Thursday, June 2, 2016

10 Undangan Pernikahan Unik yang mungkin terlewat dari pikiranmu

Pernikahan adalah salah satu momen penting dalam hidup seseorang, dan selayaknya mendapat perhatian lebih dalam mempersiapkan segala detail dalam prosesi pernikahan agar menjadi momen yang indah untuk dikenang. Berbagai konsep unik telah banyak bermunculan mengenai konsep pernikahan termasuk suvenir. Beberapa memilih menyerahkannya kepada wedding organizer atau merancang sendiri dengan bantuan kawan dan keluarga, semua dilakukan demi mendapat kesan paling baik dalam momen sehari bernama pernikahan ini.

Salah satu hal yang penting dalam mempersiapkan pernikahan adalah memilih jenis undangan pernikahan yang nantinya akan digunakan. Umumnya, jenis undangan ini menjadi representasi dari mempelai tentang diri mereka. Ekspresi karakter calon pengantin bisa dilepaskan dengan bebas pada desain undangan, maka tidak heran semakin hari semakin banyak bermunculan ide-ide kreatif dalam membuat undangan pernikahan yang unik.


Jenis undangan pernikahan unik yang saat ini ada diberbagai belahan dunia sangat beragam, mulai undangan pernikahan dengan design simple tapi elegan, undangan sekaligus suvenir, hingga memanfaatkan benda-benda kenangan seperti disket sebagai undangan. Nah, bagi kamu yang sudah berancang-ancang untuk memilih jenis undangan pernikahan yang unik, lain daripada yang lain, berikut adalah beberapa contoh jenis undangan paling unik dan tentunya sulit dilupakan yang bisa menjadi inspirasi bagimu dan pasangan.

1. Hologram dalam undangan

Pecinta hologram? Suka sekali dengan undian berhologram atau kamu punya kerabat yang hobi menggosok-gosok hologram dengan koin? Tampaknya inspirasi undangan unik satu ini cocok untukmu. Undangan sederhana ini memanfaatkan hologram untuk menutupi bagian informasi utama pernikahan seperti tanggal, tempat atau peta lokasi. Penerima harus menggosok terlebih dahulu bagian berhologram untuk mendapatkan informasi utuh undangan pernikahan. Eits, tapi, undangan ini tidak cocok untuk tamu undangan dengan tipe praktis dan tradisional atau bagi mereka yang tidak mau ribet. Hati-hati, bisa jadi mereka bukannya excited tapi justru kesal karena harus menggosok-gosok hologram terlebih dahulu. Hehe..


2. ‘Bomb’-Invitation

Anda punya tamu undangan dengan potensi sakit jantung yang tinggi? Undangan ini sepertinya bisa berbahaya karena ia akan ‘meledak’ ketika dibuka bagian penutupnya. Wow...ngeri ?
Tenang, ledakannya tidak sampai membuat efek serangan jantung sungguhan karena jenis undangan unik yang satu ini hanya akan mengeluarkan letupan kecil saat dibuka dan mengeluarkan kertas warna warni berserta potongan kertas informasi mengenai acara pernikahan. Unik ya ?

3. Kartu ATM

Pecinta kartu kredit, pengoleksi kartu ATM, tampaknya akan tertarik dengan tema ini. Ya, undangan pernikahan didesain dengan sederhana tapi menarik menggunakan cover kartu ATM, minimalis tapi informatif. Kartu undangan ini bisa kamu cetak dengan kertas hardcover atau bagi yang ingin lebih terlihat asli, bisa menggunakan jenis plastik tebal dengan laminasi sehingga mendekati bentuk aslinya.

Bagi yang ingin sekaligus menjadikannya sebagai suvenir, tampaknya ide kartu undangan bentuk ATM ini menarik juga. Kamu tinggal memastikan ATM dicetak dalam bahan yang sesuai lalu menambahkan gantungan kunci elegan pada kartu undangan ATM kamu dan jadilah suvenir pernikahan yang unik. Mau mencoba ?

4. Disket Jadul


Ternyata salah satu kenangan di jaman 90-an bisa juga berubah menjadi bentuk undangan pernikahan yang unik lho. Bagi generasi 90-an pasti tidak asing dengan teknologi bernama disket ini. Salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan generasi 90-an, hehe..
Kali ini, ada sebuah inspirasi yang memanfaatkan disket untuk undangan pernikahan yang unik. Wow !
Jika kamu pengoleksi disket atau masih mempunyai informasi dimana bisa membeli disket di masa kini, bagi pecinta disket, jenis undangan unik ini patut dicoba. Kamu tinggal menambahkan stiker yang berisi informasi pernikahan pada disket dan...taraaaa!! jadilah undangan minimalis dengan konsep unik.
Namun, jika kamu kesulitan mendapatkannya tapi ingin sekali menghadirkan nuansa disket ini dalam undangan pernikahanmu, jangan khawatir, kamu bisa mencoba berkreasi dengan mencetak undanganmu menggunakan full-cover bergambar disket dan mencetaknya dalam ukuran disket sehingga nuansa nya tidak hilang.

5. Coklat

Pastikan kamu mengirimkannya di hari yang tidak terlalu panas atau ia akan meleleh sempurna.
Yap, karena jenis undangan unik di nomer 5 yang kita bahas kali ini menggunakan media coklat sebagai bentuk undangannya. Jenis undangan unik yang satu ini membutuhkan dana yang cukup besar karena menggunakan coklat sebagai media utama, namun memang harus diakui, jenis undangan ini akan sangat membuat penerimanya bahagia karena mendapat hadiah coklat. Informasi mengenai detail pernikahan ditampilkan penuh pada pembungkus coklat.
Ide ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk jenis makanan lainnya, sesuai budget atau juga makanan favorit kamu. Tinggal ganti pembungkusnya dan kamupun mendapat sebuah undangan pernikahan yang unik dan juga fungsional karena sekaligus bisa menjadi cemilan bagi penerimanya.

6. Tiket Traveling

Bagi pecinta traveling, inspirasi undangan ini sepertinya sungguh menarik untuk digunakan. Sederhana, unik, namun punya kesan yang cukup kuat.
Desain kartu undangan ini cocok untuk kamu yang hobi jalan-jalan. Berbentuk selembar tiket perjalanan yang isinya sudah dimodifikasi menjadi informasi pernikahan, bisa menjadi inspirasi jenis undangan pernikahan yang unik dan berkesan.
Jenis tiket pun bisa dibuat beragam tergantung kreasi masing-masing seperti misalnya bagi kamu yang hobi menggunakan kereta api, desain tiket PT KAI bisa jadi contoh desain yang recommended, atau juga jika kamu sangat ingin naik Shinkanzen tapi belum juga tersampaikan, bisa jadi tiket Shinkanzen berbahasa Indonesia menjadi salah satu alternatif desain yang tidak kalah unik.

7. Star Wars

Kamu pencinta film ? Salah satu jenis undangan pernikahan unik dengan tema film Star Wars ini bisa dicoba.
Dengan sentuhan cetak undangan timbul yang menggambarkan kapal luar angkasa Milenium Falcon dalam film Star Wars, undangan ini menjadi begitu sensasional karena membawa nuansa film dengan sangat baik ke dalam konsep undangan pernikahan. Kata-kata yang terdapat dalam undangan ini pun sebagian merujuk pada kalimat populer film Star Wars yang diplesetkan seperti : May the 4th be with you.
Kalimat pembukan undangan ini juga mengambil kalimat 'A long time ago in a galaxy..’ kata selanjutnya diganti dengan 'Not so far away'. Dengan desain dominan hitam, undangan ini punya karakter khas yang merupakan campuran dari desainn elegan, namun juga kekanakan dengan pilihan kata dan kapal luar angkasa timbul yang unik.
Bagi pecinta film selain Star Wars, sepertinya desain undangan ini menjadi inspirasi penting ya..
Kreasi bisa kamu lakukan untuk tema film lainnya juga lho. Tinggal buat scene favoritmu pada film kesukaan dan tumpahkan dalam desain undangan pernikahanmu. Pastinya, ini akan menjadi undangan pernikahan yang menarik bagi pecinta film karena membawa penerima undangan berimajinasi tentang film tersebut.
Aha! Hampir lupa, sekarang juga mulai marak desain undangan dalam bentuk komik lho, kamu bisa sekaligus membuat cerita komik pernikahanmu sendiri sesuai selera.

8. Lukisan

Anda punya hobi melukis? Jenis inspirasi undangan pernikahan unik satu ini bisa kamu contoh. Kamu bisa menuangkan kreatifitas melukismu dengan design yang tentunya bebas sesuka hatimu, dan mencetaknya dalam bentuk undangan. Atau, jika kamu mau, kamu bisa menambahkan sentuhan cat atau partikel alami pada undanganmu. Teknik lukis undangan non cetak digital (alias kamu gambar langsung dengan tangan di atas kertas undangan) ini hanya cocok untuk jenis undangan pernikahan dengan undangan terbatas, karena kamu bisa kewalahan memberikan sentuhan asli cat atau lainnya jika undangannya mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang.

Selain lukisan, teknik sketsa juga menarik untuk digunakan lho. Mau coba mendesain kartu undanganmu sendiri ?

9. Minimalis Elegan

Yap, di nomer 9 ini ada contoh jenis undangan pernikahan bagi yang suka dengan segala sesuatu yang praktis, jauh dari ‘keributan’ pernik undangan, namun tetap elegan. Pilihan desain undangan minimalis saat ini cukup menjadi perhatian karena mempunyai kesan elegan, fokus dan sederhana. Desain undangan ini bisa jadi juga mewah, tanpa harus membuat undangan dengan atribut yang rumit dan banyak, cukup bermain dengan desain minimalis yang cantik, kamu sudah bisa mendapat undangan pernikahan elegan dan mewah.

10. Souvenir Inside

Setelah berkutat dengan ragam jenis undangan dengan tema unik, kali ini inspirasi undangan nomer 10 adalah jenis undangan pernikahan unik yang sekaligus berfungsi sebagai suvenir. Jadi, saat hari H, kamu sudah tidak perlu ribet lagi memikirkan suvenir karena ia sudah dikirim bersamaan dengan kartu undangan pernikahan.
Souvenir yang umum dikirim bersamaan dengan kartu undangan di antaranya adalah mini towel, saputangan, kalender, bahkan bagi yang cukup ‘ekstrem’, gelas kaca pun bisa menjadi pilihan dimana informasi pernikahan di print pada permukaan gelas.

Menarik ya?
Itulah sepuluh jenis undangan pernikahan unik yang bisa menjadi inspirasimu dalam mempersiapkan momen pernikahan. Pastikan setiap pilihan desain undangan yang kita ambil, sudah sesuai dengan keinginan kita, target undangan, dan juga...budget tentunya!
Undangan pernikahan unik tidak harus mahal, kita bisa berkreasi dari contoh-contoh yang ada dengan mengganti bahan-bahan mahal dengan bahan yang lebih ramah di dompet.
Nah, semoga menginspirasi ya..dan selamat mempersiapkan hari bahagia kamu.
Post a Comment