Saturday, September 17, 2016

Jadi Pengguna Kamera GoPro Yang Cerdas Yuk!

Momen adalah sebuah kejadian atau peristiwa yang tidak bisa diulangi lagi. Oleh sebab itu tak heran bila saat ini banyak orang berlomba - lomba untuk mengabadikan setiap momen berharga dalam hidup mereka. Dengan didukung kecanggihan teknologi yang kian meroket, kegiatan mengabadikan momen semakin mudah. Dimana kita bisa mengabadikan momen-momen tersebut dengan bantuan kamera. Salah satu kamera yang berkualitas dalam pengambilan gambar adalah kamera GoPro.

Memiliki kamera GoPro menjadi suatu hal yang menyenangkan, kamera berukuran mini ini bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Sifatnya yang praktis sekaligus menawarkan fitur-fitur level atas tersebut menjadikan kamera GoPro juga harus dirawat dan digunakan dengan baik. Harga yang tidak murah pun pada akhirnya menuntut kita untuk tetap berhati-hati dalam merawat dan menggunakannya.

Berikut ini akan dipaparkan mengenai cara merawat GoPro agar tetap prima seperti saat baru dibeli.


Hindari Meng-update Firmware Ketika Baterai Hampir Habis

Pastikan kita melakukan firmware update saat baterai dalam kondisi penuh. Hal ini untuk mencegah proses update berhenti di tengah jalan karena kehabisan baterai. Apabila update tersebut failed, maka kemungkinan besar akan menyebabkan kamera GoPro rusak. GoPro bisa jadi tidak bisa dinyalakan dikarenakan sistem belum diperbarui secara maksimal.



Dan itu artinya kita harus membeli GoPro baru, sebab GoPro juga tidak bisa direset saat GoPro tidak dalam kondisi menyala. Sepele, tapi sangat fatal. Jadi tetap hati-hati saat memperbarui firmware-nya ya agar kita tidak harus membeli kamera GoPro baru lagi karena kelalaian kita. Apalagi kamera yang kita miliki adalah tipe GoPro Hero 5, yang mana harga kamera GoPro Hero 5 ini terbilang cukup tinggi.

Saat Firmware Update Berhasil, Segera Hapus Command Script

Apabila command script tidak segera dihapus, maka notifikasi firmware update akan terus muncul. Hal ini sangat riskan apabila pembaruan firmware terjadi sedangkan baterai tidak berada pada kondisi penuh sehingga beresiko terjadinya failed update. Dan resiko yang sama akan kita dapat seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Jeli Dalam Menggunakan USB Charger

Banyak sekali produk USB yang beredar di pasaran, namun untuk GoPro ini sebaiknya kita memanfaatkan USB dari PC (Personal Computer) atau notebook dengan brand ternama. Alternatif yang bisa kita gunakan adalah charger external agar kamera tidak terhubung secara langsung dengan sumber aliran listrik.

Sebab apabila antara PC dan charger tersebut terjadi koneksi secara langsung, dapat beresiko masuknya virus sehingga berpotensi mengakibatkan corrupted firmware. Di samping itu, baterai akan melembung apabila keluaran listrik dari PC tersebut tidak sesuai standar.

Hindari Memanfaatkan GoPro Sebagai Card Reader


Untuk melakukan charging saja dianjurkan untuk tidak terkoneksi langsung dengan PC, apalagi jika GoPro digunakan sebagai card reader yang mana akan memperbesar kemungkinan masuknya virus ke dalam GoPro. Dan tentu saja akan membuat sistem kamera menjadi terganggu. Jadi sebaiknya gunakan card reader yang lain ya.

Jangan Memformat GoPro Dengan Bit Rate Besar

Kamera GoPro yang sering berada pada kondisi panas merupakan salah satu indikasi ketidakstabilan fungsi kamera. Dan itu artinya umur GoPro kita berangsur pendek. Beruntungnya GoPro dibekali dengan mekanisme Auto ShutDown yang bertugas mematikan seluruh aktifitas kamera saat GoPro memiliki temperatur panas yang tinggi.  Manfaatkan USB bawaan GoPro saat akan menghubungkan kamera dengan notebook atau PC.

Perhatikan Kecepatan Kartu Memori

Apabila ingin menggunakan kamera dalam waktu yang lama tentu saja memory card GoPro haruslah kompatibel. Jika tidak, maka kamera akan mudah panas. Dan apabila kondisi tersebut dibiarkan akan semakin memperpendek umur kamera. Tak hanya itu saja, kita juga harus memperhatikan kecepatan writing memory. Apabila kecepatannya rendah, bisa menyebabkan gambar tersendat. Selanjutnya, ketika buffering GoPro usai, perekaman akan berhenti secara otomatis. Tapi tenang saja, karena ini bukanlah pertanda kalau kamera GoPro kita rusak, melainkan karena lambatnya proses writing.

Nah itulah cara merawat GoPro agar tetap prima seperti kamera baru. Tetap perhatikan cara pemakaian dan cara perawatannya supaya kamera GoPro kita tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jadilah pengguna GoPro yang cerdas ya, supaya manfaat GoPro bisa kita nikmati dan pastinya setiap momen dalam hidup kita bisa diabadikan dengan baik dan sempurna. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


Post a Comment