Sunday, February 28, 2016

Penetrase Mobile Internet untuk Marketing UMKM

Tingginya penetrasi pengguna internet di Indonesia yang menggunakan mobile, menjadikan dominasi internet marketing di Indonesia akan semakin condong kepada mobile marketing. Dari data yang diperoleh Marketing.co.id, dari 80% pengguna internet Indonesia, merupakan pemilik smartphone, dan 89% dari mereka mengakses informasi internet lewat ponsel masing-masing.

Data redwing-asia bahkan mencatat penetrasi internet di Indonesia menyentuh angka 125 juta pada 2015. Meningkat cukup drastis dari tahun sebelumnya yang di kisaran 80 juta pengguna internet.


Data ini tentu berbeda dengan kecenderungan pengguna internet di negara lain yang mengakses internet lewat multi platform, baik desktop maupun mobile. Di Indonesia, mobile marketing bisa dikatakan merajai penggunaan internet.

Hal tersebut disebabkan dua hal, pertama adalah penetrasi smartphone dan teknologi-teknologi internet berbasis layanan telekomunikasi berkembang sangat pesat akhir-akhir ini, sehingga menjadikan internet sebagai wahana informasi yang mudah, murah dan merakyat sudah bukan merupakan suatu hal aneh dewasa ini.

Penyebab kedua adalah, kecanggihan smartphone dan fungsionalitasnya smartphone kelas mid-end mampu menggantikan sementara peran desktop computer maupun notebook, bahkan ponsel kelas low end dan berumur mampu memberikan akses internet dan fitur yang cukup menjajikan. Para pengguna internet saat ini tidak perlu lagi menyalakan laptop untuk sekedar mengakses email, membuat dokumen, atau melakukan editing video. Kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan smartphone ini yang membuatnya sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia.

Penggunaan utama internet di Indonesia masih didominasi oleh penggunaan social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, maupun layanan chat online semacam BBM, Whatsapp dan Line. Sementara untuk pengguna internet yang melakukan transaksi elektronik, pada bulan Februari 2015 eMarketer mencatat ada 11% pengguna internet di Indonesia aktif melakukan transaksi lewat internet. Meski terbilang kecil dari persentasi, Tetapi jika dikalikan dengan jumlah pengguna internet maka kita akan mendapatkan angka diatas 10 juta calon pembeli yang siap membeli barang anda secara online.



Post a Comment