Saturday, July 30, 2016

Pentingnya Ajarkan Cuci Tangan 7 Langkah Pada Anak Sejak Usia Dini


Secara fisik, anak-anak masih memiliki tingkat kesensitifian yang cukup tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Entah itu pada kulitnya maupun pada sistem imunitasnya. Dan anda sebagai orang tua harus segera memutar otak bagaimana cara mudah untuk menjaga kesehatan anak.
Anak-anak yang menyukai dunia bermain biasanya akan cenderung hiperaktif sehingga apapun yang ada di sekitarnya bisa mereka ubah menjadi sesuatu yang dapat dijadikan sebagai permainan. Ya, betapa tinggi kreativitas anak-anak.

Dengan demikian, sebagai orangtua, anda harus benar-benar cerdas dan cermat dalam membiasakan anak untuk rajin mencuci tangan setelah atau akan melakukan aktivitas apapun. Karena apapun yang berada di dekatnya dijadikan obyek permainan, tentu saja banyak kemungkinan jika tangan banyak kuman atau bakteri yang menempel pada tangan. Sehingga, kuman atau bakteri tersebut harus segera dihilangkan dari tangan anak.
Penggunaan sabun saat mencuci tangan memang sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan. Akan tetapi kini bermunculan produk hand wash yang ditawarkan. Dan itu artinya anda harus selektif dalam memilihnya.

Berbicara mengenai mencuci tangan, berikut ini ada 7 langkah mencuci tangan yang cukup mudah dan sederhana untuk diajarkan pada anak.
1.      Basahi tangan dengan air mengalir
Membasahi tangan dengan air mengalir akan membuat tangan menjadi lebih bersih dibandingkan mencuci tangan dengan air yang simpan dalam wadah.

2.      Pakailah sabun anti bakteri
Karena tujuan utama dari mencuci tangan adalah untuk membunuh bakteri yang menempel pada tangan, maka penggunaan sabun anti bakteri mutlak menjadi hal yang harus anda lakukan. Pilihlah hand wash yang sudah terbukti aman ya!

3.      Gosok-gosok hingga berbusa
Jika cairan hand wash sudah ada di tangan, segera gosok-gosokkan tangan anda agar sabun berubah menjadi busa.

4.      Ratakan
Setelah sudah cukup berbusa, maka ratakan penggosokan hingga menyeluruh. Gosok-gosoklah setidaknya selama minimal 20 detik. Ratakan pada punggung tangan, jari jemari, pergelangan tangan, telapak tangan, sela-sela jari hingga di bawah kuku. Pastikan anda meratakan dan menggosoknya dengan maksimal.

5.      Bilas dengan air bersih
Setelah dirasa cukup merata dan mampu merontokkan kuman serta bakteri yang ada, langkah selanjutnya adalah membilas tangan dengan air dingin hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa-sisa sabun yang tertinggal.

6.      Lap tangan anda
Seusai membilas, keringkan tangan anda dengan handuk atau tisu kering atau lap apapun yang dapat menyerap air dan tentunya harus bersih ya!

7.      Tutup kran air
Untuk menghindari kembalinya kuman dan bakteri, sebaiknya anda mematikan kran dengan menggunakan sikut anda.


Demikian tadi penjelasan tentang cuci tangan 7 langkah yang harus anda ajarkan pada anak. Biasakanlah anak untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Dengan begitu, resiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kuman atau bakteri dapat diminimalisir dengan baik.
Post a Comment