Thursday, September 8, 2016

Surga Dunia di Taman Simalem Resort

Sumber gambar: www.tamansimalem.com

Pernah mendengar tempat wisata Danau Toba? Rasanya aneh, kalau sampai tidak tahu tentang tempat wisata yang terkenal hingga manca negara itu. Danau Toba sebuah danau tekto-vulkanik dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, yang mengelilingi pulau Samosir.

Danau Toba menjadi  begitu sejuk karena dikelilingi oleh deretan gunung berapi, banyak pohon enau dan pinus yang tumbuh subur disekeliling danau. Hewan dan tumbuhan yang ada disekitar Danau Toba menjadi nilai tersediri, karena indahnya banyak dibangun tempat wisata di sekitar Danau Toba, salah satunya Taman Simalem Resort yang berada di jalan Merek Sidikalang Km.9. Kita dapat menginap dengan nyaman sambil mengunjungi beberapa tempat wisata di Sumatera Utara.


Sebab Sumatera Utara memang menyuguhkan kekayaan alam yang luar biasa, selain Danau Toba, terdapat juga pasar buah berastagi,  Taman Menjuah. Paling dekat lokasi Danau Toba hanya 16.77km dari Taman Simalem Resort. Beberapa pengunjung yang pernah kesana memberikan komentar seperti surga dunia.

Surga Dunia di Taman Simalem Resort


Sumber gambar: id.wikipedia.org
Kenapa disebut surga dunia? Karena terletak di perbukitan Barat Laut Danau Toba atau kawasan bukit Merek Sidangkalang. Bisa dibayangkan perpaduan hamparan danau yang dikelilingi gunung? Sesuai namanya Taman Simalem dalam bahasa Batak yang artinya Sejuk dan Nyaman. Tidak akan merasa sia-sia perjalanan jauh menempuh lokasi karena apa yang disuguhkan luar biasa indah.

Meski dibangun dengan megah, penginapan juga masih memiliki sentuhan tradisional berupa aksen ornamen yang menggunakan kain motif khas Sumatera Utara. Hingga terasa sekali kalau kita sedang liburan ke wilayah Sumatera Utara.

Pasar Buah Berastagi


Sumber gambar: www.hargasumut.org

Kalau tadi Danau Toba, maka kali ini pernah dengar buah jeruk Berastagi? Biasanya jenis buahnya bulat, agak besar, rasanya manis khas. Kalian bisa langsung menemukan semua buah-buahan yang berasal dari tanah Karo selain jeruk Berastagi di Pasar Buah Berastagi ini. Pasar yang menjual aneka macam hasil bumi tanah Karo, mulai dari buah sampai sayur. Semuanya besar-besar dan segar-segar.

Kita akan dimanjakan pemandangan buah dan sayur yang memikat, selain jeruk Berastagi, buah yang populer hingga keluar tanah Sumatera Utara adalah Markisa Berastagi yang juga memiliki rasa manis yang  khas. Juga bermacam buah langka yang sudah jarang kita jumpai di toko-toko buah, seperti kesemek dan pepino atau terung belanda. Special buat pepino sangat lezat dikonsumsi menjadi jus yang diberi susu, khasiat buah pepino ini konon dapat menyembuhkan penyakit kanker. Jarak dari penginapan ke Pasar Berastagi 34.24 km.

Taman Menjuah

Selain Pasar Berastagi yang patut dikunjungi adalah taman Menjuah, masih sama menyuguhkan keindahan tanah Karo. Setiap tahun diadakan pesta buah dan bunga dan festival kebudayaan ‘ Pesta Menjuah-juah”, jadi ada baiknya kalau mau ke sana bisa minta info kapan diadakan festival kebudayaan tersebut. Yang pasti menjadi keseruan dan keunikan tersendiri.

Masjid Istihrar

Masjid yang terletak di Berastagi ini sangat indah, dikelilingi alam yang sejuk. Buat wisatwan muslim rasanya kurang lengkap kalau tidak mengunjungi masjid ini, suara azan yang dikumandangkan dalam suasana sunyi seakan memantul indah ke seluruh alam.

Adalagi yang menarik selain tempat-tempat di atas saat berlibur di Taman Simalem Resort, yaitu kulinernya. Namun karena terletak di wilayah Tapanuli Utara buat yang muslim harap berhati-hati dalam memilih menu, bisa dibaca atau ditanyakan dulu menu apa yang memang tidak diperbolehkan bagi muslim. Tidak perlu sungkan karena memang rata-rata menu di seputar Danau Toba banyak yang diperuntukan nonmuslim.

Sambal Tuktuk

Disini ada kuliner yang terkenal bernama sambal tuktuk biasa dimakan dengan ikan bakar, rasa sambal tuk-tuk sangat amazing. Rasa amazing yang tidak biasa terdapat dikebanyakan sambal pada umumnya, karena andaliman. Andaliman semacam lada yang hanya ada di tanah Karo.

Ikan Arsik

Masakan khas Sumatera Utara yang artinya ikan mas berbumbu, semacam ikan berkuah kuning namun rasanya khas rempah-rempah.

Sudah bisa membayangkan keindahan alam tanah Taro? Jangan lupa menjelang liburan segera hubungi traveloka.com, segala kebutuhan akan penginapan tersedia di sana.
Post a Comment