Saturday, September 17, 2016

Jenis – Jenis Investasi Yang Cukup Menjanjikan Untuk Masa Depan


Akhir-akhir ini banyak dari masyarakat Indonesia yang memilih cara investasi sebagai jalan untuk menyelamatkan dana agar tidak digunakan dengan sia-sia. Ada beberapa jenis investasi yang bisa menjadi pilihan untuk anda berinvestasi di negara kita yaitu Indonesia di antaranya investasi saham, emas, properti, reksa dana, dan lain-lain.
Tetapi untuk menentukan ragam investasi yang cocok atau sesuai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah informasi mengenai jenis investasi yang cukup menjanjikan dalam pengelolaan keuangan.



Investasi Saham
Ternyata, investasi saham pada zaman dahulu berbeda dengan zaman sekarang. Saat ini Anda tidak membutuhkan modal yang cukup besar untuk berinvestasi saham, karena Anda hanya cukup untuk mengeluarkan modal sekitar Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, Anda sudah dapat memulai investasi saham.

Kini pun, para broker atau pialang saham telah menyediakan rekening khusus untuk para investor agar bisa membuka modal awal hanya Rp 100 ribu. Mengenai hal ini sudah disepakati oleh pemerintah tentang besaran jual-beli saham minimum per-lot atau 100 lembar.
Seperti saham dengan likuiditas tinggi semisal Telkom (TLKM) mempunyai harga sekitar Rp 2.700,- per lembar. Nah, ini berarti jika Anda ingin membeli satu lot saham TLKM maka Anda cukup menyediakan modal sebesar Rp 270 ribu. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan saham yang ingin Anda miliki dengan ketersediaan dana yang ada. 
Investasi Properti
Investasi properti juga menjadi salah satu bagian dari investasi yang digadang-gadang menawarkan masa depan yang cerah bagi para investornya. Jenis dari investasi properti yang bisa dipilih di sektor ini antara lain apartemen, rumah, ruko, ataupun tanah.
Investasi jenis ini termasuk dalam investasi jangka panjang karena nilai jualnya yang semakin lama harga properti ini akan terus bertambah. Menurut survei, saat ini di daerah Tangerang Selatan sudah terdapat 1.500 unit apartemen strata dan dimungkinkan akan terus bertambah hingga 7.100 unit dalam kurun waktu tiga tahun mendatang.

Sedangkan kenaikan harga per tahunnya mencapai sekitar 15 hingga 20 persen dengan kategori apartemen dengan harga Rp 15 juta hingga kisaran Rp 20 juta per-meter persegi. Jika diperkirakan perkembangan harga akan tetap stabil di nominal 10 hingga 15 per-tahunnya.
Reksa Dana
Dalam memilih investasi Reksa Dana ini terdapa dua pilihan. Pertama, Anda bisa memilih dengan lump sum (investasi sekaligus). Kedua, Anda bisa menggunakan cara rupiah cost averaging atau investasi berkala. Dari dua pilihan tersebut terdapat keuntungan masing-masing.
Keunggulan daripada investasi Reksa Dana sekaligus ini dikarenakan investasi tersebut bersifat jangka panjang. Dengan begitu maka para investor dengan dana yang besar cukup cocok untuk melakukannya, karena dana yang diinvestasikan akan mengalami kenaikan.
Tetapi berbeda dengan investasi secara berkala. Dengan investasi secara berkala ini maka dapat dilakukan setoran tiap bulannya. Dengan begitu, Anda yang mempunyai dana terbatas akan cukup tertolong dengan adanya investasi model ini.
Investasi Emas

Jika kita berbicara mengenai investasi, tidak hanya sebatas properti atau Reksa Dana saja. Saat ini emas juga bisa menjadi sebuah pilihan bagi Anda yang ingin menginvestasikan uang Anda dalam bentuk fisik. Menurut trainer manajemen global Indonesia, Irvan Susanto mengatakan bahwa:
 “Investasi emas mempunyai jangka investasi yang panjang ataupun singkat yang terus meningkat”.
Misalnya, harga pecahan satu gram emas Antam Rp 531.000,- lalu nominal tersebut akan naik hingga Rp 11.000,- jika dibandingkan dengan harga sehari sebelumnya. Dengan begitu, maka harga emas akan bisa berubah kapan saja.
Demikian informasi mengenai jenis investasi yang menjanjikan di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki dana lebih sebaiknya segera menentukan jenis investasi manakah yang akan Anda ambil. Setiap jenis investasi memiliki keunggulan masing-masing, dan Anda pun bebas menentukan pilihan Anda untuk berinvestasi dalam bentuk apa. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!   


Post a Comment