Wednesday, May 23, 2012

Masa Depan Blog Di Multiply?

Udah tahu kan desas desus yang beredar tentang masa depan blog di Multiply yang bakalan suram? Iya betul, suram. Ini tidak lain karena memang fokus Multiply sekarang adalah e-commerce, sementara blogging yah hanya sebagai fitur pelengkap doang di MP.

Ketika MP pertama kali merilis crosspost ke beberapa blog engine lain di luar MP (blogspot, livejournal dan typepad) maka gak ada salahnya aku mengkoneksikan fitur crosspost itu ke BS dan LJku) crosspost itu aku gunakan sebagai autobackup jika sewaktu2 fasilitas blogging MP mati total, kalaupun LJ juga mati setidaknya aku masih punya backup di BS. Meskipun aku akui dengan crosspost di BS maka tulisanku di MP jadi semakin tertinggal di page searchnya google, berapa kali aku nyoba ngetik keyword tulisanku di Mp yang muncul paling atas justru yang dihosting sama blogspot. Beuh padahal hidup mati nulis dan ngakak ngikiknya kan disini ya?

Berkali - kali kayaknya aku menyuarakan pentingnya MP lebih SEO minded, dengan harapan bahwa artikel2 yang teman2 tulis disini bisa lebih mudah terindeks oleh google, dengan begitu keberadaan MP akan semakin dikenal di dunia luar. Bukan hanya dari sisi bloggingnya tapi apapun tulisan yang ditulis teman2 disini baik itu berupa jurnal, foto, resep bahkan barang dagangan akan lebih mudah terbaca orang lain dengan begitu tentu saja meningkatkan daya jual dan daya saing MP terutama dalam fokusnya sebagai e-commerce.

Tapi sekali lagi, bagi mereka saran dan pendapatku tidak lebih dari sebuah opini yang mereka baca, lihat kemudian tumpuk dalam arsip2 yang tak pernah mereka sentuh lagi. Yang penting asik berjualan promoin barang dagangan MP seperti sales jalanan di fesbuk dan twitter.

Bete rasanya melihat para punggawa baru yang tidak bisa diajak rembugan bareng untuk kebaikan bersama, pada akhirnya pertengahan maret kemaren aku resmi merilis web blogku sendiri di http://anotherorion.com memang enggak gratis tapi setidaknya aku bebas mengekspresikan kemauanku dalam ber-blogging, menambahkan fitur javascript yang diharamkan MP, membuat domain sendiri, membuat fan page dan mengembed fasilitas komentar FB disana.

Setelah pernyataan resmi Pez meninggalkan posisinya sebagai CEO MP, masa depan blogging bagiku dan teman2 semakin suram, selama ini Pez lah yang bersama kita dari awal pendirian MP terus mengawal fitur2 yang ada di MP, ya MP memang telah kehilangan fitur share MP3nya karena masalah hukum, sejak saat itu, banyak MPers penggemar sharing lagu berpindah haluan, dan akhirnya seperti kita tahu, menjamurlah website2 share lagu dan file semacam 4shared dan rapidshare, tidak ketinggalan web2 lokal menawarkan fitur sharing lagu, ya kita sudah melihat banyak kematian akun MPers sharing lagu beberapa tahun yang lalu.

Dan kedepan? mungkinkah Mpers blogger akan mengalami hal yang sama dengan teman2nya terdahulu? Melihat sepak terjang para admin MP saat ini, dan beberapa kasus yang menimpa teman2 blogger sejak tahun kemaren dengan para admin. Banyak hal yang mengganggu perasaan blogger, tentang masa depan mereka di MP.

Lha gimana cuma nyebut web commerce lain di luar Mp aja dapat warning, merasa diintimidasi admin malah dihapus tulisannya, ngomongin kelakuan admin yang kurang ajar itu dapat surat cinta, ada keributan didiemin, dikasih saran mbelgedhes ha njuk nang kene kon ngopo? adol abab wae kok ra entuk

Pesan Pez dan Stef memang tidak secara eksplisit menyebutkan blog di MP akan dihapus seperti fitur musik, tapi mari kita tengok di jurnal 473 dan 474, bukan hanya kita saja yang merasa was was, blogger asing pun mengungkapkan kegalauan mereka tentang masa depan MP. Dan belajar dari account 360! yang pernah mereka tinggali, mereka berharap MP memberikan alternatif social site lainnya yang bisa mereka tinggali jika MP memang benar2 menutup fitur blog. Disitulah blogger bergerak mencari social site lain dan kemudian menemukan Xanga sebagai alternatif social blog untuk kita tinggali bersama.

Jadi jika teman2 mencari kebenaran benarkah MP akan segera menutup fitur blognya? saya jawab tidak! setidaknya dari pesan2 Pez dan Stef, tapi jika yang dipertanyakan adalah masa depan kehidupan berblogging dan berbangsa multinesia maka secara administratif blogging tidak akan menjadi fokus dalam multiply dalam waktu dekat, dan kemungkinan tindakan represif pada blogger oleh para admin meningkat dengan hengkangnya Pez dari Multiply.

Gerakan yang terjadi belakangan ini seperti ramai2 membuat akun di Xanga, tidak lebih adalah bagian dari mencari tempat baru sekiranya MP tidak lagi mengakomodir kepentingan blogger dan kehidupan berblogging, dimana disana kita masih tetap dapat berinteraksi dengan teman2 MP, sama sekali bukan untuk memicu kegalauan berjamaah, tapi kita berpikir realistis, tidak ada yang abadi begitu juga fasilitas blog di MP. MP bisa saja mati seperti friendster, tetapi yang lebih penting dari itu bagi kami adalah kalian, teman2 sesama MPers, kita hidup disini tanpa saling mengenal sebelumnya, tetapi kemudian kita bergandengan tangan seperti saudara sendiri.

Chemistry itu tidak kita dapatkan di blog engine lain, social blog adalah tempat yang tepat untuk tetap menjaga kebersamaan itu makanya kami beramai2 membuat akun di Xanga. Ya kami mencintai MP, dan kami mencintai MPers, berselingkuh di Xanga atau tempat lain bukanlah sebuah pilihan, hati kami tetap di MP, selanjutnya mari kita lihat perkembangan MP satu-dua tahun sejak pergantian CEO, setelah itu kita bisa menentukan apakah kita akan tetap bertahan di MP, berpindah ke social blog lain atau membuat weblog sendiri.

Post a Comment