menggunakan uap air. Jangan memasukkan adonan kedalam air rebusan agar proses pematangan berlangsung dengan perlahan sehingga kandungan gizi kue tidak akan hilang.
·         Kedua, menggunakan cara mengkukus kue jauh lebih bagus  juga menghasilkan warna yang cantik. Mengkukus bolu bisa meminimalisir terjadinya resiko hangus (over cooked) bila bisa jumlah air untuk proses pengukusan sesuai. Bila menggunakan cara memanggang ke dalam oven, maka adonan akan beresiko mengalami over cooked sebab temperature oven harus benar-benar sesuai, juga saat proses pemanggangan harus memperhatikan waktu yang tepat. Bila terlalu lama akan membuat kue menjadi hangus atau gosong, dan bila terlalu cepat akan membuat adonan tidak matang sempurna.

·         Ketiga, mengukus bisa menghemat waktu juga energi dengan cara memanfaatkan kompor dan air rebusan untuk mematangkan adonan kue bolu. Bila menggunakan oven, maka akan sedikit lama untuk membuat kue matang juga akan memperbanyak penggunaan listrik.

Demikian cara membuat resep kue kukus yang lezat dan bergizi. Semoga cara dan tips membuat kue bolu bisa bermanfaat. Selamat mencoba!              


Post a Comment