Tuesday, August 9, 2016

Keuntungan menggunakan toko online dan tantangannya

Toko online dalam beberapa tahun terakhir menjadi semakin marak dan banyak digunakan oleh masyarakat dalam aktifitas berjual beli. Kegiatan ekonomi semacam ini tentunya mendorong peningkatan keuntungan yang dialami penjual dibanding harus menggunakan media offline.

Untuk berjualan secara offline, paling tidak kita memerlukan tempat untuk menjajakan dagangan atau memilih metode jemput bola dengan mengunjungi lokasi-lokasi potensial calon pembeli, sedangkan dengan menggunakan toko online, penjual cukup menunggu ada calon pembeli yang melakukan transaksi lewat dunia maya.


Apa saja sih keuntungan memiliki toko online?




Pertama adalah toko online murah karena tidak memerlukan toko fisik, showroom atau galery untuk memajangkan barang dagangannya, biaya untuk membeli etalase dan sewa ruko bisa digunakan untuk menambah modal belanja. Cara ini umumnya sangat disukai oleh para mahasiswa, ibu rumah tangga dan para pemula yang ingin belajar menjual beli tetapi terkendala biaya sewa ruko.

Kedua, pemilik toko online tidak selalu harus membeli dan menimbun stock barang, bisa menggunakan mekanisme dropshipping/ reseller saat ada pembeli yang menginginkan produknya. Pemilik toko online hanya bertugas mencatat transaksi, menerima pembayaran dan meneruskan transaksi kepada produsen.Produsenlah nantinya yang akan bekerja menyiapkan dan mengirimkan barang ke pelanggan. 


Ketiga, kita memiliki kebebasan membuat toko online sendiri, atau bergabung dengan layanan penyedia toko online terbaik atau marketplace. Jika menggunakan toko online sendiri, pemilik toko bisa mendapatkan data-data pelanggan dari hulu sampai ke hilir, yang nantinya bisa digunakan sebagai data dalam strategi pengembangan toko. Sementara jika menggunakan marketplace, pemilik toko hanya perlu fokus berjualan, setiap item katalog, harga, jasa ekspedisi, dan transaksi tercatat dalam sistem dan memudahkan pemilik toko dalam melakukan administrasi.

Keempat jangkauan visibilitas produk sangat luas, tidak hanya mencakup dalam satu kota saja, pemilik toko dapat memperoleh pelanggan dari berbagai kota bahkan mancanegara. Saat pemilik toko mengunggah produk ke toko onlinenya, secara otomatis, produknya akan diindex oleh sistem dan juga oleh search engine, sering kali calon pembeli melakukan transaksi dalam jangka waktu cukup lama sejak produk mulai dipasarkan.

Kelima, toko online bersifat durable, selama marketplacenya masih ada, atau hosting dan domain toko terus diperbaharui, maka pemilik toko bisa terus melayani permintaan pelanggan.

Keenam, pemilik toko bisa melakukan campaign, pemberian diskon, melakukan promosi lewat social media maupun layanan advertising tertarget seperti FB.ads dan adwords.

Oke fix, sekarang apa saja tantangan memiliki toko online?



Kesulitan pemilik toko online yang membuka gerainya di marketplace adalah menghadapi pelanggan yang hampir semuanya price oriented. Produk yang kita jual akan ditampilkan head to head dengan produk yang sama milik penjual lain, orang Indonesia umumnya akan memilih berbelanja di toko yang paling murah.

Pemilihan produk dan garansi, untuk beberapa produk semacam gadget, elektronik yang memiliki layanan garansi menjadi perhatian penjual. Meski disetiap kota umumnya sudah ada service center resmi, tetap saja pelanggan akan menghubungi kita jika produk yang mereka beli bermasalah. Produk yang dapat dijual di marketplace memang sangat luas skalanya, akan tetapi perlu juga dipertimbangkan beberapa produk seperti makanan, minuman dan furniture, yang memerlukan perhatian ekstra dalam proses packing, pengiriman dan biaya jasa.

Outsource data and resource menjadi pertimbangan selanjutnya dalam menjadi penjual online, jika menggunakan marketplace, data-data pelanggan yang akan sampai kepada kita hanyalah, nama, alamat dan nomer hp untuk keperluan pengiriman jasa ekspedisi, data-data lain yang mungkin berguna untuk pengembangan hanya dimiliki oleh penyedia marketplace. Kemudian jika kita menggunakan sistem dropship dan reseller, ada kemungkinan komplain pelanggan yang akan terjadi dikemudian hari yang akan mempersulit kita.




Post a Comment